DIFUSI

OSMOSIS
OLEH
KELOMPOK VI

KELOMPOK 6 MARHAMA SAHLIN KHUSNUL KHOTIMAH TITIN EKAYANTI VALERIA DEWI SARTIKA ERNITA .

WHAT THE MEANING OF DIFFUSION? Difusi adalah proses dimana zat ditransfer dari daerah konsentrasi tinggi ke daerah konsentrasi rendah melalui gerakan molekul secara acak .

MEKANISME DIFUSI DIFUSI DIFUSI SEDERHANA DIFASILITASI MELIBATKAN LARUT DALAM PROTEIN LEMAK TRANSFORTER .

.

.

PROSES DIFUSI ANALOG DENGAN HUKUM FICK 1 DIFUSI FLUKS DARI KONSENTRASI TINGGI KE KONSENTRASI RENDAH BERBANDING LURUS DENGAN GRADIEN KONSENTRASI SUBSTANSI DAN DIFUSIVITAS SUBSTANSI PADA MEDIUM .

JARAK 5. UKURAN PARTIKEL 2. LUAS SUATU AREA 4.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIFUSI 1. KETEBALAN MEMBRAN 3. SUHU .

OSMOSIS PERPINDAHAN MOLEKUL- MOLEKUL PELARUT DARI KONSENTRASI PELARUT TINGGI KE KONSENTRASI PELARUT YANG LEBIH RENDAH MELALUI MEMBRAN DIFERENSIAL PERMEABEL .

SIFAT LARUTAN SEBAGAI PENENTU OSMOSIS HIPERTONIK HIPOTONIK ISOTONIK .

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA OSMOSIS 11 UKURAN ZAT UKURAN ZAT 22 TEBAL MEMBRAN TEBAL MEMBRAN 33 KETERLARUTAN LIPID KETERLARUTAN LIPID 44 SUHU SUHU 55 LUAS PERMUKAAN MEMBRAN LUAS PERMUKAAN MEMBRAN .

FILTRASI OSMOTIK PENTING DALAM MENCEGAH KERUSAKAN SEL PENTING DALAM MENCEGAH KERUSAKAN SEL . GLUKOSA DAN GARAM DIPERTAHANKAN GLUKOSA DAN GARAM DIPERTAHANKAN DALAM TUBUH. FILTRASI OSMOTIK DALAM TUBUH. AIR MENGALIR MELALUI MEMBRAN PLASMA SEL MENGALIR MELALUI MEMBRAN PLASMA SEL DAN KARENA KONSENTRASI OSMOSIS AIR. DAN KARENA KONSENTRASI OSMOSIS AIR. CONTOH PERISTIWA OSMOSIS GARAM DAN MINERAL DARI AIR YANG GARAM DAN MINERAL DARI AIR YANG DITRANSFER MELALUI OSMOSIS. JADI. AIR DITRANSFER MELALUI OSMOSIS. JADI.

.

.

WASSALAM GAES .

karena gula merupakan larutan hipertonis. Sedangkan pada larutan hipotonik. sebab jika sel pecah tidak akan terjadi perpindahan molekul dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. sebagian besar molekul air terikat (tertarik) ke molekul gula (terlarut). Oleh sebab itu. Apakah gula juga mengalami osmosisi?  Jawab: gula mengalami proses osmosis. Larutan hipotonik adalah suatu larutan dengan konsentrasi zat terlarut lebih rendah (tekanan osmotik lebih rendah) dari pada yang lain sehingga air bergerak ke dalam sel. memiliki lebih banyak molekul air yang bebas (tidak terikat oleh molekul terlarut). pada larutan hipertonik. Seperti yang diketahui bahwa osmosis hanya akan terjadi jika terdapat pelarut dan larutan. tekanan osmotik menyebabkan jaringan mengalirkan air ke dalam sel. sehingga lebih banyak molekul air yang melewati membran .  2. Dalam hal ini sel mengalami lisis. Peristiwa ini terjadi karena proses osmosis. Apabila selnya pecah. apakah proses osmosis akan berhenti?  Jawab: proses osmosis akan berhenti. Keadaan demikian akan memecah sel tersebut. Dengan menempatkan sel dalam lingkungan hipotonik. Sel yang mempunyai sitoplasma pekat bila berada dalam kondisi hipotonk akan kemasukan air hingga tekanan osmosis dalam sel akan menjadi tinggi. dalam osmosis aliran netto molekul air adalah dari larutan hipotonik ke hipertonik. sehingga menyebabkan sel pecah dan tidak berfungsi. . namun jika tempat larutan tersebut pecah sudah jelas bahwa peristiwa osmosis tidak akan terjadi. Contohnya apabila kentang direndam dalam larutan gula maka massa dari kentang tersebut akan berkurang akibat perpindahan air secara osmosis dari sel-sel kentang yang hipotonis. Dalam proses osmosis. Lisis artinya hancurnya sel karena robeknya membran plasma. sehingga hanya sedikit molekul air yang bebas dan bisa melewati membran.Pertanyaan  1.