PEMERIKSAAN ASET TETAP

SIFAT DAN CONTOH ASET TETAP .

atau untuk tujuan administratif • Diharapkan akan digunakan lebih dari satu periode . 2009. 68) Aset tetap adalah aset berwujud yang : • Dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa. untuk disewakan ke pihak lain.Menurut SAK ETAP (IAI.

Beberapa justifikasi dari suatu benda berwujud untuk dapat digolongkan sebagai aset tetap • Besar kemungkinan (probable) bahwa manfaat keekonomian di masa akan datang yang berkaitan dengan aset tersebut akan mengalir ke dalam perusahaan • Biaya perolehan aset dapat diukur secara andal .

and Equity. Beberapa sifat atau ciri aset tetap Fixed Asset disebut juga Property. Sifat Aset Tetap : • Tujuan pembelian adalah utk dipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan atau tidak untuk diperjualbelikan [yang membedakan aset tetap dari persediaan barang dagangan] • Masa manfaat lebih dari 1 tahun [merupakan alasan aset tetap harus disusutkan] • Jumlahnya cukup material [alasan mengapa perusahaan harus mempunyai kebijakan kapitalisasi yaitu yang mebedakan capital expenditure dan revenue expenditure] . Plant.

termasuk pagar. delivery equipment/vehicles.Tanah [land] . marmer. Fixed Intangible Asset [tidak berbentuk. batubara. mesin. sehingga tidak bisa dilihat. bisa dilihat. goodwill. . taman. franchise. lap parkir. furniture & fixture.Natural resources [sumber alam]. 2. HPH. hak cipta (copy right). diraba]. peroperating expenses. bisa diraba] Contoh: . Fixed Tangible Asset [berbentuk. emas. Contoh aset tetap Fixed Asset dibedakan menjadi : 1. peralatan[equipment]. . Contoh : hak patent.Gedung. seperti: pertambangan minyak.

konsisten. Utk memeriksa apakah persediaan yg tercantum di neraca betul-betul ada. masih digunakan. Utk memeriksa apakah terdpt internal control yg baik atas AktivaTetap 2. dan dimiliki perush. didukung oleh bukti-bukti yg lengkap dandicatat dg benar. Utk memeriksa apakah penambahan aktiva tetap dlm tahun berjalanbetul- betul merupakan suatu capital expenditure. 5. dan apakahperhitungannya telah dilakukan dg benar. Untuk memeriksa apakah ada aktiva tetap yg dijadikan sbg jaminan 7. 3. Untuk memeriksa pembebananpenyusutan dlm periode yg diperiksadilakukan dg cara yg sesuai dg SAK. . 4. 6. Utk memeriksa apakah disposal dari aktiva tetap sudah dicatadengan benar di buu perusaha dan telah diotorisasi oleh pejabat ygberwenang. diotorisasi olehpejabat yg berwenang. AUDIT OBJECTIVE ASET TETAP 1. Untuk memeriksa apakah penyajian aset tetap dalam laporan keuangan sesuai dg standar akuntansi keuangan di Indonesia.

PROSEDUR PEMERIKSAAN ASET TETAP 1. misalnya ada laba atau rugiatas penjualan aktiva tetap tersebut. [dalam hal ini auditor menggunakan INTERNAL CONTROL QUESTIONNAIRES/ICQ] 2. . BPKP. Periksa footing dan cross footingnya dan cocokkan totalnya dg General Ledger atau sub general ledger. STNK dll. Vouch penambahan dan pengurangan aktiva tetap tersebut. penambahan dan pengurangannya. 4. saldo akhir. Periksa fisik dari aktiva tetap tersebut [dg cara tes basis] danperiksa kondisi dan nomor kode dari aktiva tetap. Minta kpd client Top Schedule serta Supporting Schedule aset tetap yg berisikan: Saldo awal. 5. baik utk harga perolehan maupun akumulasi penyusutannya. Untukpenambahan lihat approvalnya dan kelengkapan supporting schedulnya. Pelajari dan evaluasi internal control atas aktiva. saldo awal denganworking paper tahun lalu. Periksa bukti pemilikan aktiva tetap. Untuk pengurangan kita lihat otorisasinya dan jurnalnyaapakah sudah dicatat dengan betul. 3. Seperti: IMB. 6.

apakah sesuai dg SAK/ETAP/IFRS. 13. untuk memeriksa apakah ada aktiva tetap yg dijadikan sbg jaminan. 14. kita periksa penambahannya danapakan ada construction in progress yg hrs ditransfer ke aktivatetap. 10. 16.Jika ada aktiva tetap yg diperoleh mll leasing.7.Periksa apakah ada commitment yg dibuat oleh perusahaan untkmembeli atau menjual aktiva tetap. jawaban konfirmasi daribank.Periksa atau tanyakan apakah ada aktiva tetap yg dijadikan agunankredit bank. 12. 15. Periksa apakah aktiva tetap tsb sudah diasuransikan dan apakahInsurance Coveragenya cukup. perjanjian kredit. Pelajari dan periksa apakah Capiltalization Policy yang dijalankankonsisten dg tahun sebelumnya. periksa lease agreement dan periksa apakah accounting treatmennya sudahsesuai dg standar akuntansi leasing. Buat analisa ttg perkiraan Repair & Maintenance. .Periksa penyajiannya dalam lap keu. 9.Untuk construction in progress. cross reference angka penyusutan dg biaya penyusutan diperkiraan laba rugi dan periksa alokasi/distribusibiaya penyusutan. 8. 11. shg kita dptmengetahui apakah ada pengeluaran yg seharusnya masuk dlmkelompok Capital Expenditure ttp dicatat sbg Revenue Expenditure.Periksa notulen rapat.Tes perhitungan penyusutan.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.