SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

c. Analytical Engine. Step Reckorner b. Sejarah Perkembangan Komputer a. Komputer Generasi I 4. Napier's Bones. Abacus d. DAFTAR MATERI 1. Komputer Generasi II 5. Komputer Generasi V . Pascaline 3. Komputer Generasi IV 7. Definisi Komputer 2. e. Komputer Generasi III 6.

Tujuan : Menghitung dan menyelesaikan permasalahan yang rumit. Secara Istilah Komputer adalah peralatan elektronika yang memiliki Storage Internal dan bekerja melalui Operating System menurut software yang ada didalamnya. Daftar Materi . DEFINISI KOMPUTER Komputer : Berasal dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung.

Abacus/Cipoa From Mesir Daftar Materi . SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER Sesuai dengan namanya yang berarti menghitung. sejarah pertama kali ditemukannya komputer adalah berawal dari alat sederhana yang disebut Abacus/Cipoa.

.. pada tahun 1617 John Napier menemukan alat perkalian yang akhirnya diberi nama Napier's Bones. John Napier Daftar Materi .Lanjutan. Setelah adanya Abacus.....

Lanjutan.. Penemuan Napier dilanjutkan dengan penemuan Pascaline (1642-1644) oleh Blaise Pascal (Perancis) yang digunakan untuk pengurangan dan Penambahan.... Blaise Pascal Daftar Materi ...

. pengurangan perkalian von Leibniz Daftar Materi .....Lanjutan. Penemuan berikutnya adalah penemuan dari Gottfried Wilhelm von Leibniz (German) yang disebut Step Reckorner pada tahun 1671 Alat ini dapat melakukan perhitungan Gottfried Wilhelm Penambahan..

. Kegunaan : ..General purpose .Automatic ...Lanjutan. Beberapa tahun kemudian.. yaitu pada tahun 1834 Charles Babbage (Inggris) menemukan Analytical Engine..mechanical digital Computer Charles Babbage Daftar Materi .

Zuse (Z3). tepatnya pada tahun 1940 . 2. Macam-macam Komputer Generasi I 1. 3. Komputer Generasi I Peralatan hitung terus berkembang hingga pada Abad ke-19.1959 dimulailah babak baru yang dikenal dengan Komputer Generasi Pertama. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator ) Daftar Materi . Komputer ABC (Atanasoff-Berry-Computer).

.... ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) 5.Lanjutan.. 4.. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) ENIAC EDSAC EDVAC Daftar Materi .

Menimbulkan Panas Tinggi dalam Mesin Komputer 2. Membutuhkan tempat yang sangat luas karena bentuknya yang besar... Tidak efektif dan efisien sebagai alat kerja 3... Memory ABC Daftar Materi .Lanjutan... Kelemahan Komputer Generasi I 1.

Pada masa inilah mulai dikenal bahasa pemrograman yaitu COBOL & FORTRAN Daftar Materi . tepatnya pada tahun 1959 .1964 dimulailah babak baru yang dikenal dengan Komputer Generasi Kedua. IBM 1602. Macam-macam Komputer Generasi II 1. IBM 1401. Komputer Generasi II Seiring dengan terus berkembangnya Komputer. dan IBM 7094 2. TRADIC (Transistorized Computer).

Proses operasinya lebih cepat dibandingkan Generasi I. Dll TRADIC Daftar Materi ... Ciri-ciri Komputer Generasi II 1. Kapasitas memori utama cukup besar 2.. Penggunaan transistor untuk menggantikan tabung hampa 3...Lanjutan..

Dll Daftar Materi . IC 3. Komponen yang dipakai adalah IC (Integrated Circuits) 2. Komputer Generasi III Dengan berkembangnya teknologi. Dapat melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya. Ciri-ciri Komputer Generasi III 1. pada tahun 1965 . Ukuran fisik jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat.1970 dimulailah babak Komputer Generasi Ketiga.

Komputer Generasi IV Pada tahun 1970 . Ciri-ciri Komputer Generasi IV 1. kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.Sekarang dimulailah babak Komputer Generasi Keempat. Munculnya PC Micrprocessor Daftar Materi . 3. memori. Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU . Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) 2.

Hingga saat ini para ilmuan masing mengembangkannya dan belum mampu membuatnya. Daftar Materi . Komputer ini diramalkan akan dapat mengerti bahasa manusia dan berperasaan layaknya manusia. ilmuan mulai mengembangkan komputer Generasi ke-V. Komputer Generasi V Setelah Komputer Generasi ke-IV berkembang pesat.

Daftar Materi .