RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYAMSUDIN SH SUKABUMI

KEPANITERAAN KLINIK DEPARTEMEN ILMU PENYAKIT JIWA
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
PROGRAM STUDI KEDOKTERAN

P 0 Jenis Kelamin : Laki-laki 0 Usia : 16 tahun 0 Agama : Islam 0 Alamat : Babakan Pendeuy 02/01 Parungkuda 0 Suku Bangsa : Sunda 0 Pendidikan : SMA 0 Pekerjaan : Pelajar 0 Status Pernikahan : Belum menikah 0 Tanggal Masuk RS : 9 Mei 2016 0 No. Identitas Pasien 0 Nama : Tn. RM : A473015 .

Riwayat Psikiatri Berdasarkan 0 Autoanamnesis : dilakukan pada tanggal 14 Mei 2016 di Bangsal Kemuning 0 Alloanamnesis : dilakukan pada tanggal 13 Mei 2016 dengan ibu pasien 0 Keluhan Utama Pasien mengamuk sejak 1 hari SMRS .

Riwayat Penyakit Sekarang 08-05-16 09-05-16 12-05-16 (H-1 SMRS) Pasien mulai Pasien masih Pasien mulai tenang mengamuk mengamuk Sudah mulai bisa Marah-marah. bicara Pasien dimasukan ke diajak komunikasi sendiri. ruang isolasi Memukul ibu pasien Merasa halusinasi auditorik dan visual .

Riwayat Penyakit Sekarang 13-05-16 14-05-16 Pasien mengamuk Pasien lebih tenang. sudah tidak Marah-marah. mengamuk menendang pintu bangsal autoanamnesis Alloanamnesis dengan ibunya .

Riwayat Penyakit Dahulu 29-02-16 April 2016 Mei 2016 Maret 2016 Pasien pertama kali Pasien dibawa ke Pasien kambuh Pasien dirawat di mengamuk orang pintar dan Dibawa ke orang RSUD Syamsudin dirawat selama 10 pintar hari Dirawat selama 8 hari Pasien tidak mempunyai riwayat trauma kepala Pasien tidak mempunyai riwayat penggunaan NAPZA Pasien tidak memiliki kaitan dengan hukum .

. 0 Gangguan Medik Pasien tidak memiliki gangguan bawaan sejak lahir. dan tidak ada riwayat gangguan kesadaran sebelumnya. tidak pernah menderita sakit berat hingga membutuhkan perawatan Rumah Sakit. Ini merupakan kali pertama pasien dibawa ke Rumah Sakit dengan gangguan jiwa. Riwayat Penyakit Dahulu 0 Riwayat Psikiatri Pasien tidak pernah mengalami gangguan jiwa seperti yang dialami saat ini sebelumnya. tidak pernah mempunyai riwayat kejang sebelumnya.

Pasien menyangkal bahwa dirinya pernah mengkonsumsi alkohol dan NAPZA sebelumnya. . merokok sehari sebatang. Riwayat Penyakit Dahulu 0 Gangguan Zat Psikoaktif Pasien merokok sejak kelas 3 SMP.

Riwayat Kehidupan Pribadi 0 Riwayat Prenatal dan Perinatal Pasien dilahirkan secara normal (spontan pervaginam) dibantu oleh bidan. . Semasa kehamilan ibu pasien kadang mengkonsumsi rokok sampai dengan trimester II dan berhenti di trimester III.

dan pengertian dengan pekerjaan ibunya.0 Masa Kanak-kanak Dini (0-3 tahun) Pasien merupakan anak tunggal. tidak rewel. diare. penyakit seperti kejang-kejang. dan gangguan gizi buruk disangkal. Riwayat gangguan selama masa tumbuh kembang disangkal. Pasien memiliki banyak teman di sekolahnya. sopan santun. Pasien merupakan anak yang periang. . Pasien tinggal bersama ibu. 0 Masa Kanak-kanak Pertengahan (3-11 tahun) Pasien jarang bertemu ibu karena ibu bekerja. Tidak pernah bertemu ayah kandungnya.

0 Riwayat Pendidikan Formal Pasien sedang melanjutkan pendidikan di SMK Perhotelan atas keinginan ibunya. . fisik. Pasien sendiri ingin melanjutkan pendidikan di Sekolah Teknik Mesin. dan kognitif. Masa Pubertas dan Remaja 0 Hubungan Sosial Pasien memilliki hubungan yang baik dengan keluarga dan teman-temannya. Pasien juga membina komunikasi yang baik dengan keluarga dan teman. 0 Perkembangan Motorik dan Kognitif Tidak ada gangguan dalam perkembangan motorik.

Masa pubertas dan remaja Masalah emosi dan fisik 0 Pasien termasuk orang yang periang. keluarga tidak memberikan pengetahuan tentang seks. Riwayat Psikoseksual 0 Pasien tidak pernah mengalami penyiksaan seksual. Pasien pernah pacaran saat duduk dikelas 1 SMA. Pasien tidak pernah bertengkar dengan temannya. Riwayat agama 0 Agama Islam. pasien mengetahui tentang seks dengan cara mencari tahu sendiri. Pasien termasuk orang yang taat beribadah. Pasien memiliki banyak teman semasa sekolahnya. .

Pasien dirawat sejak kecil hanya oleh ibunya. Pasien tidak mengenal ayah kandungnya dan ibu pasien tidak pernah bercerita tentang ayah pasien. Tidak ada keluarga yang memiliki riwayat gangguan jiwa. Riwayat Keluarga 0 Pasien adalah anak tunggal. SKEMA KELUARGA .