Kelompok 8

REPRODUKSI DAN
PERTUMBUHAN PADA
MIKROORGANISME
ADELIA MAISYURA SH PO 7139016 001
A N N I S A I N TA N S A R I PO 7139016 005
CUT PUTRI BALQIS PO 7139016 008
M I F TA H U L J A N N A H PO 7139016 022
SARLIANI PO 7139016 033

Apa itu reproduksi dan pertumbuhan
mikroorganisme ?
Reproduksi mikroorganisme adalah suatu proses biologis suatu
individu untuk menghasilkan individu baru yaitu mikroorganisme
baru.
Pertumbuhan mikroorganisme adalah proses bertambahnya
ukuran,bentuk serta volume yang diiringi dengan proses menuju
kedewasaan pada mikroorganisme.

konjugasi. Kedua. Reproduksi terbagi menjadi 2 cara : Pertama.transduksi. aseksual yaitu pembelahan biner pada bakteri.seksual yaitu transformasi. .

sel induk membelah menjadi 2 sel anak.dimana dari satu sel bakteri dapat dihasilkan 2 sel . Pembelahan biner Pembelahan biner. Ciri khas reproduksi bakteri adalah pembelahan biner(binary fussion). kemudian masing- masing sel anak akan membentuk 2 sel anak lagi dan seterusnya sehingga jumlahnya akan semakin berlipat ganda atau disebut n². .Reproduksi aseksual pada bakteri 1.

sitoplasma terbelah oleh sekat yang tumbuh tegak lurus.terpisahnya kedua sel anak yang identik.tumbuhnya sekat akan diikuti oleh dinding melintang. Fase 3. . Tahap pembelahan biner Fase 1. Fase 2.

kecepatan pembelahan sel di tentukan dengan waktu generasi.bervariasi tergantung dari spesies dan kondisi pertumbuhan.Waktu generasi pembelahan sel biner Dalam pembelahan sel biner. . Waktu generasi adalah waktu yang dibutuhkan oleh sel untuk membelah.

0 Rhodopseudomonas Spheroides 2.0 Bakteri Fotosintetic: Chlorpseudomonas Ethylicum 7.80 Treponema Pallidum 34.4 Rhodospirillum Rubrum 5.58 E.0 .Waktu generasi pada beberapa jenis mikroorganisme KELOMPOK MIKROBA WAKTU GENERASI(jam) Bakteri hetrotrofik: Bacillus Megaterium 0.28 Rhizobium Meliloti 1.Coli 0.

. tapi tidak terjadi melalui kontak langsung yaitu cara bakteri menularkan sifatnya ke bakteri lain. Transformasi pemindahan sebagian materi genetika dari satu bakteri ke bakteri lain pada poses ini DNA bebas sel bakteri donor akan mengganti sebagian dari sel bakteri penerima.Reproduksi seksual pada bakteri 1.

. selama proses ini.2.Pembentukan transduksi pemindahan sebagian materi genetic dari sel bakteri satu ke bakteri lain dengan perantara virus(bakteriofage).kepingan ganda DNA dipisahkan dari sel bakteri donor ke sel bakteri penerima oleh bakteriofage.

.3.konjugasi Pemindahan bahan genetic dari suatu sel bakteri yang bertindak sebagai donor kepada sel bakteri yang bertindak sebagai resipien. Bahan genetic yang dipindahkan dari bakteri donor akan bergabung dengan bahan genetic bakteri resipiens sehingga terjadi perubahan sifat.

Fase-fase pertumbuhan mikroorganisme Ada 4 fase kurva pertumbuhan mikroorganisme. Fase stationer 4. yaitu : 1. Fase lag 2. Fase kematian . Fase log 3.

yaitu : 1.Fase Lag/Adaptasi Fase ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan disekitarnya.1.Medium dan lingkungan pertumbuhan 2.lama fase adaptasi ini dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain.Jumlah inokulum .

Fase ini kecepatan pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh medium tempat tumbuhnya seperti Ph dan kandungan nutrient. b. .2. Nutrien didalam medium sudah berkurang. Akhir fase log kecepatan pertumbuhan populasi menurun dikarenakan : a. Hasil metabolism yang mungkin beracun/menghambat pertumbuhan mikroba.Fase log/pertumbuhan eksponansial Fase ini merupakan fase pertumbuhan yang sebenarnya yang dimana mikroba membelah dengan cepat dan konstan mengikuti kurva logaritmik.kondisi lingkungan termasuk suhu dan kelembaban udara.

Fase stationer Fase ini jumlah populasi sel tetap Karena jumlah sel yang tumbuh sama dengan jumlah sel yang mati hal ini disebabkan Karena mulai menipisnya jumlah nutrisi dalam medium yang ditempati. Ukuran sel pada fase ini menjadi lebih kecil Karena sel tetap membelah meskipun zat-zat nutrisi sudah habis .3.

Fase Kematian Sebagian populasi mikroba mulai mengalami kematian Karena beberapa sebab : a.Energi cadangan didalam sel sudah habis Kecepatan kematian bergantung pada kondisi nutrient lingkungan dan jenis mikroba.4. .Nutrien didalam medium sudah habis b.

Ciri-ciri dari setiap fase pertumbuhan mikroba .

Kurva pertumbuhan mikroba .

Tekanan osmosis 2.Nutrisi b.Factor fisika a.Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme Factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme terbagi menjadi dua factor. yaitu : 1. Temperatur b.Factor kimia a.media . Ph c.

Penurunan dan peningkatan pH akan mempengaruhi kecepatan reaksi kimia. 2001)... 2011).pH Aktivitas metabolisme mikroorganisme menghasilkan sisa buangan seperti asam hasil degradasi karbohidrat. . air akan masuk ke dalam sel yang dapat menyebabkan lisis (Cappuccino dkk. air akan keluar dari dalam sel sehingga membran plasma akan mengkerut dan lepas dari dinding sel (plasmolisis). 2011).Temperatur temperatur optimum merupakan temperatur pada saat pertumbuhan terbaik mikroorganisme. b..Factor fisika a. 1. Pada larutan hipertonik. Sedangkan dalam larutan hipotonik. Pada temperatur yang sangat tinggi akan terjadi denaturasi protein sedangkan pada temperatur yang sangat rendah aktivitas enzim akan berhenti (Tortora dkk. c. dan alkali hasil pemecahan protein yang dapat mempengaruhi pH lingkungan. Tekanan osmosis Osmosis merupakan pergerakan molekul air (pelarut) melalui membran semipermeabel dari konsentrasi larutan yang tinggi ke konsentrasi rendah. Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan enzim seluler yang dapat mengganggu pertumbuhan (Cappuccino dkk.

Nutrisi media 1.Faktor kimia a. Mikroelemen 6. sulfur 4. Karbon 2. Kebutuhan oksigen .2. Nitrogen 3. Fosfor 5. vitamin b.