PENILAIAN STATUS GIZI

OLEH
SUCI RAHMAWATI
141030840104351
S1 GIZI

(Soekirman.2000) .PENGERTIAN PSG Merupakan keadaan kesehatan fisik seseorang atau sekelompok orang yang ditentukan dengan salah satu atau kombinasi dari ukuran-ukuran gizi tertentu.

2000: 1). Penelitian status gizi merupakan pengukuran yang didasarkan pada data antropometri serta biokimia dan riwayat diit (Beck. Status gizi juga didefinisikan sebagai status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrien.STATUS GIZI Status gizi adalah ukuran keberhasilan dalam  pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat badan dan tinggi badan anak. .

Secara langsung 2.Penilaian status gizi 1. Secara tidak  Antropometri langsung  Klinis  food recall  Biokimia  Statistik vital  Biofisik  Penilaian variabel ekologi .

ANTROPOMETRI 1) Pengertian Secara umum antropometri artinya ukuran tubuh manusia. maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi. 2) Penggunaan Antropometri secara umum digunakan untuk melihat ketidakseimbangan asupan protein dan energi. Ketidakseimbangan ini terlihat pada pola pertumbuhan fisik dan proporsi jaringan tubuh seperti lemak. otot dan jumlah air dalam tubuh. Ditinjau dari sudut pandang gizi. .

Penggunaan IMT hanya untuk orang dewasa berumur > 18 tahun dan tidak dapat diterapkan pada bayi. mempertahankan berat badan normal memungkinkan seseorang dapat mencapai usia harapan hidup yang lebih panjang. sedangkan berat badan lebih akan meningkatkan resiko terhadap penyakit degeneratif. Berat badan kurang dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit infeksi. Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) merupakan alat atau cara yang sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa. Oleh karena itu. dapat dihitung dengan rumus berikut: Berat Badan (Kg) IMT = Tinggi Badan (m) X Tinggi Badan (m) . Pedoman ini bertujuan memberikan penjelasan tentang cara- cara yang dianjurkan untuk mencapai berat badan normal berdasarkan IMT dengan penerapan hidangan sehari-hari yang lebih seimbang dan cara lain yang sehat. anak. dan olahragawan. Salah satu contoh penilaian ststus gizi dengan antropometri adalah Indeks Massa Tubuh. remaja. ibu hamil. Untuk memantau indeks masa tubuh orang dewasa digunakan timbangan berat badan dan pengukur tinggi badan. Untuk mengetahui nilai IMT ini. khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan.

mata. rambut dan mukosa oral atau pada organ-organ yang dekat dengan permukaan tubuh seperti kelenjar tiroid. 2) Penggunaan Penggunaan metode ini umumnya untuk survei klinis secara cepat (rapid clinical surveys). Hal ini dapat dilihat pada jaringan epitel (supervicial epithelial tissues) seperti kulit.KLINIS 1) Pengertian Pemeriksaan klinis adalah metode yang sangat penting untuk menilai status gizi masyarakat. Metode ini didasarkan atas perubahan-perubahan yang terjadi yang dihubungkan dengan ketidakcukupan zat gizi. Di samping itu digunakan untuk mengetahui tingkat status gizi seseorang dengan melakukan pemeriksaan fifik yaitu tanda (sign) dan gejala (Symptom) atau riwayat penyakit. Survei ini dirancang untuk mendeteksi secara cepat tanda-tanda klinis umum dari kekurangan salah satu atau lebih zat gizi. .

BIOKIMIA 1) Pengertian Penilaian status gizi dengan biokimia adalah pemeriksaan spesimen yang diuji secara laboratoris yang dilakukan pada berbagai macam jaringan tubuh. Banyak gejala klinis yang kurang spesifik. Jaringan tubuh yang digunakan antara lain : darah. urine. 2) Penggunaan Metode ini digunakan untuk suata peringatan bahwa kemungkinan akan terjadi keadaan malnutrisi yang lebih parah lagi. maka penentuan kimia faali dapat lebih banyak menolong untuk menentukan kekurangan gizi yang spesifik. . tinja dan juga beberapa jaringan tubuh seperti hati dan otot.

BIOFISIK 1) Pengertian Penentuan status gizi secara biofisik adalah metode penentuan status gizi dengan melihat kemampuan fungsi (khususnya jaringan) dan melihat perubahan struktur dari jaringan. 2) Penggunaan Umumnya dapat digunaakan dalam situasi tertentu seperti kejadian buta senja epidemik (epidemic of night blindnes). Cara yang digunakan adalah tes adaptasi gelap. .

angka kesakitan dan kematian akibat penyebab tertentu dan data lainnya yang berhubungan. 2) Penggunaan Penggunaannya dipertimbangkan sebagai bagian dari indikator tidak .STATISTIK VITAL 1) Pengertian Pengukuran status gizi dengan statistik vital adalah dengan menganalisis dan beberapa statistik kesehatan seperti angka kematian berdasarkan umur.

TERIMAKASIH  .