ALAT-ALAT UNTUK MENGAMBIL ATAU

MEMBERIKAN
CAIRAN ATAU DARAH

Darah keluar melalui alat ini kemudian didalam tampung botol atau kantong penampung darah. . a. Alat untuk mengambil darah Alat untuk mengambil darah dari DONOR (penyumbang darah) disebut : Taking set atau blood donor set. Disebut blood-bag atau blood collecting pack.

.

Alat untuk mengambil darah untuk pemeriksaan. Alat ini terdiri dari:  Tabung yang vacum (tanpa/dengan anti koagulatia)  Tabung “holder” plastik. meminimamkan resiko hemolysis dan tanpa adanya kemungkinan penguapan. b. Nama alat : VENOJECT Gunanya: untuk mengambil darah tanpa adanya kontaminasi. ada yang single simple needle dan multiple sample needle.  Jarum spesial. .

.

. untuk analisa gas darah. Alat untuk mengambil darah arteri Nama alat: PREZA_PAK Kegunaan: untuk mengambil darah arteri. c. berskala tiap 15 ml (kapasitas 5ml). Alat ini terdiri dari:  Jarum spesial berujung 2  Guide  Sampler untuk menampung darah.

.

45 mm (26G). PO2. . Kapiler yang sudah berisi darah tersebut kemudian digunakan untuk penentuan pH.Alat lain untuk mengambil arteri pada anak-anak yaitu MICROSAMPLER-AVL 0073 Jarum yg dipakai adalah 0. PCO2 dll dengan menggunakan alat pH/BLOOD GAS ANALYZER.

Alat untuk memberikan cairan infus Pabrik Terumo memberikan nama alat : SOLUTION Administration SET. . Sering disingkat : SOLUSET Bedanya dengan blood set (blood administration set) adalah bahan soluset tidak berfilter. c.

.

Pabrik terumo juga memproduksi alat soluset dilengkapai dengan buret sehingga jumlah volume larutan infus bisa diatur tepat. sedangkan pada dewasa hanya 15 tts per 1 ml. Alat itu diberi nama : TERUFUSION PRECISION SOLUTION ADMINISTRATION SET atau MICRODRIP. Perbedaannya: pada pediatrik banyaknya tetesan yaitu 60 tetes per 1 ml. begitu juga tetes per menitnya. Selain untuk orang dewasa juga ada soluset untuk pediatrik. pabrik JMS menyebut dengan nama : infusion set with buret. .

.

sedangkan untuk alat pemberian cairan kepada penderita diberi nama : INFUSION SET . yang bisa digunakan untuk sekaligus atau bergantian memberikan 2 macam cairan misalnya darah dengan larutan dextrose atau lainnya. Ada pula alat yang disebut : Y-Type Administration set. Pabrik JMS-jepang memberikan TRANSFUSION SET. untuk pemberian darah kepada penderita. Alat untuk memberikan darah kepada pasien Alat ini disebut: GIVING SET atau Blood administration Set. Juga disebut : BLOOD RECIPIENT SET Untuk pemberian darah dalam jumlah kecil kepada bayi.d. Terumo juga memproduksi : VOLUMETRIC BLOOD ADMINISTRATION SET dengan adanya volumetric chamber.

BLOOD SET atau Blood Administration set .

Infusion Set .