STUDI KASUS REKRUTMEN CPNS

KOTA KEDIRI 2009/2010
Perencanaan Audit Sumber Daya
Manusia
KELOMPOK 3
AMIN HUSIN PANE (1502111961)
ABDULLAH HABIB (1502117779)
AHMED ALI K. (1502121427)
GUSTI RAHIB (1502110883)
SURIANSYAH (1502111961)
WIRA SATRIA (1502121747)

Lima nama yang berhasil diganti sedikitnya mempunyai hubungan kerja maupun hubungan keluarga dengan pejabat-pejabat di Kota tersebut. . Rabu (13/1/2010) menggugat kasus tesebut dengan melaporkan ke Satgas Peberantasan Mafia Hukum untuk segera ditindak lanjuti dan membongkar kecurangan yang telah dilakukan. Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang menjadi juru bicara dari Masyarakat Anti Korupsi Umamul Khoir. Terdapat lima nama CPNS yang sengaja diganti oleh instansi tersebut .Latar Belakang Masalah Hasil tes CPNS yang di keluarkan secara resmi oleh Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) berbeda dengan hasil tes yang diumumkan pada tanggal 12 Desember 2009.

. Schuler dan Susan E.Landasan Teori • Definisi Perekrutan Menurut Randall S. Rekrutmen antara lain meliputi upaya pencarian sejumlah calon karyawan yang memenuhi syarat dalam jumlah tertentu sehingga dari mereka perusahaan dapat menyeleksi orang-orang yang paling tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Jackson (1997:227) dalam Nanang Nuryanta (2008).

Secara etimologis diterjemahkan sebagai “perdagangan orang dalam”.• Insider Trading Insider trading. sedangkan secara defintif dapat dikenal sebagai orang internal yang mengetahui informasi mengenai kebijakan- kebijakan perusahaan yang belum dipublikasikan yang kemudian menjual informasi tersebut. .

• Nepotisme/Ne·po·tis·me/ /Népotisme 1 perilaku yang memperlihatkan kesukaan yang berlebihan kepada kerabat dekat. 2 kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri. terutama dalam jabatan. pangkat di lingkungan pemerintah.id/nepotisme) . 3 tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan (http://kbbi.web.

Lingkup Audit Masalah Rekrutmen Nepotisme Insider Trading .

seleksi yang tidak seleksi jelas.penilaian. Sikap dan prinsip nin-diskriminatif Nepotisme seleksi.Daftar Periksa Masalah NO ASPEK YANG DIPERIKSA DESCRIPTION SOLUSI AUDITOR Prosedur uji keabsahan Prosedur Pengumuman hasil pengumuman hasil masing-masing . ambigu dan pengumuman hasil seleksi tidak transparansi Program terintegrasi. yakni program yang mengintegrasikan Adanya Indikasi proses .da n pengumuman yang transparan dan dapat diakses masyarakat .

manusia dalam hal ini pegawai Insider Trading sertai menekankan pemkot kediri yang telah konsep diselenggarakan sudah efektif indenpendensi dan objektifitas .NO ASPEK YANG DIPERIKSA DESCRIPTION SOLUSI AUDITOR Evaluasi terhadap Apakah tahapan-tahapan tahapan-tahapan penilaian kualitas sumber daya tersebut dengan di Adanya tindakan .