VIRUS

KOMPETENSI DASAR :
Mendeskripsikan virus dan mengkomunikasikan peranannya.
INDIKATOR HASIL BELAJAR :
Menjelaskan ciri-ciri virus
Menjelaskan struktur virus
Menjelaskan replikasi virus
Menjelaskan peranan virus dalam kehidupan

.  Menurut para ahli virus memiliki dua sifat yang berbeda yaitu virus termasuk benda mati dan makhluk hidup atau dikenal juga dengan sebutan bentuk peralihan. . baik tumbuhan. Pendahuluan  Virus tergolong mikroorganisme yang sangat kecil  Virus berasal dari bahasa latin yang berarti Racun.  Hal ini disebabkan karena virus dapat berkembangbiak pada tubuh makhluk hidup (inangnya). hewan juga pada manusia.  Dapat menyebabkan penyakit.

Partikelnya tersusun atas DNA dan RNA dan memiliki lapisan protein yang disebut Kapsid.SIFAT DAN CIRI VIRUS Tubuh virus belum dapat disebut sel karena hanya tersusun atas DNA atau RNA yang diselubungi protein. batang silindris. Tubuh virus memiliki ukuran rata-rata 20-300 milimikron dan diameter kurang lebih 9 nm-230 nm. Virus memiliki bermacam bentuk seperti bola. .yang sangat kecil sekali dan bahkan lebih kecil dari bakteri. Virus hanya dapat berkembang biak dalam tubuh makhluk hidup lain. kubus bahkan ada yang berbentuk seperti huruf T.

. hewan dan pada sel manusia. CARA HIDUP VIRUS  Virus hanya akan hidup apabila berada dalam sel makhluk hidup. tumbuhan.  Virus yang menginfeksi bakteri. serangga. tumbuhan dan hewan yang terinfeksi akan mati. tumbuhan dan hewan maka bakteri. misalnya bakteri.

ekor dan serabut ekor.  Bagian kepala berbentuk persegi delapan yang di dalamnya mengandung inti virus yang dinamakan kepala virus.STRUKTUR TUBUH VIRUS  Tubuh virus T tersusun atas beberapa bagian yaitu.  Pada bagian ujung ditumbuhi serabut ekor. .  Ujung serabut ekor digunakan sebagai penerima rangsang (reseptor) dan sebagai alat penginfeksi.  Pada kepala virus terdapat selubung memanjang (tubus) yang dinamakan ekor virus. kepala.

PERKEMBANGBIAKAN VIRUS Virus berkembang biak dengan dua cara yaitu. 1. Tahapan pada silkus litik yaitu :  Adsorpsi  Penetrasi  Eklifase  Perakitan  Pelisisan . melalui siklus litik dan siklus lisogenik.

Tahapan pada siklus lisogenik yaitu : Adsorpsi Penetrasi Eklifase Pembelahan sel Perakitan Pelisisan .2.

DAUR LITIK DAN LISOGENIK .

vrus satelit. vrus avirulen . vaksin polio. PERANAN VIRUS DALAM KEHIDUPAN Virus dalam kehidupan ini lebih banyak bersifat merugikan. namun masih ada juga virus yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya Virus dapat dibuat sebagai vaksin untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

kuda) HIV/AIDS AVIAN INFLUENZA INFLUENZA RABIES HEPATITIS EBOLA .sapi.PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS MANUSIA HEWAN TUMBUHAN CACAR NCD (Unggas) TUNGRO POLIO Foot and Mouth Disease MOZAIK FLU BURUNG (Kerbau.