Sikap ilmiah

 Menurut Brotowidjojo orang yang berjiwa
ilmiah adalah orang yang memiliki tujuh
sikap ilmiah Yitu : 1. sikap ingin tahu, 2.
Sikap kritis, 3. Sikap terbuka ,4. Sikap
obyektif, 5. Sikap rela menghargai karya
orang lain, 6. Sikap berani
mempertahankan kebenaran, 7. Sikap
menjangkau ke depan

Sikap Ingin tahu  Sikap ingin tahu diwujudkan dengan selalu bertanya – tanya tentang berbagai hal tentang sesuatu.  Mengapa demikian ?  Apa saja unsur-unsurnya ?  Bagaimana kalau diganti salah sat komponennya ?  Dan seterusnya .

Sikap kritis  Sikap kritis diwujudkan / direalisasikan dengan mencari informasi sebanyak mungkin baik dengan jalan bertanya kepada suiapa saja yang diperkirakan mengetahui masalah. . maupun dengan pihak lain sebelum menentukan pendapat untuk ditulis.

. Sikap Terbuka  Sikap terbuka dinyatakan dengan selalu bersedia untuk mendengarkan keterangan dan argumentasi orang lain.

Sikap Obyektif  Sikap obyektif diperlihatkan dengan cara menyatakan apa adanya tanpa dibarengi perasaan pribadi .

Sikap rela menghargai karya orang lain  Diwujudkan dengan mengutip dan menyatakan terima kasih atas karangan orang lain dan menganggapnya sebagai karya orisinal milik pengarangnya .

Sikap berani mempertahankan kebenaran  Sikap berani mempertahankan kebenaran diwujudkan dengan membela fakta atas hasil penelitiannya .

bahkan mampu menususn teori baru . Sikap menjangkau ke depan  Sikap menjangkau ke depan dibuktikan dengan sikap “futuristic” berpandangan jauh ke depan. mampu membuat hipotesis dan membuktikannya.