Kelompok 2

-Kisan

Muhammad

-Muh Fawwaz
Reyhan

-I gede Tonjaya

-Ade Ugiantara

arah dan kecepatan dapat dinyatakan dengan tanda positif atau negatif. Alat untuk mengukur kecepatan disebut velocitometer.Perbedaan kelajuan sesaat dan kecepatan sesaat kelajuan adalah besaran yang tidak bergantung pada arah. kecepatan adalah besaran yg bergantung pada arah.a. Kelajuan termasuk besaran skalar yang nilainya selalu positif. Alat untuk mengukur kecepatan adalah spidometer. sehingga kecepatan termasuk besaran vektor.sehingga kelajuan termasuk besaran skalar. . Untuk gerak dalam dimensi.

kelajuan rata-rata yang diperoleh dari operasi pembagian keduanya juga termasuk besaran skalar. kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi antara perpindahan dengan selang waktunya. Karena perpindahan adalah besaran vector dan selang waktu adalah besaran skalar. . Baik jarak waktu maupun selang waktu termasuk besaran skalar. Perbedaan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata kelajuan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi antara jarak total yang ditempuh dengan selang waktu untuk menempuhnya. kecepatan rata-rata termasuk besaran vector. Oleh karena itu . b.

Kelajuan rata-rata = jarak total / waktu total = 150 meter / 5 sekon = 30 meter/sekon. Tentukan kelajuan rata- rata dan kecepatan rata-rata mobil. CONTOH SOAL KECEPATAN RATA-RATA 1. . Sebuah mobil bergerak lurus ke timur sejauh 100 met er selama 4 sekon lalu bergerak lurus ke barat sejauh 50 meter selama 1 sekon. Besar kecepatan rata-rata = besar perpindahan / waktu = 50 meter / 5 sekon = 10 meter/sekon. Waktu total = 4 sekon + 1 sekon = 5 sekon. Pembahasan Jarak = 100 meter + 50 meter = 150 meter Besar perpindahan = 100 meter – 50 meter = 50 meter dan arah perpindahan ke timur.

orang tersebut kembali ke posisi semula. 2. lebar = 20 meter. Pembahasan  Keliling tanah lapang = 2(50 meter) + 2(20 meter) = 100 meter + 40 meter = 140 meter.8 meter / sekon.  Kelajuan rata-rata = jarak / waktu = 280 meter / 100 sekon = 2. Panjang = 50 meter. Besar kecepatan rata-rata = besar perpindahan / waktu = 0 / 100 sekon = 0. Tanah lapang dikelilingi 2 kali = 2(140 meter) = 280 meter. orang tersebut kembali ke posisi semula karenanya besar perpindahan = 0 meter. Perhatikan gambar di bawah! Seseorang mengelilingi tanah lapang berbentuk persegi panjang. . Jarak = 280 meter. Jika selang waktu tempuh = 100 sekon. Setelah mengelilingi tanah lapang sebanyak dua kali. tentukan kelajuan rata-rata dan besar kecepatan rata-rata. Setelah mengelilingi tanah lapang.

c. untuk t = 3 maka v = 8(3) + 6 = 30 . Kecepatan sesaat untuk t = 3s Penyelesaian : v = dv/dt = 8t + 6 .

 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA .