ASSALAMUALAIKUM WR.

WB

REKAYASA GENETIKA BUAH TANPA BIJI Listiyani Puspa Widasari Lusi Haerunisa Makky M Resti Winda Putri Royan Almasih Salma Armelia S Yuni Kulsum .

PEMBAHASAN Latar Belakang Rekayasa Genetika Manfaat Rekayasa Genetika Pengertian Kelemahan & Kelebihan Rekayasa Genetika Rekayasa Genetika Prosedur Metode Rekayasa Genetika Genetika Partenokarpi .

Hasil organisme yang telah mengalami rekayasa genetika. 2007). Dengan teknik DNA rekombinan sekarang. para ahli telah mulai lagi mengembangkan bioteknologi dengan memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah melalui penelitian. . Rekayasa Genetika atau DNA Rekombinan dapat didefinisikan sebagai pembentukan rekombinasi baru dari material yang dapat diturunkan dengan cara penyisipan DNA dari luar kedalam suatu wahana (vektor tertentu) sehingga memungkinkan penggabungan dan kelanjutan berkembang baru. Latar Belakang Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. disebut transgenic (Shanty. yang dilakukan melalui pemindahan atau transfer sebuah atau lebih gen antara species yang sama atau yang berbeda itu. Dalam bioteknologi modern orang berupaya dapat menghasilkan produk secara efektif dan efisien. ada kemungkinan untuk menumbuhkan setiap segmen dari setiap DNA pada bakteri.

Rekayasa genetika (Ing. genetic engineering) dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk ke-pentingan manusia. . Pengertian Rekayasa Genetika Rekayasa Genetika adalah teknik yang dilakukan manusia mentransfer (memindah-kan) gen (DNA) yang dianggap menguntung-kan dari satu organism kepada susunan gen (DNA) dari organism lain.

Pemurnian DNA = DNA cara. DNA dapat berasal dari total genom organisme yang diinginkan 3. .Prosedur rekayasa genetika dengan menggunakan mikroorganisme adalah sebagai berikut: 1. 2. yaitu cara genetic. hibridasi asam nukleat dan immunokimia. DNA dibuat secara invitro dari nukleotida dan enzim polimerase DNA.

Pemindahan gen/transfer DNA pada sel vector yang sesuai:transfer DNA ke bakteri yang hidup (cloning vector : plasmid.5. Supaya lebih stabil dikaitkan dengan enzim yang disebut T-4 DNA ligase. 6. bakteriofage atau kosmid). Penyambungan ini menggunakan enzim ligase. Pemecahan DNA : molekul DNA yang besar dipecah dengan menggunakan gelombang ultrasonic. Molekul DNA disebut sebagai vector. . maka akan dijumpai fragmen random. Contoh endonuklease restriksi adalah Hind II. Bam H1 dan Eco RI. Dengan menggunakan enzim khusus bagi fragmen DNA seperti endonuklease restriksi akan diperoleh DNA intermolekuler dan intramolekuler atau hanya akan didapatkan urutan fragmen DNA dengan urutan tertentu.

meningkatan kandunagn gizi.7. Memasukkan DNA rekombinan/kimera DNA ke dalam sel inang. peningkatan mutu produk supaya tahan terhada serangan virus yang menyerang. 8. . serta dapat meningkatkan perkembangan kualitas produk dari hewan terrsebut (Kompas. tahan terhadap serangan penyakit tertentu (serangga. atau virus). Identifikasi/penapisan dan seleksi DNA yang baru diperoleh dari cirri klon rekombinan. Untuk menyeleksi DNA baru hasil rekombinan agar sesuai dengan yang diinginkan dapat dilakukan dengan tiga produk. 2005). bakteri. jamur.

Pada saat bunga mekar di lakukan dengan tehnik menyemprotkan hormon giberellin yang di sebut dengan genetika partenokarpi pardal. sinar radiasi. 2016). dan menggunakan penyemprotan giberelin yang dilakukan pada bunga buah. . Tekhnik Penciptaan Buah batu Tanpa Biji Beberapa cara telah dilakukan untuk teknik penciptaan buah tanpa biji diantaranya yaitu dengan teknologi penyilangan tanaman 2N dan 4N hingga menghasilkan tanaman triploid yang seedless.Giberellin 20-oxidase yang diekspresikan pada bagian polen (serbuk sari) sebelum polinasi (di bawah kontrol promoter spesifik bagian polen).

Buah tanpa biji dapat diproduksi dari tanaman triploid dengan menyilangkan tanaman tetraploid dengan diploid. zat kimia/ antibiotika dan pengaturan lingkungan/tanaman (Sukamto. rekayasa genetika atau perlakuan tanaman diploid dengan ZPT. 2011). kultur endosperma secara in vitro/ radiasi benangsari. . stress benangsari.

namun bukanlah satu-satunya. Gejala ini menunjukkan bahwa pembuahan merupakan salah satu. Menurut Purnamaningsih (2008) bahwa buah partenokarpi bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas yang lebih baik. Bunga akan secara alami memproduksi hormone buah. yang diperlukan untuk mengawali proses pembentukan buah. partenokarpi (harafiah berarti "buah perawan") merupakan gejala terbentuknya buah tanpa melalui proses pembuahan inti generatif terhadap sel telur. pemicu pembentukan buah. Genetika Partenokarpi Partenokarpi adalah proses terbentuknya buah tanpa biji karena tidak terjadi penyerbukan sehingga tidak ada pembuahan. .

pir. beku malam (frost) terjadi pada buah pir. ara. seperti pada jeruk. Pengaruh lingkungan secara alami terutama karena cuaca. ketimun. Nitsch (1952) membagi dalam dua golongan berdasarkan penyebab terjadinya partenokarpi. yaitu partenokarpi karena pengaruh genetik dan lingkungan. yaitu kabut yang hebat pada bulan Juni menyebabkan buah zaitun tidak berbiji. suhu rendah pada musim gugur terjadi pada terong). kesemek. anggur. pisang . Pengaruh genetik dapat terjadi secara alami. suhu rendah pada musim dingin bulan Desember pada buah tomat juga karena penyerbukan oleh tepungsari asing atau serangga .

. yaitu obligator dan fakultatif. dan manggis. tomat. Partenokarpi Alami Partenokarpi dapat terjadi secara alami (genetik) pada beberapa jenis tanaman saja (terbatas). misalnya pada pisang (triploid). Partenokarpi disebut obligator apabila terjadi secara alami (genetik) tanpa adanya pengaruh dari luar. Partenokarpi dapat dibedakan menjadi dua tipe.

Partenokarpi Buatan • Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh • Manipulasi Ploidi (Alteration in Chromosomes Number) • Metode DNA Rekombinan (Rekayasa Genetika) .

Giberellin 20-oxidase yang diekspresikan pada bagian polen (serbuk sari) sebelum polinasi (di bawah kontrol promoter spesifik bagian polen). . Kemudian bunga tersebut ditutup dengan kapas lalu ditetesi dengan zat tumbuh seperti IAA atau GA.Pertumbuhan biji akan terhambat.Metode Pembentukan Buah Jambu batu Tanpa Biji Buah partenokarpi dapat dibuat dengan memotong benang sari pada bunga yang siap mekar. Namun kelemahannya buah yang di hasilkan akan kecil- kecil. 2009). Jambu batu tanpa biji. Penetesan IAA atau GA dilakukan setiap hari sampai tampak adanya perubahan secara morfologi (Anonim. sehingga dalam bunga itu hanya terdapat putik saja.bisa diperoleh dengan menyemprotkan hormon giberellin pada bunga buah.

Pembentukkan Buah Partenokarpi Pada Jambu Biji (Lambo Guava) .

hingga rekayasa genetika. Juga sangat membantu untuk mendapatkan sifat yang di inginkan dengan bermacam variasi (Kasper.Termasuk kelemahan teknologi rekayasa genetika memerlukan biaya yang sangat tinggi. 2000).membawa dampak negative antara lain pencemaran organik memerlukan biaya yang sangat tinggi. Kelemahan dan kelebihan Rekayasa genetika Kelemahan teknologi rekayasa genetika Selain membawa dampak kurangnya zat gizi bagi ketersediaan makanan. . termasuk pada produksi benih transgenik. menjadi sedikit sulit untuk diterapkan pada tanaman buah. Hingga rekayasa genetika. Kelebihan rekaysa genetika yaitu meningkatan hasil pertanian dan gizi produk makanan dan minuman Melestarikan hewan dan tumbuhan melalui kultur jaringan Memproduksi obat-obatan dengan cara rekayasa genetika. menjadi sulit untuk diterapkan pada tanaman buah. termasuk pada produksi benih transgenik.

menginduksi sel untuk membuat bahan-bahan yang sebelumnya tidak pernah dibuat (Edi. • Untuk menukar gen dari satu organisme kepada organisme lainnya . • Untuk menggembangkan tanaman – tanaman pertanian yang bersifat unggul namun secara praktis.Manfaat dari Rekayasa Genetika yaitu : • Untuk mengurangi biaya dan meningkatkan penyediaan sejumlah besar bahan yang sekarang di gunakan di dalam pengobatan. pertanian dan industri. 2014) .

dan menggunakan penyemprotan giberelin yang dilakukan pada bunga buah yaitu pada saat bunga mekar.Pertumbuhan biji akan terhambat. Jambu air tanpa biji. Rekayasa genetika disebut juga pencangkokan gen atau rekombinasi DNA. . Rekayasa genetika merupakan suatu cara memanipulasikan gen untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan sifat yang diinginkan. sinar radiasi. Beberapa cara telah dilakukan untuk teknik penciptaan buah tanpa biji diantaranya yaitu dengan teknologi penyilangan tanaman 2N dan 4N hingga menghasilkan tanaman triploid yang seedless. Dalam rekayasa genetika digunakan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. kesimpulan Rekayasa Genetika atau DNA Rekombinan dapat didefinisikan sebagai pembentukan rekombinasi baru dari material yang dapat diturunkan dengan cara penyisipan DNA dari luar kedalam suatu wahana (vektor tertentu) sehingga memungkinkan penggabungan dan kelanjutan berkembang baru.bisa diperoleh dengan menyemprotkan hormon giberellin pada bunga buah. Giberellin 20-oxidase yang diekspresikan pada bagian polen (serbuk sari) sebelum polinasi (di bawah kontrol promoter spesifik bagian polen).