MUH.

Ali Sahbana

dan mati. perkembangan. serta terkait dan berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positif maupun negatif. mengalami kelahiran. pertumbuhan. . DEVINISI konsep manusia Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam. dan seterusnya.

ditujukan kepada individu.Konsep Keperawatan Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional sebagai bagian integral pelayanan kesehatan berbentuk pelayanan biologi. spiritual dan kultural secara komprehensif. sosial. psikologi. . keluarga dan masyarakat sehat maupun sakit mencakup siklus hidup manusia.

Konsep kesehatan Sehat adalah suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan – perubahan lingkungan internal dan eksternal untuk memepertahankan keadaan kesehatannya. dimensi intelektual dan spiritual dan proses penyakit . Adapun faktor lingkungan internal yang mempengaruhi adalah psikologis.

Lingkungan adalah faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan menusia dan mencakup antara lain lingkungan sosial. . status ekonomi dan kesehatan.Konsep Lingkungan Lingkungan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daerah ( kawasan dsb) yang termasuk didalamnya.

biologis. psikologis maupun sosial dan spiritual sehingga perubahan pada manusia akan selalu terjadi khususnya dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya.Laporan Tentang Hubungan Manusia Dengan Lingkungan. tetapi apabila kemampuannya untuk merespon perubahan lingkungan yang terjadi rendah maka manusia akan menunjukan prilaku yang maladaptif . Sebagai sistem adaptif manusia akan merespon terhadap perubahan lingkungannya dan akan menunjukan respon yang adaptif maupun respon maladaptif. manusia dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungannya. Kesehatan Dan Keperawatan Sebagai sistem terbuka . baik lingkungan fisik. Respon adaptif akan terjadi apabila manusia tersebut mempunyai mekanisme koping yang baik menghadapi perubahan lingkungannya. .

Contoh dampak perubahan lingkungan yang positif: penebangan pohon untuk dimanfaatkan kayunya dengan menanam kembali pohon untuk mengganti yang telah ditebang. penerapan panca usaha tani untuk meningkatkan produktivitas. terjadi banjir di daerah pemukiman karena tidak ada saluran air dan daerah resapan air yang dipengaruhi oleh pembangunan gedung baik perumahan. serta penggunaan pupuk buatan dan pestisida secara terus-menerus yang mengakibatkan pencemaran dan lama- kelamaan dapat mengurangi kesuburan tanah. dan toko. berkurangnya ekosistem yang hidup di air karena terjadi pencemaran di air. . terjadinya erosi karena penggundulan hutan. serta  penanaman kembali pohon karena kebakaran untuk daerah resapan air dan mencegah erosi. kantor. Contoh dampak negatif perubahan lingkungan: lahan menjadi gersang dan gundul karena bencana gunung meletus atau penebangan hutan secara liar.

Konsep Jaringan Kerja Antara Tenaga Kesehatan Lingkungan  Fungsi  Mengkaji masalah kesehatan  Menyusun rencana asuhan keperawatan pekerja  Melaksanakan pelayanan kesehatan dan keperawatan terhadap pekerja  Penilaian .

Kebijakan Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Era Global Dalam bidang pengorganisasian Dalam bidang regulasi Dalam bidang pendidikan .