PT.

 FREEPORT INDONESIA
Joko Prasetio (153800052)
Pandima Fatimstuz Zahroh (163809010)
Syaiful Rachman (153800003)

maka akan menimbulkan persaingan yang ketat di antara pihak indusri baik industri yang besar maupun yang kecil. Akan tetapi perusahaan-perusahaan tersebut tidak menyadari dampak yang akan timbulkan akibat aktivitas-aktivitas yang ditimbulkan seperti polusi. hal ini didukung dengan kemajuan teknologi di berbagai bidang industri. Dengan adanya perkembangan di dunia industri. hingga perusakan lingkungan. . kebisingan. keracunan.Latar Belakang  Perkembangan industri dewasa ini sangat pesat. Sehingga perusahaan harus memperhatikan sistem manajemen lingkungannya agar mengahsilakan produk yang nantinya aman dan ramah lingkungan.

Dalam mengantisipasi diberlakukannya standar ISO seri 14000. maka Indonesia sebagai salah satu negara yang aktif mengikuti perkembangan ISO seri 14000 telah melakukan antisipasi terhadap diberlakukannya standar tersebut.Evolusi Manajemen Lingkungan  Perkembangan standar manajemen lingkungan seiring dengan perumusan Standar Internasional ISO seri 14000 untuk bidang manajemen lingkungan sejak 1993. Indonesia sudah aktif memberikan tanggapan terhadap draf standar ISO sebelum ditetapkan menjadi Standar Internasional .

Kementerian Lingkungan Hidup menyediakan media bagi semua pihak yang berkepentingan untuk aktif dalam program pengembangan standar ISO 14000. serangkaian seminar. lokakarya. yaitu melalui Kelompok Kerja Nasional ISO 14000 (Pokjanas ISO 14000). bekerjasama dengan BSN dan berbagai pihak. Dengan perannya sebagai fasilitator dalam pengembangan ISO 14000 di Indonesia.Perkembangan Standart Manajemen Lingkungan  Tahun 1996-1998. . penelitian dan proyek percontohan Sistem Manajemen Lingkungan telah diprakarsai oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

. Hal ini terus dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Kelompok Kerja Nasional ISO 14000. Berbagai program seminar dan penelitian mengenai ISO 14000 terus dikembangkan di Indonesia.ISO 14000 di Indonesia  Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan standar ISO 14000 dalam pengelolaan lingkungan di dunia industry.

dapat memelihara hubungan baik dengan masyarakat. memperkirakan dan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul. c) Dapat mengidanfikasi. pemerintah dan pihak – pihak yang peduli terhadap lingkungan. . e) Memberi jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak manajemen puncak terhadap lingkungan. d) Dapat menekan biaya produksi dapat mengurangi kecelakan kerja.Manfaat ISO 14000 a) Pengelolaan lingkungan yang lebih efektif dan efisien dalam organisasi b) Untuk menyediakan tools yang berguna dan bermanfaat dan fleksibel sehingga mencerminkan organisasi yang baik.

sementara tetap beriktikad baik menjalankan perundingan secara bipartit guna mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.ANALISIS PT. PTFI senantiasa mengikuti proses hukum pada setiap langkah dan telah menerima anjuran dari proses mediasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.Perusahaan tengah menempuh penyelesaian melalui Pengadilan Hubungan Industri. . serta telah meningkatkan penawarannya agar masalah dapat segera diselesaikan. FREEPORT INDONESIA PT Freeport Indonesia (PTFI) telah beriktikad baik dengan melakukan perundingan bersama Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja PTFI dalam rangka mencapai kesepakatan yang adil dan wajar dalam mencapai Perjanjian Kerja Bersama(PKB) untuk periode 2011 – 2013.

dan penghancuran. Konsentrat tembaga merupakan produk akhir PTFI dengan nilai tambah mencapai 95%. pengapungan. .  Pengolahan: meliputi kegiatan penggerusan. menghasilkan Bijih tembaga. dimana pembeli membayar atas kandungan tembaga. menghasilkanKonsentrat tembaga. emas dan perak. Bijih hasil penambangan kemudian diangkut ke pabrik pengolahan untuk dihancurkan menjadi pasir yang sangat halus  Penambangan: meliputi kegiatan pengeboran dan peledakan. dan pengeringan. pengisian dan pengangkutan muatan.Saat ini PT Freeport Indonesia (PTFI) menerapkan dua teknik penambangan. yakni open-pit atau tambang terbuka di Grasberg dan tambang bawah tanah di Deep Ore Zone (DOZ).

lokasi atau pendapatan. . Tujuan dari standar adalah untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh bisnis dan untuk mengurangi polusi dan limbah yang dihasilkan oleh bisnis. terlepas dari ukuran.KESIMPULAN ISO 14000 adalah standar sistem pengelolaan lingkungan yang dapat diterapkan pada bisnis apa pun.

Terima Kasih .