MANAJEMEN STRATEGIK

DISUSUN OLEH:
Arifah Dwi Septiyani (1202014031)
Cipta Dwi Lestari (1202014040)
Dian Maria Ulfa (1202014048)
Diska Hidayah (1202014053)
Indah Restiana (1202014086)
Olivia Deska Yuniar (1202014133)
Sartika Agustri Windayanti (1202014158)
Septyani Wulandari (1202014164)
Siti Salamah (1202014175)
Astrid Irana D (1202014231)

PT. UNILEVER

Belanda (dengan nama Unilever N. Becel. Unilever juga merupakan produsen olesan makanan (seperti margarin) terbesar di dunia. Lipton. Dove. SEJARAH UNILEVER Unilever adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Rotterdam. Rexona. Lux. pembersih. Minuman dan Es Krim. Omo. dan Amerika Serikat. Magnum. Perawatan Rumah Tangga. Unilever N. yakni Makanan. Unilever adalah produsen barang rumah tangga terbesar ketiga di dunia.V. yakni : Axe. beroperasi dibawah satu nama dan dipimpin oleh dewan direksi yang sama. Lever Brothers. Heartbrand. Sunsilk dan Surf. . dan Perawatan Tubuh. Unilever dibagi menjadi empat divisi utama. dan Unilever Ltd. India. di belakang P&G dan Nestlé.V. Inggris (dengan nama Unilever Limited). Knorr. dengan 14 merek diantaranya memiliki total penjualan lebih dari £1 milliar. Tiongkok. Belanda. dan saat ini menjual produknya ke lebih dari 190 negara. Unilever secara signifikan berdiversifikasi ke berbagai bidang bisnis dan juga berekspansi ke berbagai negara. Unilever adalah salah satu perusahaan paling tua di dunia yang masih beroperasi.) dan London. Rama. Selama paruh kedua dari abad ke-20. Unilever memproduksi makanan. Hellmann's. Unilever memiliki lebih dari 400 merek dagang. Margarine Unie dan produsen sabun asal Inggris. Unilever memiliki pusat riset dan pengembangan di Inggris. dan juga perawatan tubuh. Unilever didirikan pada tahun 1930 sebagai hasil penggabungan dari produsen margarin asal Belanda. minuman. jika didasarkan pada besarnya pendapatan pada tahun 2012.

konsumen dan komunitas. peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup. • Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi. Misi: • Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen. costumer and community. • Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi. VISI DAN MISI Visi: To become the first choice of consumer. • Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses. • Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham. • Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan. .

PROSES SCANNING LINGKUNGAN .

PT. Sedangkan dalam hal kemasan. Unilever Indonesia membentuk dan menjalin jaringan distribusi yang sangat baik (versi majalah Businessweek). Dalam hal kualitas produk. menjalin kerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia. . PDGI memberi input kepada Pepsodent tentang karakteristik kualitas produk yang baik. PT. Salah satu caranya. 3. Unilever Indonesia mengeluarkan program promosi bagi para distributor yang membuat display (tampilan) dari produk Unilever yang baik di tempatnya berdagang. Jalinan kemitraan antara Pepsodent dengan PDGI memberikan pengaruh pada Pepsodent dalam hal kualitas produk dan kemasan produk. Unilever Indonesia. PDGI bekerja sama dengan Pepsodent untuk mencantumkan himbauan sikat gigi teratur pada kemasan Pepsodent. ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL 1. Unilever Indonesia. Unions (Kemitraan) Pepsodent sebagai salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT. Customer (Konsumen/Pelanggan) Melihat pengaruh selera masyarakat terhadap jenis output yang dihasilkan pada PT. Distributor (Penyalur) Melihat begitu pentingnya peranan distributor dalam penyebaran produk yang dihasilkannya. 2.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak pula dalam produk sabun mandi kesehatan seperti Nuvo dan Dettol. Unilever Indonesia saja yang menghasilkan produk sabun mandi kesehatan. Produk tersebut diberi nama Lifebuoy. Unilever Indonesia yaitu SariWangi. Unilever Indonesia sangat berhati-hati dalam pemilihan supplier. Sehingga PT. Di pasar. Competitors (Pesaing) PT. .4. tidak hanya PT. Suppliers (Pemasok) Kualitas supplier akan sangat berpengaruh pada kualitas produk teh dari PT. 5. Unilever Indonesia mengeluarkan sebuah produk sabun mandi yang khusus pada jenis sabun mandi kesehatan.

ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL 1. Unilever Indonesia dengan membentuk jaringan distribusi yang baik sehingga produk-produk PT. PT. . Government (Perwakilan Pemerintahan) PT. Unilever Indonesia dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia dari perkotaan hingga pelosok pedesaan. Penduduk Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pun dapat diatasi oleh PT. Unilever Indonesia menjadi terkenal merajai pasar di Indonesia. Karakteristik demografis yang ideal inilah yang membuat PT. Unilever Indonesia telah mampu memenuhi kebutuhan para penduduk Indonesia dengan berbagai produk yang dihasilkannya yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia dan semua kalangan kelas ekonomi. Demographic & Cultural (Demografi dan Budaya) Produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Di dalam program ini. Unilever Indonesia melibatkan sekitar 500 Ibu Rumah Tangga yang tergabung dalam Komunitas Ibu Bersinar Sunlight untuk berperan serta dalam pembuatan tas daur ulang dari sampah plastik bekas kemasan produk yang lebih dikenal dengan trashion. Unilever Indonesia melahirkan trashion sebagai bagian dari program “Green and Clean”. 2.

Selain itu. 4. Dan bila kondisi politik stabil yang diikuti dengan keadaan ekonomi yang stabil pula. maka PT.3. International Kebijakan dalam PT. beberapa program dan produk dari PT. Unilever Indonesia dalam program peningkatan gizi anak. Political (Politik) Keadaan ekonomi yang tidak stabil akibat kondisi politik yang tidak menentu membuat PT. Yang pada akhirnya kedua hal tersebut akan memengaruhi organisasi dalam hal cara pengelolaan organisasi. Unilever Indonesia juga bekerja sama dengan WHO. Salah satunya adalah kebijakan PT. Unilever Indonesia melalui produk Blue Band mengeluarkan program untuk meningkatkan gizi anak-anak yang kurang mampu di beberapa negara bekerja sama dengan UNICEF. Unilever Indonesia dipengaruhi pula oleh lingkungan Internasional. Unilever Indonesia akan membuat keputusan untuk menaikkan jumlah output produksi. 5. Unilever Indonesia untuk memberikan pengaruh positif terhadap organisasinya. Technological (Teknologi) Kekuatan teknologi digunakan PT. Pengaruh positif ini dapat berupa peningkatan jumlah produksi maupun peningkatan mutu produksi. . PT. Unilever Indonesia untuk mengurangi jumlah produksinya.

7. Unilever Indonesia untuk melakukan suatu inovasi agar produk-produk yang dihasilkannya dapat tetap dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Yaitu dengan dikeluarkannya produk sachet dari Sunlight dan Rinso. penjualan kedua produk tersebut meningkat dan cenderung stabil meski dalam keadaan ekonomi yang turun sekalipun.6. Unilever Indonesia dalam mengedukasi masyarakat untuk turut ambil bagian dalam upaya melestarikan lingkungan melalui penggunaan produk daur ulang di dalam aktivitas masyarakat sehari-hari. Economic (Ekonomi) Kondisi perekonomian Indonesia yang sempat menurun membawa PT. . Environment (Lingkungan) PT.

UNILEVER .STRATEGI FORMULASI PT.

Strategi Direksional 1. forward integration. Analisis portofolio Dalam BCG Matrix. sedangkan divisi Food and Ice Cream dianggap sebagai Cash Cows karena tingkat pertumbuhan penjualannya lebih rendah tapi mempunyai pangsa pasar yang relatif tinggi. Unilever Indonesia dapat memilih untuk melakukan strategi seperti market penetration. . market development. Strategi Diversifikasi B. di posisi Cash Cows. Dengan posisi Stars. Divisi Home and Personal Care dianggap sebagai Stars karena memiliki kontribusi pertumbuhan penjualan yang besar dengan pangsa pasar yang relatif besar juga. PT. Strategi Pertumbuhan 2. dapat mencoba melakukan strategi product development atau concentric diversification. STRATEGI KORPORASI A. backward integration. product development. horizontal integration.

Diferensiasi Produk Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru. Kepemimpinan Harga Rendah Dengan menjaga harga yang rendah dan rak-rak diisi dengan baik menggunakan sistim pengisian kembali persediaan yang melegenda melalui mili pada tempat pedagang eceran. 2. tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya. Berfokus Pada Peluang Pasar PT. . 3. Menguatkan Keakraban Pelanggan Dan Pemasok Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. 4. STRATEGI BISNIS 1. Unilever Indonesia dalam menjaga ke eksistensiannya di dalam persaingan global yang semakin meningkat melakukan promosi melalui media elektronik. Selain itu Unilever juga melakukan tanya jawab kepada para konsumen dan membuat suara konsumen tempat para konsumen mengeluh.

Sabun Lux buatan Rungkut. Jepang dan Australia. STRATEGI FUNGSIONAL 1. .Perusahaan merangkul keragaman dalam tenaga kerja. ice cream Wall’s dan teh SariWangi buatan Cikarang bisa ditemukan di ketiga negara ini. Strategi Manajemen Keuangan Strategi manajemen keuangan Unilever dilakukan melalui pendirian kantor pemasaran Unilever Indonesia ke berbagai negara seperti Singapura. menciptakan kemungkinan dan berkembang bersama-sama untuk bisnis yang lebih baik kinerjanya. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia • Mengembangkan SDM untuk Pertumbuhan • Keragaman • Memupuk Kepemimpinan • Membangun Budaya Wirausaha • Blue Umbrella – Prinsip Bisnis Unilever • Kepemimpinan – Menjalankan Nilai-nilai 3. merangkul perbedaan. 2. Strategi Manajemen Operasional Strategi Manajemen Operasional Unilever adalah penyertaan.

mengadakan event-event yang memasukkan produk- produk dari PT. Pemasaran Langsung . 4) Promotion Promosi strategi yang dapat dilakukan oleh PT. sponsorship. Hubungan Masyarakat dan Publisitas d. Strategi Manajemen Pemasaran 1) Product Dalam strategi pemasaran. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever menciptakan brand masing-masing pada setiap produk. Unilever Indonesia. Periklanan b. Penjualan Secara Pribadi e.4. Unilever yaitu: a. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak. 3) Place PT. Promosi Penjualan c. 2) Price Memberikan potongan harga langsung ditempat pembelian. promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Unilever Indonesia.

IMPLEMENTASI STRATEGI .

. 2. 4. World Food Program dari PBB dan Global Alliance for Improved Nutrition: Program Memerangi Kelaparan untuk membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band). Global Public-Private Partnership for Handwashing with Soap: Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun (Lifebuoy). Pogram Pelestarian Makanan Tradisional (Bango). FDI World Dental Federation: Program Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent). 3.PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) 1.

PEOPLE 1. 3. dilakukan di beberapa perusahaan operasional Unilever meliputi tiga area: Amerika. Afrika dan Eropa Tengah & Eropa Timur. dan Asia. Vindi Banga. Dibuat dan tindakan dikoordinasi oleh tim kepemimpinan Penanggungjawab Perusahaan. 2. perawatan pribadi dan perawatan rumah tangga. saus dan krim oles. . Tim ini terdiri dari pemimpin senior dari seluruh bisnis yang bertemu secara teratur dan dipimpin oleh anggota eksekutif Unilever. Vindi Banga. Isu. Tanggungjawab perusahaan diperjuangkan dan dipimpin oleh anggota dari Eksekutif Unilever. Kesinambungan. es krim dan minuman. Eropa Barat. Kategori ini antara lain rempah-rempah. Strategi pengembangan sosial dan lingkungan adalah bertanggungjawab pada empat kategori produk dan tim brand global mereka. dan Kemitraan (CRISP). Eksekutif Unilever ini bertanggungjawab pada kepemimpinan operasional dalam usaha.

BUDGET Strategi PT. perusahaan tetap fokus pada inti bisnis yang selama ini dijalankan. Perusahaan akan menargetkan pertumbuhan yang konservatif dan tidak terlalu jauh dari pertumbuhan bisnis tahun- tahun sebelumnya. Unilever Indonesia menyatakan untuk ke depan. . Perusahaan belum berencana untuk melakukan akuisisi lagi merek- merek dagang lain.

EVALUASI .

Rapat bulanan ini hanya diikuti oleh para pelaksana program.Yayasan Unilever Indonesia selalu mengadakan rapat tahunan yang diikuti oleh Board of Directors hingga para pelaksana program untuk mengevaluasi program CSR PT. dilakukan monitoring dengan mekanisme laporan rutin dari lapangan dan evaluasi melalui rapat internal antara Environment Program Manager. Evaluasi tahunan JGC (Jakarta Green and Clean) dilaksanakan melalui rapat dengan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program (tim motivator dan para mitra). Environment Program officers. Evaluasi ini untuk mengetahui progress dan kendala di setiap wilayah. Sementara untuk program JGC (Jakarta Green and Clean). . dan tim motivator tiap dua minggu sekali. Sedangkan rapat evaluasi dengan para mitra pelaksana JGC (Jakarta Green and Clean) dilaksanakan setiap bulan. Unilever Indonesia. tiap bulan diadakan rapat bulanan untuk mengevaluasi program yang sedang berjalan. Di samping itu.

Related Interests