Mempertanyakan hubungan apakah

yang terdapat atau terjadi antara dua
atau lebih veriabel (Kerlinger,1973)

PROSES PENELITIAN
INTEREST :
1. MASALAH = PROBLEM STATEMENT
2. IDENTIFIKASI MASALAH = KAJIAN MASALAH = PROBLEM IDENFICATION
3. RUMUSAN MASALAH = RESEARCH QUESTION
4. TUJUAN
1. PARADIGMA / SUDUT PANDANG
2. TINJAUAN TEORI / PUSTAKA

5. KERANGKA KONSEPTUAL

6. HIPOTESIS METODE (RANCANGAN, POPULASI, dsb)

7. PENGUMPULAN DATA INSTRUMEN

8. ANALISIS DATA

9. HASIL PENELITIAN

10. KESIMPULAN DAN SARAN

Masalah penelitian (problem) Problema dalam suatu penelitian adalah Kesenjangan antara apa yang seharusnya dan apa yang ada dalam kenyataan Problema dalam suatu penelitian adalah Kesenjangan antara apa yang diperlukan dengan apa yang tersedia .

MASALAH PENELITIAN Problema dalam suatu penelitian adalah Kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan apa yang telah dicapai Problema dalam suatu penelitian adalah Kesenjangan antara das sollen dengan das sein .

PROSES MENYADARI MASALAH PENELITIAN Teori (konsep) Variabel X Memper Keraguan Kebutuhan Idea Rmasalahkan Deviasi (Needs) masalah (perfleksi) (will) Empiri (kenyataan) Variabel Y .

gejala rohani. jasad hidup. Masalah Penelitian Masalah yang dapat diteliti adalah Materi ilmu dalam wujud ide abstrak. hewan. tumbuhan. benda fisik. manusia dengan perilakunya terhadap alam atau sesama manusia. perilaku manusia dalam konteks nilai . peristiwa sosial dan proses proses kehidupan yang materinya dapat berupa benda. keadaan alam.

Perubahan yang berhubungan dengan ruang waktu dapat dibedakan perubahan yang disebut gerak. perkembangan. pertumbuhan.Masalah penelitian (lanjutan) Perubahan perubahan yang terjadi pada manusia dan bukan manusia. Sistem perhitungan mempelajari perilaku manusia yang dapat dikuantifikasi maupun yang tidak dapat dikuantifikasi (sistem simbolik dan sistem nilai) .

CIRI MASALAH YANG BAIK ► Masalah harus terungkap jelas bagi diri peneliti agar mudah pengukurannya ► Ditulis dengan bahasa non tehnis dan menghindari jargon ► Harus cukup terbatas ruang lingkupnya sehingga masalah penelitian dapat dikelola ► Masalah tersebut harus sesuai dengan konteks teori yang lebih luas .

Masalah yang perlu diteliti  Masalah yang berdampak luas  Penelitian sebelumnya merekomendasi  Masalah masalah bersifat sangat urgen untuk dipecahkan  Masalah yang ditandai adanya trend (kecenderungan)  Masalah yang ditandai adanya out break (ledakan kejadian) .

TEHNIK PENAJAMAN MASALAH PENELITIAN  Tinjauan pustaka  Observasi lapangan  Seminar/ diskusi ilmiah  Konsultasi dengan manusia sumber  Menggali pengalaman  Melakukan replikasi .

30 ternyata dia terlambat .Jarak antara ke dua kota adalah 25 km yang bila ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan kecepatan rata rata 25 km/jam memerlukan waktu maksimal 1 jam. Perkuliahan dimulai jam 07. Si mahasiswa berangkat dari Madiun jam 06.00 menuju Magetan. Problem statement Seorang mahasiswa STIT Magetan bertempat tinggal di kota Madiun.

00 secara teoritis dia tidak terlambat. Sebab waktu yang dibutuhkan 1 jam sehingga mestinya jam 07.00 dia sudah sampai di Magetan. Kesenjangan  Dengan berangkat jam 06. Gabnya : tetapi dia terlambat .

Pertanyaan penelitian  Apakah jalanan macet ?  Apakah kendaraan macet ?  Apakah terjadi kecelakaan ?  Apakah dia mampir ke suatu tempat ?  Apalah dia kena rasia Polisi kareana SIM nya ketinggalan ? .

Identifikasi Masalah Kajian masalah Problem identification .

Cara mengidentifikasi masalah Mengidentifikasi masalah artinya mengenali fenomena/ gejala secara teliti terhadap materi ilmu .

IDENTIFIKASI MASALAH  Kemungkinan faktor faktor penyebab (ada beberapa faktor)  Tentukan faktor penyebab prioritas yaitu yang paling memungkinkan  Gunakan faktor akibat sebagai justifikasi .

PENJERNIHAN/KLARIFIKASI MASALAH  Deskripsikan masalahnya dengan cara menggambarkan esensi masalah (karakter yang esensial) atau menggambarkan secara komprehensif  Definisikan masalahnya menurut kamus atau konstitusi kemudian definisikan menurut peneliti (operasional) .

Perumusan masalah Rumusan masalah pada hakekatnya merupakan suatu pertanyaan yang mengungkapkan tiga hal yaitu variable variabel penelitian . populasi penelitian (sasaran penelitian) . hubungan antara variabel tersebut.

Rumusan masalah yang baik (lanjutan) Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian harus ► Dapat dijawab lewat penelaahan keilmuan (ada teori yang mendasari) ► Memungkinkan peneliti untuk memiliki fakta yang diperlukan ► Semua jawaban terhadap masalah itu harus dapat diuji orang lain .

Rumusan masalah yang baik ► Dalam rumusan masalah hendaknya bisa diidentifikasi variabel variabel terikat. variabel bebas dan variabel lainnya ► Jenis hubungannya ditegaskan apakah hubungan kausal atau korelasional ► Populasi (sasaran) perlu dikemukakan untuk menentukan ruang lingkup generalisasi hasil penelitian .

transportasi baik. program pembangunan pendidikan banyak dilakukan tetapi angka ketidak lulusan anak cukup tinggi (4 %) jauh di atas angka nasional . Contoh Problem Statemen ► Problem statemen : Kabupaten X propinsi Jabar daerahnya termasuk subur. Pendapatan per kapita diatas rata rata nasional. Jumlah sekolah cukup Sebagian besar penduduk tidak buta huruf.

sosial. ekonomi. seharusnya menjamin angka ketidak lulusan menjadi rendah. Kesenjangan ► Kesenjangan : Kondisi geo. namun kenyataannya angka ketidak lulusan anak masih tinggi .

Pertanyaan Penelitian ► Faktor faktor apa yang menyebabkan tingginya angka ketidak lulusan anak ► Apakah faktor .

laboratorium IPA. Sekolah ini telah memiiki sarana yang memadai. laboratorium bahasa dan perpustakaan yang cukup. Contoh Pernyataan Masalah ► MTs X yang memiliki 6 rombongan belajar dengan jumlah siswa 240 orang diajar oleh 18 orang guru dari berbagai vak. telah melaksanakan penataran guru dalam hal metode pengajaran Hasil Ujian semester belum memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM) . media belajar yang cukup.

Kesenjangan ► Kondisi Sekolah yang relatif cukup baik sarana laboratorium IPA. Bahasa dan perpustakaan serta media yang tersedia mestinya dapat menjamin proses belajar menjadi baik ► Ketrampilan gurunya yang telah di up grade mestinya (secara teoritis) telah cukup menjamin kualitas hasil ujian semester pada siswanya .

Pertanyaan Penelitian ► Faktor faktor apa yang menyebabkan kegagalan anak dalam mengikuti ujian semester ? ► Apakah faktor strategi belajar anak yang salah ? ► Apakah kondisi lingkungan pada saat ujian yang menyebabkan gagal ? ► Apakah kegiatan sebelum ujian yang menjadi sebab kegagalan ? .