PIJAT BAYI

DAN BALITA

terutama sentuhan tangan sang ibu. Pijat bayi merupakan salah satu cara bagi seorang ibu untuk mengekspresikan rasa cintanya pada sang buah hati. . Bayi baru lahír sangat membutuhkan kehangatan dan sentuhan dari orang terdekatnya.

denyut jantung. MANFAAT PIJAT BAYI Bagi Bayi :  Memacu sistem sirkulasi. pernapasan.  Bayi lebih tenang dalam menghadapi stress  Membantu perkembangan fisik bayi. . dan kekebalanbayi.

. mempererat ikatan emosi antara orang tua dan bayinya. • Meningkatkan percaya diri dalam mengasuh bayi. • Memahami kebutuhan si kecil. MANFAAT PIJAT BAYI Orang tua: • Meningkatkan ASI. • Memahami isyarat bayi (komunikasi dengan bayi).

Pemijatan dapat dilakukan pagi hari sebelum mandi. Bisa juga malam hari sebelum bayi tidur sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak.Kapan bayi boleh dipijat pijat bayi dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. . Jadi dapat dimulai kapan saja sesuai keinginan sampai usia enam bulan atau tujuh bulan.

. Tidak boleh memaksakan posisi pijat tertentu pada bayi. dan tidak pengap untuk kegiatan ini. dan babi oil atau babi lotion. popok. 8. 4. Pastikan tangan anda bersih dan hangat. 5. Hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pemijatan 1. 6. hangat. Pilih ruangan yang nyaman. baju ganti. Bayi dibaringkan di atas permukaan kain yang rata. 2. 7. Bayi sudah makan atau benar-benar tidak sedang lapar. Lakukan secara menggembirakan bagi anda maupun si bayi. lembut dan bersih. Sebelum pemijatan hendaknya disiapkan lebih dulu handuj. Periksa kuku dan perhiasan untuk menghindari goresan pada kulit bayi 3.

Wajah(melemaskan otot wajah) .Cara Pijat Bayi Sederhana 1.

Cara Pijat Bayi Sederhana 2. Dada (memperkuat organ paru-paru dan jantung) .

Perut (meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit)Pijatan “I Love U” .Cara Pijat Bayi Sederhana 3.

Tangan dan kaki( menghilangkan ketegangan dan memperkuat tulang ) .Cara Pijat Bayi Sederhana 4.

Cara Pijat Bayi Sederhana 5. Punggung ( memperkuat otot untuk menyanggah tulang belakang) .

TERIMA KASIH .