UTS

MATERIAL KERAMIK DAN
GELAS
KELOMPOK 2

DIKI RUSTIAN 3334-14-0270 3. MARIA EVALIN LASE 3334-14-0486 5. ASRI NURFAIZA SUWIRMAN 3334-14-1114 2.ANGGOTA : 1. MOCHAMAD KAMAL IHSAN 3334-14-1328 6. TRI AGUNG LAKSONO 3334-14-0267 . FAIRUZ BAHAR 3334-14-0490 4.

Mechanism Plastic Deformation . Sifat-sifat ini bersama dengan kerapatan yang rendah dan juga titik lelehnya yang tinggi. keras dan juga tahan korosi. partikel-partikelnya tidak mudah bergeser sehingga keramik dengan mudah putus bila gaya yang terlalu besar diterapkan. Keterbatasan utama keramik adalah kerapuhannya.JELASKAN DEFINISI DAN TEORI TENTANG MASING- MASING SIFAT KERAMIK a) Sifat Mekanik Keramik Keramik merupakan material yang kuat.Stress-Strain Behavior .Miscellaneous Mechanical -iiiConsideration . yakni kecenderungan untuk  patah tiba-tiba dengan deformasi plastik yang sedikit. Sifat mekanik keramik meliputi: .Brittle fracture . karena kombinasi ikatan ion dan kovalen.

b) Sifat Optik Keramik Merupakan respon suatu material terhadap paparan gelombang elektromagnetik. seperti gelas. Bahan bervariasi dalam kemampuan untuk mentransmisikan cahaya. disebut bahan translusen. Material yang transparan. mentransmisikan cahaya dengan difusi. Sifat Optik Keramik meliputi : a) Absorption b) Transmission c) Scattering d) Opacity . ataudipantulkan. dan biasanya dideskripsikan sebagai transparan. radiasi. khususnya untuk range cahaya tampak. Bila cahaya mengenai suatu obyek cahaya dapat ditransmisikan. atau opaque. translusen. diabsorbsi. seperti gelasterfrosted.

Ferromagnetik . Sifat magnetik pada keramik terbagi menjadi 3. Bahan ini menunjukkan induksi magnetik spontan meskipun medan magnet luar yang diberikan dihilangkan. merupakan oksida yang disusun oleh hematit (α-Fe2O3) sebagai komponen utama.Paramagnetik . yaitu : .c) Sifat Magnetik Keramik Bahan keramik yang bersifat magnetik umumnya merupakan golongan ferit.Antiferromagnetik .

atau kelistrikan tekan. sehingga dalam keramik. Energi termal juga akan mempromosikan elektron ke pita konduksi. Elektron valensi dalam keramik tidak berada di pita konduksi. keramik jenis baru. keramik yang disebut sebagai piezoelektrik dapat menghasilkan respons listrik akibat tekanan mekanik atau sebaliknya. konduktivitas meningkat (hambatan menurun) dengan kenaikan suhu. Beberapa keramik memiliki sifat piezoelektrik.  Keramik lain menghantarkan elektron bila energi ambangnya dicapai dan oleh karena itu disebut semikonduktor. Beberapa isolator keramik (seperti BaTiO 3) dapat dipolarisasi dan digunakan sebagai kapasitor. konduktivitas keramik dapat ditingkatkan dengan memberikan ketakmurnian. Bahan jenis ini di bawah suhu kritisnya memiliki hambatan = 0.sehingga sebagian besar keramik adalah isolator. jadi bahan tersebut mengubah tekanan mekanis menjadi tegangan listrik. yang ditemui pada mikrofon. Keramik dikenal sangat baik sebagai isolator. Contoh dari Sifat listrik keramik yaitu : 1.d) Sifat Listrik Keramik Sifat listrik bahan keramik sangat bervariasi. yakni superkonduktor temperatur kritis tinggi ditemukan. Ferroelektrik . Sifat ini merupakan bagian bahan “canggih” yang sering digunakan sebagai sensor. Dalam bahan piezoelektrik. Namun. dan sebagainya. penerapan gaya atau tekanan dipermukaannya akan menginduksi polarisasi dan akan terjadi medan listrik. Piezoelektrik 2.  Akhirnya. Bahan piezoelektrik digunakan untuk tranduser. Tahun 1986.

Kapasitas panas bahan adalah kemampuan bahanuntuk mengabsorbsi panas dari lingkungan.e) Sifat Termal Keramik Sifat termal penting bahan keramik adalah kapasitas panas. Jadi getaran-getaran atom-atomnya akan berfrekuensi tinggi dan karena ikatannya kuat maka getaran yang besar tidak akan menimbulkan gangguan yang terlalu banyak padakisi kristalnya. Keramik amorf yang mengandung banyak cacat kristal menyebabkan fonon selalu terhambur sehingga keramik merupakan konduktor panas yang buruk. Mekanisme hantaran panas oleh elektron. Vibrasi atom akan mempengaruhi gerakan atom-atom lain di tetangganya dan hasilnya adalah gelombang yang bergerak dengan kecepatan cahaya yakni fonon. Hantaran panas dalam padatan melibatkan transfer energi antar atom-atom yang bervibrasi. dan konduktivitas termal. yang dominan pada logam. tidak dominan di keramik karena elektron di keramik sebagian besar terlokalisasi. Panas yang diserap disimpan oleh padatan antara lain dalam bentuk vibrasi (getaran) atom/ion penyusun padatan tersebut. koefisien ekspansitermal. . Keramik biasanya memiliki ikatan yang kuat dan atom-atom yang ringan.

BERIKAN 5 CONTOH SENYAWA DAN STRUKTUR KRISTALNYA 1. CaF2 3. NaCl 2. CsCl 5. ZnS 4. SiO2 .

NaCl. ZnS. terpaksa mentransmisikan cahaya. dan CaCl . material material yang menyerap seperti cahaya.JELASKAN SIFAT OPTIK SENYAWA TERSEBUT DARI STRUKTUR KRISTALNYA 1. dan CaCl yang dilalui. menyimpang dari lintasan lurus Kristal dengan Opacque paling dengan satuatau lebih jalur karena besar berurutan yaitu : ketidakseragaman dalam medium CaF2. NaCl. Scattering 2. atau partikel (absorbsi) cahaya dan tidak yang bergerak. ZnS. suara. Kristal dengan Scattering paling besar berurutan yaitu : CaF2. Opaque Merupakan proses fisik umum di Merupakan kemampuan suatu mana beberapa bentuk radiasi. SiO2. SiO2.

atau ion mentransmisikan cahaya dan tidak memasuki suatu fase limbak (bulk) menyerapnya sehingga biasa lain yang bisa berupa gas. cairan. dan CaCl dan CaF2 . NaCl. CaF2. Absorption 4. ataupun padatan. dan CaCl. ZnS. disebut material transparan. SiO2. molekul. Kristal dengan Transmission paling Kristal dengan Absorption paling besar berurutan yaitu : besar berurutan yaitu : NaCl. ZnS. Transmission Merupakan suatu fenomena fisik Merupakan kemampuan suatu atau kimiawi atau suatu proses material material yang sewaktu atom.JELASKAN SIFAT OPTIK SENYAWA TERSEBUT DARI STRUKTUR KRISTALNYA 3. SiO2. NaCl.

Fiber Optics 3. Material Electrooptic and Acoustooptic 4.KEGUNAAN KERAMIK TERSEBUT BERDASARKAN SIFATNYA DAN CONTOH APLIKASINYA Kegunaan keramik berdasarkan sifat optiknya dapat kita lihat pada penggunaan : 1. Laser 2. Night Vision .