Pengertian motor bakar

Secara umum pengertian motor bakar diartikan sebagai pesawat yang dapat mengubah
suatu bentuk energi thermal menjadi bentuk energi mekanik. Motor bakar dapat pula
diartikan sebagai pesawat dan energi kerja mekaniknya diperoleh dari pembakaran
bahan bakar dalam pesawat itu sendiri. Oleh karena itu, motor bakar yang
pembakarannya terjadi di dalam pesawat itu sendiri disebut pesawat tenaga dengan
pembakaran dalam (Internal Combustion Engine).

Bedasarkan Sistem Pembakaran  Motor Pembakaran Luar  Motor Pembakaran Dalam 2.Klasifikasi Motor Bakar Motor bakar dapat diklasifikasikan menjadi 2 (dua) macam. Adapun pengklasifikasian motor bakar adalah sebagai berikut: 1. Bedasarkan Sistem Penyalaan  Motor Bensin  Motor diesel .

Proses kerja motor bakar  Cara kerja motor 4 tak (MESIN OTTO) .

 Cara kerja motor 2 tak (MESIN OTTO) .

Sebagai contoh kesamaannya adalah urutan proses. Konversi energi yang terjadi pada motor bakar berdasarkan pada siklus termodinamika. Siklus yang diidealkan tentunya harus mempunyai kesamaan dengan siklus sebenarnya. dan perbandingan kompresi. sehingga analisa dilakukan pada kondisi ideal dengan fluida kerja udara. . Jadi diperlukan suatu siklus yang diidealkan sehingga memudahkan untuk menganalisa motor bakar. Proses sebenarnya amat komplek.Siklus Termodinamika Proses kimia dan termodinamika yang terjadi pada motor bakar sangatlah rumit untuk dianalisis.

SIKLUS UDARA IDEAL Penggunaan siklus ini berdasarkan beberapa asumsi adalah sebagai berikut  Fluida kerja dianggap udara sebagai gas ideal dengan kalor sepesifik konstan (tidak ada bahan bakar)  Langkah isap dan buang pada tekan konstan  Langkah kompresi dan tenaga pada keadaan adiabatis  Kalor diperoleh dari sumber kalor dan tidak ada proses pembakaran atau tidak ada reaksi kimia .

Adapun urutan prosesnya adalah sebagai berikut .Siklus udara volume konstan Siklus ideal volume kostan ini adalah siklus untuk mesin otto.

Siklus udara tekanan konstan Siklus ideal tekanan kostan ini adalah siklus untuk mesin diesel. Adapun urutan prosesnya adalah sebagai berikut .

Siklus actual  Siklus aktual otto .

 SIKLUS AKTUAL MESIN DIESEL .

Efisiensi siklus motor bakar .

  Qm =mcv (T3 −T2 )   dengan Qm = adalah kalor masuk m = massa fluida cv = panas jenis pada volume konstan ∆T = perbedaan temperatur .Efesiensi siklus volume konstan  Energi kalor yang masuk Qm =mcv ∆T .

SEKIAN DAN TERIMAH KASIH .