Teknik PELUMASAN

DAN
Konversi
Energi

KE-3d
2016
PENDINGINAN
PLTD
Ah Yani ( 3.22.14.3.02)
Astrid oktiani R.P ( 3.22.14.3.04)
Ganar Pradiko (3.22.14.10)

PELUMASAN Pelumasan adalah pemisahan dari dua permukaan benda padat (metal) yang bergerak terhadap satu sama lain dengan cara menempatkan suatu zat diantara kedua benda tersebut .

Click icon to add picture F U N G S I M I N YA K P E LU M A S A N Memperkecil Gesekan dan Mengurangi keausan Sebagai media pendingin Sebagai peredam Sebagai media pembersih agar menjaga keawetan suatu bagian benda padat (metal) yang bergerak .

Sistem Pelumasan Tekan . MACAM SISTEM P E LU M A S A N 1.Sistem Pelumasan Autolube 3.Sistem Pelumasan Percik 4.Sistem Pelumasan Campur (Mix) 2.

Kran bensin 3. 2.Click icon to add picture SISTEM P E LU M A S A N CAMPUR (MIX) Sistem pelumasan mesin dengan cara mencampur langsung minyak pelumas (oli campur/samping) dengan Keterangan : bahan bakar di dalam tangki 1. Campuran bensin dan oli samping bakar. Karburator 4. Ruang engkol .

Click icon to add picture SISTEM P E LU M A S A N AU T O LU B Sistem pelumasan dimana oli samping masuk ke dalam ruang engkol yang dipompakan oleh pompa oli. Tergantung dari jumlah putaran an pembukaan katub masuk .

Click icon to add picture S I S T E M P E LU M A S A N TEKAN Minyak pelumas dihisap dihisap dan ditekan ke dalam bagian bagian yang dilumasi dengan menggunakan pompa oli. Aliran minyak pelumas tergantung pada jumlah putaran .

Click icon to add picture S I S T E M P E LU M A S A N PERCIK Sistem pelumasan dimana memanfaatkan bagian yang bergera untuk memercikkan minyak pelumas ke bagian yang .

BAGIAN – BAGIAN YA N G D I L U M A S I Secara umum bagian – bagian yang dilumasi pada mesin diesel ialah semua bagian – bagian yang bergesekan misalnya : • Antara torak dan tabung silinder • Antara poros dengan bantalan poros • Antara roda – roda gigi dan sebagainya .

KO M P O N E N S I S T E M P E LU M A S Oil pump Oil filter Thermostart Radiator/cooling tower Filter Tangki Minyak Pelumasan Separator .

. SISTEM Click icon to add picture PENDIN GINAN Sistem Pendinginan adalah suatu proses untuk menurunkan suhu yang panas akibat bergeraknya mesin secara terus menerus karena proses pembakaran di ruang bakar mesin diesel.

FUNGSI SISTEM PENDINGIN a. Membuat material atau mesin lebih tahan lama. Untuk mencegah material dari kerusakan. Menjaga struktur dan sifat-sifat dari suatu material agar tidak berubah c. . b. d. Menjaga kerja suatu mesin agar stabil.

Katup pengaman . Mesin induk 4. Saringan 8. SISTEM PENDINGINAN TERBUKA Menggunakan media Air laut Keterangan : 1.Pompa 9. Pipa buang 5. Thermometer 3. Saringan laut (sea chest) 6. Katup / valve 7. Tangki pendingin 2.

Pompa untuk air laut e. SISTEM PENDINGINAN TIDAK LANGSUNG ( T E RT U T U P ) Menggunakan media air tawar dan laut Keterangan a. Saluran buang air untuk laut g. Saluran pemasuk untuk permukaan air yang tinggi / keruh . Pompa untuk air tawar d. Saringan-saringan f. Saluran pemasuk untuk permukaan air yang rendah h. Bejana pendingin c. Bak persediaanair tawar b.

Macam – Macam Media Pendinginan Media Pendingin Air Media pendingin air tawar (Media pendingin dengan menggunakan air tawar ini digunakan pada sistem pendinginan tak langsung) Media pendingin air laut (Media pendingin dengan menggunakan air laut ini digunakan pada sistem pendinginan secara langsung (terbuka)) .

maka media pendingin minyak lumas memiliki lebih kecil dan rendah dibanding media pendingin air.Media Pendingin Udara Pada umumnya semua motor dengan pendinginan udara. penggunaan minyak lumas hanya untuk melumasi bagian yang bergesekan seperti gesekan pada torak. Rusuk-rusuk pendingin ini memperbesar luas permukaan yang dapat menyerahkan panas kepada udara pendingin Media Pendingin Minyak Pada motor diesel. poros engkol. dan lain-lain. Bila ditinjau dari segi penyerapan panas. . bantalan. silinder-silindernya dilengkapi dengan rusuk-rusuk pendingin.

bagian yang Didinginkan 1. Kepala silinder 3.Bagian . Katup 4.tempat yang timbul panas karena gesekan adalah kepala silinder dan dinding silindernya . Tempat. Bantalan–bantalan 5. Silinder 2.

Terimakasih .