H.

TRIMAWAN HERU WIJONO
SKM,S,Ag.M.Kes

atau hubungan antara kondisi dengan gejala dalam rangka pemecahan suatu masalah . PENGERTIAN PENELITIAN ILMIAH  Penelitian ilmiah merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terkontrol dengan tujuan untuk memperoleh informasi ilmiah mengenai hubungan antara suatu kejadian dengan kejadian yang lain.

Fungsi penelitian dalam pemecahan masalah  Penelitian tidak berfungsi langsung memecahkan masalah tetapi berfungsi menemukan dan menjelaskan informasi ilmiah yang disusun atas dasar pendekatan empiris dan logis .

Syarat penelitian  Dunia penelitian mensyaratkan adanya 1. Sumber daya manusia 2. Alat dan bahan 3. Situasi dan proses kerja yang khas .

CIRI CIRI PENELITIAN ILMIAH  Dimulai dari sebuah permasalahan  Menuntut pernyataan permasalahan yang jelas  Bertujuan membantu memecahkan masalah utama secara cermat sehingga lebih optimal melalui pemecahan sub permasalahan  Memerlukan perencanaan .

CIRI CIRI PENELITIAN ILMIAH (LANJUTAN)  Dituntut dan diarahkan oleh hipotesis penelitian yang tepat  Memerlukan/ mencari fakta fakta yang memberikan arti / interpretasi atas fakta fakta tersebut. untuk itu perlu verifikasi sehingga fakta fakta tersebut dapat menjawab permasalahan sesuai hipotesis  Merupakan suatu hasil .

Sistematis dan terkontrol  Sistematis artinya mengikuti secara runtut dan teratur prosedur prosedur yang sudah dibakukan sebagai suatu sistem  Terkontrol artinya dibebaskan secara langsung atau tidak langsung dari semua faktor yang bisa mencemari kemurnian hasil akhirnya .

PROSES PENELITIAN 2 Latar belakang masalah 1 Masalah Penelitian 4 Tinjauan Pustaka 3 Pertanyaan Penelitian 6 Kerangka Konsep Landasan Teori 5 7 Hipotesis Penelitian Rancangan Penelitian 8 Uji Hipotesis 10 Pengukuran 9 11 Kesimpulan 12 Saran Pemecahan Masalah .

.

Kesalahan Landasan Teori  Landasan teori yang kadaluwarsa  Landasan teori yang kurang valid / kurang relevan diterapkan .

Kesalahan Sampling  Tidak representatif / tidak mewakili  Terlalu kecil atau kurang merata  Tidak mencermminkan karakteristik populasi .

Kesalahan Alat pengambil data  Tidak valid  Tidak reliabel misalnya data palsu .

meskipun kebenaran hipotesis sudah benar . tapi jika salah hitung menyebabkan hipotesis salah. Kesalahan Perhitungan  Walaupun metode dan rumus yang dipakai sudah benar.

Kesalahan Rancangan Penelitian  Rancangan penelitian adalah semacam strategi dan pedoman untuk menentukan langkah langkah penelitian guna menguji hipotesis. Bila rancangannya salah sudah barang tentu hipotesis nya menjadi tidak terbukti .

Pengaruh Variabel luaran  Bila pengaruh variabel luar terdapat data yang sangat kuat. sehingga data yang dikumpulkan bukan data yang dimaksud maka hipotesis akan tidak terbukti .