PEMBELAJARAN

KONSTRUKTIVISME

.1. Pengertian konstruktivisme Konstruktivisme merupakan teori psikologi tentang pengetahuan yang menyatakan bahwa manusia membangun dan memaknai pengetahuan dari pengalamannya sendiri. Salah satu tujuan penggunaan pembelajaran konstruktivistik adalah peserta didik belajar cara-cara mempelajari sesuatu dengan cara memberikan pelatihan untuk mengambil prakarsa belajar.

maka:  Lingkungan belajar harus menunjukan suasana demokratis  Kegiatan pembelajaran berlangsung interaktif terpusat pada peserta didik  Pendidik memperlancar proses belajar sehingga mampu mendorong peserta didik melakukan kegiatan belajar mandiri dan bertanggung jawab atas kegiatan belajarnya .Untuk mendorong peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan belajar.

2. Latar belakang dan kebudayaan peserta didik Dari sudut pandang konstruktivisme penting untuk memperhatikan latar belakang dan kebudayaan peserta didik selama proses belajar. Tanggung jawab belajar Konstruktivisme menekankan pentingnya peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar Dengan memiliki pengelaman berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang menantang. Peserta didik adalah individu yang bersifat unik Konstruktifisme memandang setiap peserta didik sebagai individu yang bersifat unik. dan mereka memiliki latar belakang dan kebutuhan yang unik pula. . 2. Hakekat Peserta Didik 1. peserta didik memperoleh keyakinan dan motivasi yang lebih kuat. 3. Asumsi Pembelajaran A. 4.

Peran Pendidik Sesuai dengan pendekatan konstruktivisme. . dan fakta untuk dirinya sendiri. Belajar merupakan proses sosial dan aktif Pandangan para pakar konstruktivisme memandang belajar sebagai proses aktif dimana peserta didik belajar menemukan prinsip.B. konsep. Hakekat Proses Belajar 1. C. dan karena itu penting untuk mendorong berpikir intuitif pada peserta didik. pendidik harus menyesuaikan diri dengan peran sebagai fasilitator dan bukan sebagai pendidik.

Dinamika interaksi antara tugas. pendidik dan peserta didik Karakteristik peran fasilitator dalam sudut pandang konstruktivisme adalah bahwa pendidik dan peserta didik terlibat secara sama dalam kegiatan belajar. .2.

Related Interests