 PBL BMD Modul 2 Sub Modul 4

 Tutor :
 dr. Atthariq Wahab, MPH

KELOMPOK 5 Ketua : Rinaldy Agung Kurnia (2013730093) Sekretaris : Rizkianna Narwiningtyas (2013730094) Anggota : Andhika Budi Hertanto (2013730006) Anggita Fauzia Harnung (2013730009) Bellina Sarsa Pamela (2013730021) Cindy Sally (2013730022) Dian Vitasari (2013730025) Faiz Muhammad Ikhsan (2010730035) Galih Mayganda Putra (2013730041) Hansa Eka Pertiwi (2013730044) Sudaryawan Andi Nur (2013730106) .

nadi 100x/menit dan pasien menunjukan gejala gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit. Setelah diperiksa oleh dokter tekanan darah pasien rendah (80/60mmHg).Suhu udara saat itu 40 c.SKENARIO  Seorang wanita 65 tahun yang sedang menjalani ibadah haji tiba-tiba mengeluh pusing dan lemas. .

KATA SULIT 1. ELEKTROLIT .

KALIMAT KUNCI  Wanita 65 tahun sedang menjalani ibadah haji  Tiba tiba mengeluh pusing dan lemah  Tekanan darah pasien rendah  Menunjukan gejala gangguan cairan dan elektrolit  Suhu udara saat itu 40 oC .

Jelaskan kesetimbangan osmotik cairan elektrolit? 10. Mengapa pada tekanan darah rendah denyut nadinya cepat ? 3. jelaskan penyebab denyut nadi cepat ! 2. Sebutkan klasifikasi tekanan darah (nilai laboratorium) 5. Bagaimana peran homeostasis mempertahankan ganguan cairan dan elektrolit 8. penyebab tekanan darah rendah ? 11.PERTANYAAN 1. Bagaimana ketidakseimbangan Ca. Mg? 7. Apakah yang dimaksud dengan ketidakseimbangan Hiperosmolalitas? . Bagaimana ketidak seimbangan volume ces? 9. Penanganan Hipertremia? 4. Jelaskan penyebab ketidakseimbangan osmotik cairan 6. PO.

1. kelelehan. . kurang tidur. Wibowo. Rizkianna Narwiningtyas : Daniel S. Frekuensi denyut jantung yang menetap melebihi 100 denyut permenit biasa dianggap tidak normal dinamakan takikardia. Ketegangan emosi. Anatomi Tubuh Manusia. dan sebab lain dapat mempercepat denyut nadi sehingga harus berhati-hati mengatakan denyut nadi yang cepat sebagai keadaan yang tidak normal. tetapi jarang sekali ada penyebab yang bisa menurunkan denyut jantung.jelaskan penyebab denyut nadi cepat !  Denyut nadi bisa menjadi cepat karena macam-macam sebab. Jakarta : Grasindo.

Rinaldy Agung K.buku ajar fisiologi kedokteran ed. Guyton & hall. Hal ini menyebabkan perangsangan simpatis ke jantung dan system vascular yang meningkatkan kecepatan denyut nadi.Mengapa pada tekanan darah rendah denyut nadinya cepat ?  Karena ketika tekanan darah rendah. 2. maka baroreseptor mengirim informasi ke pusat kardiovaskular ke otak.11 .

45%) untuk menyediakan air bebas dan memperbaiki hipernatremia dan hipervolemia.Penanganan Hipertremia ?  Tujuan utama hipernatremia adalah menurunkan kadar natrium serum secara bertahap dan memulihkan osmolaritas serum normal.apa bila pasien mengalami volemia.air dapat di berikan secara peroral atau dalam bentuk D W 5 secara IV kepada pasien normovolemik yang mengalami hipernatremia yang murni disebabkan oleh kehilangan air. Wilson volume 1 . tujuan penanganan adalah untuk membentuk kelebihan natrium Sudaryawan A. dapat pemberian infus larutan garam hipotonik (0.Sylvia A. 3.Nur patofisiologi. Price & lorraine M.

Ikhsan 2010730035 .Faiz M.

Klasifikasi tekanan darah JNC 7 Kategori Sistol (mmHg) Dan/atau Diastole (mmHg) Normal <120 Dan <80 Pre hipertensi 120-139 Atau 80-89 Hipertensi 140-159 Atau 90-99 tahap 1 Hipertensi ≥ 160 Atau ≥ 100 tahap 2 . 4.

Klasifikasi tekanan darah menurut WHO Kategori Sistol (mmHg) Diastol (mmHg) Optimal < 120 < 80 Normal < 130 < 85 Tingkat 1 (hipertensi 140-159 90-99 ringan) Sub grup : perbatasan 140-149 90-94 Tingkat 2 (hipertensi 160-179 100-109 sedang) Tingkat 3 (hipertensi ≥ 180 ≥ 110 berat) Hipertensi sistol ≥ 140 < 90 terisolasi Sub grup : perbatasan 140-149 < 90 .

asupan yang tidak adekuat. pengeluaran makanan dari tubuh (mis. adanya stres yang mempengaruhi keseimbangan cairan dan elektrolit yang dapat mengakibatkan retensi sodium dan air dan dapat pula meningkatkan produksi hormon antidiuretik yang membuat produksi urine menurun. Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis Edisi 5. EGC. dan laksatif). 5. Galih Maygananda Putra Berman Audrey. 2011. muntah. Jelaskan penyebab ketidakseimbangan osmotik cairan ketidak seimbangan osmotik terjadi ketika adanya ketidakseimbangan cairan dan elektrolit berat seperti . jakarta halaman 178 . penggunaan diuretik.

Patoofisiologi. . PO. Bagaimana ketidakseimbangan Ca. 2005. Mg? Apabila tubuh kekurangan kalsium (Hipokalsema) maka tubuh mengkompensasi dengan cara (Hiperkalsema) kelebihan kalsium untuk menyeimbangkan kalsium tubuh. EGC. Apabila tubuh kekurangan magnesium (Hipomagnesima) maka tubuh mengkompensasi dengan cara (Hipermagnesima) kelebihan magnesium untuk menyeimbangkan magnesium tubuh. Bellina Sarsa Pamela. Apabila tubuh kekurangan fosfat (Hipofosfatemia) maka tubuh menkompensasi dengan cara (Hiperfosfatemia) kelebihan fosfat untuk menyeimbangkan fosfat tubuh. Sylvia. 6. Jakarta.

.Fisiologi manusia. biasanya dengan proses-proses faal (fisiologis) yang terintegrasi yang mengakibatkan adanya lingkungan sel yang relatif konstan tapi dinamis.  Keseimbangan cairan adalah esensial bagi kesehatan. penerbit buku kedokteran EGC. lauralee sherwood ed. Kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan cairan ini dinamkan “homeostasis”. Andikha budi. tubuh mempertahankan keseimbangan .6. .H . Dengan kemampuan yang sangat besar untuk menyesuaikan diri. Bagaimana peran homeostasis mempertahankan ganguan cairan dan elektrolit  Kebutuhan cairan dan elektrolit adalah suatu proses dinamik karena metabolisme tubuh membutuhkan perubahan yang tetap dalam berespon terhadap stres fisiologis dan lingkungan. 7.

6. 8. . penerbit buku kedokteran EGC. lauralee sherwood ed.Fisiologi manusia. Bagaimana ketidak seimbangan volume ces?  Ketidakseimbangan volume terutama mempengaruhi cairan ekstra seluler dan berkaitan dengan hilangnya atau bertambahnya natrium dan air dalam jumlah yang relatif sama sehingga menyebabkan kekurangan atau kelebihan volume ECF. Gangguan volume ECF umumnya di ketahui dari gejala dan tanda klinis yang terjadi Cindy Sally.

wilson M.apabila hanya air yang berkurang atau bertambah pada ECF maka konsentrasi partikel partikel aktif secara osmotik akan berubah Anggita Fauzia Harnung Price. lorraine.9.A sylvia.Jelaskan kesetimbangan osmotik cairan elektrolit? Ketidakseimbangan osmotik sangat mempengarui ICF dan terkait dengan hilangnya atau bertambahnya natrium dan air dalam jumlah relatif yang tidak seimbang.vol 1 .Patofisiologi.

kurang istrahat (tubuh lelah dengan aktifitas berlebihan).denyut nadi terasa lemah.serta haid dengan pendarahan haid abnormal.kurang tidur .terutama sehabis duduk lama lalu berjalan.sering menguap. 10.  Yg mempengaruhi tekanan darah rendah adalah keringat. (tekanan darah normal 120/80mmHg.sehat dan burag selama berhaji . DIAN VITASARI. penyebab tekanan darah rendah ?  Tekanan darah rendah (Hipotensi) adalah tekanan darah turun di bawah angka normal .tampak pucat disebabkan suplai darah yg tidak maksimun dalam tubuh.sering pusing.keringat dinggin.

sehingga terjadi dehidrasi dan pengerutan sel. lorraine.vol 1 . Hansa Eka Pertiwi. Sebab utamanya adalah kehilangan air yang melebihi kehilangan natrium atau pertambahan natrium yang melampaui pertambahan air. Apakah yang dimaksud dengan ketidakseimbangan Hiperosmolalitas Hipernatremia didefinisikan sebagai suatu keadaan dengan kadar natrium serum lebih dari 145 mEq/L. 11.wilson M.A sylvia. keadaan ini selalu berkaitan dengan hiperosmolalitaskarena garam natrium merupakan penentu utama osmolalitas plasma. Price.Patofisiologi. Peningkatan osmolalitas serum menyebabkan air berpindah dari ICF ke ECF.