Kelompok 13

Bestika Lestari
Sinaga
Hana Klara Purba
Madina Meuthia
Natalia L G
Tampubolon
Rony Yahya

LOYALIT AS .

Kesetiaan adalah kualitas yang menyebabkan kita tidak menggemingkan dukungan dan pembelaan kita pada sesuatu. tak selalu membutuhkan penjelasan rasional.PENGERTIAN LOYALITAS Berasal dari bahasa inggris 'loyal' yang artinya setia. . dan perasaan . Loyalitas lebih banyak bersifat emosional.Loyalitas adalah kualitas perasaan.

Pengertian loyalitas Loyalitas menurut karyawan atau para professional adalah kesetiaan pada pekerjaan atau profesi. Sementara perusahaan hanya dipandang sebagai tempat bekerja. toko. loyalty definition)  Menurut Tjiptono (2000 : 110) loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek. dan kewajiban karyawan hanyalah bekerja dan mengikuti peraturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa kesetiaan terhadap merek diperoleh . atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang. dan tentu saja harus Pengertian Loyalitas mendapatkan hak-nyaMenurut Pelanggan (customer sesuai kesepakatan.

kenyamanan dan Memberikan Memberik rasa aman hak-hak an bonus karyawan dengan baik . 3. 7. Menerapkan Mempromos jenjang karier ikan yang jelas karyawan 6. Membebas Menerapkan kan penilaian kreativitas 1. 5.Bagaimana cara membangun loyalitas pada karyawan? 4. Karyawan hanya kinerja yang akan loyal efektif terhadap perusahaan tempatnya bekerja jika menemukan 2.

.Bagaimana cara membangun loyalitas pada konsumen? 1. Ciptakan citra yang baik. Berikan nilai pada produk anda. Selalu berikan rutin atau forum yang terbaik bagi khusus untuk para konsumen. 3. Buat kegiatan 2. pelanggan anda. 4.

3. sebab . Penjualan produk yang semakin meningkat setiap harinya.Beberapa keuntungan yang diperoleh dari loyalitas konsumen. 4. 2.Menciptakan peluang produk tersebut dapat menyebar dari mulut ke mulut (word of mouth). Pembelian produk dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan. antara lain : 1.Mengurangi biaya pemasaran.

3) Pelanggan yang5) Pelanggan percaya lama kepada tentunya suatu telah lembaga banyak dalam memiliki suatu pengalaman urusan bisnis. 6) Pelanggan maka perusahaan tersebut akan lama akan berusaha mendapatkan membela keuntungan karena adanya efisiensi. 2) Biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menjaga dan memperthankan pelanggan yang sudah ada. dan Bloom (dalam Buchari Alma 2002:275) ada enam alasan mengapa perusahaan harus menjaga dan mempertahankan konsumennya: 1) Pelanggan yang sudah ada memiliki prospek yang lebih besar untuk memberikan keuntungan kepada perusahaan. perusahaan. dan mereferensikan perusahaan . Hayes. 4) Jika sebuah perusahaan lama memiliki banyak pelanggan lama. perusahaan. Manfaat loyalitas pelanggan (konsumen)  Menurut Kotler. jauh lebih kecil daripada mencari pelanggan baru. sehingga mengurangi biaya psikologis dan sosialisasi. cenderung positif yang akan percaya jugaberhubungan dengan pada urusan bisnis yang lain.

Indikator loyalitas pelanggan Indikator dari loyalitas pelanggan menurut Kotler & Keller (2006 . Retention (Ketahanan terhadap pengaruh yang negatif mengenai perusahaan). 57) adalah: Repeat Purchase (kesetiaan terhadap pembelian produk). . Referalls (mereferensikan secara total esistensi perusahaan).

5)  Advocates Client yang memberikan dorongan yang positif pada perusahaan dengan merekomendasikannya kepada orang lain. yaitu : 1)  Suspect Bagian ini termasuk semua pembeli produk atau jasa dalam pemasaran.332) menjelaskan bahwa tingkatan loyal terbagi atas 6 tingkat. INDIKATOR LOYALITAS PELANGGAN TINGKATAN LOYALITAS Hill (1996 . jadi suspects adalah menyadari akan produk atau jasa perusahaan atau tidak mempunyai kecenderungan terhadap pembelian. 2)  Prospects Prospects adalah pelanggan potensial yang mempunyai daya tarik terhadap perusahaan tetapi belum mengambil langkah untuk melakukan bisnis dengan perusahaan. 6)  Partners Partners adalah hubungan yang sangat erat antara konsumen dengan supplier yang keduanya saling memperlihatkan keuntungan. 3)  Customers Suatu tipe pembelian produk (walaupun dalam kategori ini termasuk beberapa pembelian ulang) yang tidak memiliki loyalitas pada perusahaan. . 4)  Clients Pembelian ulang yang menunjukkan loyalitas pada perusahaan tetapi lebih memiliki dorongan pasif daripada aktif terhadap perusahaan.

Untuk melayani mereka dapat menggunakkan karyawan-karyawan baru dalam rangka melatih mereka. Dan juga agar pembaca dapat menerapkan hal yang positif dalam melakukan hubungan . Loyalitas pelanggan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar kepada perusahaan. Dengan loyalitas sebuah perusahaan dapat dipercaya oleh para pelanggan dalam suatu urusan bisnis. perusahaan cukup menjaga dan mempertahankannya. dan mereferensikan perusahaan tersebut kepada teman-teman dan juga lingkungannya.bahwa loyalitas memberikan dampak penting bagi suatu perusahaan. Pelanggan lama tentunya telah banyak memiliki pengalaman positif yang berhubungan dengan perusahaan. Pelanggan lama tentu tidak akan banyak lagi tuntutan. Pelanggan lama akan berusaha membela perusahaan. semoga pembaca dapat memahami dan mengambil kesimpulan yang baik dan tepat dalam menganalisis masalah dalam loyalitas yang ada. sehingga mengurangi biaya psikologis dan sosialisasi. sehingga biaya pelayanan sebuah perusahaan lebih murah. SARAN Melalui makalah ini. menjaga dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. daripada mencari pelanggan baru.