KESETARAAN HUKUM

A.Pengertian Keadilan Sosial
Keadilan sosial adalah suatu konsep dan praktek yang
berkembang serta menjangkau semua sisi kehidupan manusia.
Setidaknya, keadilan sosial mencakup hak yang sama di
bawah hukum, merasakan keamanan, memperolehkan hak suara,
mempunyai kebebasan untuk berbicara dan berkumpul, dan sejauh
mana hak tersebut tidak merupakan hak-hak yang bersifat atau
bersangkutan secara personal. hak-hak ini dapat pula termasuk
adanya akses untuk mendapatkan pendidikan, perawatan kesehatan
dan pengamanan sosial lainnya yang sama dalam kewajiban yang
melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

5 bulan dan tidak ada kebijakan yang lebih rendah lagi. Kasus suami istri asal Bojonegoro yang mencuri pisang divonis 3. adalah salah satu contoh ketidakadilan di Indonesia.B.000 sedangkan para koruptor yang mencuri uang negara milyaran terkadang banyak memanfaatkan uangnya untuk memperoleh kurungan yang tidak setimpal dengan apa yang mereka lakukan.disitu pula banyak mafia hukum yang memanfaatkan para koruptor yang memiliki uang untuk dijadikan alasan supaya mereka dapat memperoleh kurungan yang lebih sedikit dibandingkan dengan Undang.undang yang telah di tetapkan. Semua harus berdasarkan pancasila dan Undang-Undang karena negara Indonesia memiliki hukum yang berlaku dan harus dilaksanakan .Contoh Kasus Ketidakadilan Di Indonesia Kasus seorang Nenek di Banyumas yang divonis 1.5 tahun kurungan. Hanya mencuri 3 buah kakao yang mungkin harganya kurang dari 10.

 -Mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menegakkan hukum.  -Mengetahui hukum di Indonesia. .Tujuan Pembahasan  -Mengetahui apa itu keadilan sosial. C.

Vankan Dalam bukunya “Inleiding tot de rechtsweter schap” .D.Dr.Dr. yaitu petunjuk atau pedoman hidup yang wajib ditaati oleh manusia. . Hukum ialah keseluruhanperaturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat. P.Pengertian Hukum Menurut Beberapa Pakar Hukum Antara Lain : 1.L. 2.Van Apeldoorn Hukum mengatur perhubungan manusia atau inter hukum.Prof.Mr. 3.Dr.Kantorowich Dalam bukunya “ The definition of law “ beliau mengatakan hukum adalah keseluruhan peraturan-peraturan sosial yang mewajibkan perbuatan lahir yang mempunyai sifat keadilan serta dapat dibenarkan. 4. Brost Hukum ialah merupakan peraturan atau norma. Dengan demikian hukum bukanlah kebiasaan.J.Prof.Prof.

Fungsi Hukum Beberapa fungsi hukum : .Sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan batin .Sebagai fungsi kritis . E.Sebagai alat pengatur tata tetib hubungan masyarakat .Sebagai sarana penggerak pembangunan .

tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (Machtsstaat). Hal ini mengandung arti bahwa negara. Negara Indonesia berdasarkan atas hukum (Rechtsstaat). Banyak yang berpendapat tentang hukum itu sendiri.akan membuat suatu negara tidak seimbang struktur pemerintahannya. harus dilandasi oleh hukum atau harus dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.yang paling jelas hukum dibuat untuk mewujudkan suatu negara lebih baik dari negara lain dan menertibkan negara itu sendiri. termasuk didalamnya Pemerintah dan lembaga-lembaga negara yang lain dalam melaksanakan tindakan-tindakan apapun. . Bila hukum itu tidak dilaksanakan dengan baik.

Legalitas dalam arti hukum dalam bentuknya. 2. Sifat Negara Hukum hanya dapat ditunjukan jika alat-alat perlengkapannya bertindak menurut dan terikat kepada aturan-aturan yang ditentukan lebih dahulu oleh alat- alat perlengkapan yang dikuasakan untuk mengadakan aturan- aturan itu. sosial ekonomi dan kebudayaan. hukum. Negara Indonesia adalah Negara Hukum. Negara Hukum yang bersumber pada Pancasila dan bukan berdasar atas kekuasaan.  Ciri-ciri bagi suatu Negara Hukum adalah: 1. Peradilan yang bebas dari pengaruh sesuatu kekuasaan atau kekuatan lain dan tidak memihak. 3. Menurut penjelasan UUD 1945. . Pengakuan dan perlindungan hak-hak Azasi yang mengandung peersamaan dalam bidang politik.

Kesimpulan  Hukum di Indonesia harus diperbaiki secepat mungkin dan mafia hukum harus dihilangkan. Semua hak dan keadilan untuk semua warga dapat di penuhi secara adil dan merata. Hukum di Indonesia harus di benahi dan di utamakan sehingga pemerintahan di Indonesia dapat seimbang dan berjalan dengan baik. . Karena mafia hukum hanya menghancurkan pemerintahan Indonesia.

TERIMA KASIH .