ADVOKASI UNTUK 

MENDUKUNG UPAYA – 
UPAYA KESEHATAN IBU 
DAN ANAK

Nama Kelompok :
1. Maryanti
2. Musdalifah
3. Nunik
4. Nurjiah Sari
5. Rifenilda Jesintha
6. Yuliana Pratiwi

.PENGERTIAN ADVOKASI  Advokasi merupakan upaya atau proses yang strategis dan terencana untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dari pihak-pihak yang terkait (stakeholders).

 Adanya ketertarikan atau peminatan atau tanpa penolakan. keikut sertaan. kemudahan. dana.  Adanya kemauan atau kepedulian atau kesanggupan untuk membantu dan menerima perubahan.  Secara Khusus  Adanya pengenalan atau kesadaran. baik berupa kebijakan.TUJUAN ADVOKASI  Secara Umum : Diperolehnya komitmen dan dukungan dalam upaya kesehatan. tenaga.  Adanya tindakan/ perbuatan/kegiatan yang nyata (yang diperlukan). maupun berbagai bentuk lainya sesuai keadaan dan usaha. dalam kegiatan. . sarana.

media massa.  Pelaku advokasi kesehatan adalah siapa saja yang peduli terhadap upaya kesehatan . organisasi berbasis masyarakat/agama. mitra dikalangan pengusaha/swasta. organisasi kemasyarakatan.SASARAN DAN PELAKU  Sasaran advokasi adalah berbagai pihak yang di harapkan dapat memberikan dukungan terhadap upaya kesehatan khususnya para pengambil keputusan dan penentu kebijakan di pemerintahan. swasta. LSM. dan kelompok potensial lainya dimasyarakat. organisasi profesi. lembaga perwakilan rakyat . organisasi profesi. lembaga swadaya masyarakat. tokoh-tokoh berpengaruh dan tenar. dan tokoh berpengaruh . badan penyandang dana. dan memandang perlu adanya mitra untuk mendukung upaya tersebut. perguruan tinggi. Pelaku advokasi dapat berasal kalangan pemerintah.

PRINSIP ADVOKASI a. Realitas b. Sistematis c. Strategis e. Berani . Taktis d.

terdapat lima pendekatan utama dalam advokasi . sesuai keadaan yang memungkinkan tukar fikiran secara baik (free choice). Menurut UNFPA dan BKKBN 2002. bekerja dengan media massa . secara dewasa. . membangun kemitraan. yaitu melibatkan para pemimpin. dan bijak. mobilisasi massa dan membangun kapasitas.PENDEKATAN DALAM ADVOKASI Dengan pendekatan persuasive.

Laksanakan kegiatan. pantau evaluasi serta lakukan tindak lanjut. Siapkan dan kemas bahan informasi. e. Rencanakan teknik atau acara kegiatan operasional. d. Identifikasi dan analisis masalah atau isi yang memerlukan advokasi. . Identifikasi dan analisis kelompok sasaran c. b.LANGKAH – LANGKAH ADVOKASI a.

maupun berbagai bentuk lainya sesuai keadaan dan usaha. keikut sertaan.mendampingi. sehingga mereka sepakat untuk memberi dukungan terhadap pembangunan kesehatan. dan penilaian. Tahap – tahap advokasi ada 3 yaitu tahap persiapan. dalam kegiatan.dan mempengaruhi para pembuat kebijakan secara bijak. pelaksanaan. Advokasi mempunyai 5 prinsip yaitu realitas. kemudahan. tenaga. . Tujuan Advokasi adalah Diperolehnya komitmen dan dukungan dalam upaya kesehatan. sarana. sistematis. strategis dan berani.KESIMPULAN Advokasi adalah upaya mendekati. dana. taktis. baik berupa kebijakan.

TERIMA KASIH……….  .