PENILAIAN KENAIKAN KELAS

TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017

Mata Pelajaran : Teknologi Mekanik
Kelas : X TKR
Hari / tanggal: DELASA, 16 MEI 2017
Waktu : 75 menit

Lanjut …

PETUNJUK SOAL
A. Soal pilihan ganda :
1. Soal pilihan ganda terdiri dari 25 soal dengan 5 option jawaban
2. Pilihlah salah satu jawaban dengan menuliskan option jawaban
pada lembar jawaban yang disediakan
3. Durasi waktu setiap soal adalah 2 menit
4. Soal akan automatis berganti jika sudah 2 menit dan tidak ada
pengulangan soal

B. Soal Uraian :
1. Jumlah soal 5 dengan durasi tiap soal adalah 5 menit, sehingga
keseluruhan maksimal 25 menit
2. Kerjakanlah dengan hati-hati pada lembar jawaban yang
disediakan
Apakah sudah siap?
Mulai …

1. Suatu aktifitas membandingkan suatu besaran yang
belum diketahui nilainya terhadap Besaran lain yang
sudah diketahui nilainya disebu...
a. Pengukuran
b. Penelitian
c. Penekanan
d. Pembandingan

. Alat ukur tekanan/torsi c. a.2.. Alat ukur putaran d. Pengelompokkan alat ukur dibawah ini yang benar. kecualil. Alat ukur listrik . Alat ukur jarak b..

Alat ukur jarak b.3. Alat ukur tekanan/torsi c. Alat ukur putaran d. Alat ukur listrik . a. Peralatan yang biasa dipergunakan untuk mengukur jarak yaitu….

a. Filler gauge b.4. Jangka sorong . Multimeter d. Tachometer mekanik c. Berikut ini contoh alat ukur jarak yang benar yaitu ….

Multimeter . Tire gauge b. Berikut ini contoh alat ukur putaran yang benar yaitu…. a. Filler gauge c. Tachometer mekanik d.5.

Multimeter . Filler gauge c. Tire gauge b. Berikut ini contoh alat ukur tekanan yang benar yaitu….6. Tachometer mekanik d. a.

Tire gauge b.7. a. Berikut ini contoh alat ukur listrik yang benar yaitu …. Tachometer mekanik d. Filler gauge c. Jangka sorong .

Mistar geser c.8. Tire gauge d. a. Filler gauge b. Dibawah ini yang bukan termasuk alat ukur jarak yaitu…. Jawaban A dan B. benar .

a.9. Mistar baja d. Filler gauge c. Multimeter . Tire gauge b. Untuk mengukur gerak bebas (freeplay) pada komponen sepeda motor digunakan ….

31. 33. 31.9 mm . a.7 mm d.10.8 mm c. 31. Hasil pengukuran jangka sorong dibawah ini adalah….7 mm b.

Multimeter digital dan multimeter mekanis c. a. Multimeter analog dan multimeter mekanis b.11. Multimeter analog dan multimeter digital . Multimeter jangka dan multimeter digital d. Multimeter dibagi dua yaitu….

Kelebihan multimeter digital adalah…. Tidak memiliki jarum penunjuk d. Hasil pengukuran memerlukan penghitungan .12. a. Tidak memiliki range selector c. Hasil pengukuran bisa langsung di baca b.

a. Perawatan alat ukur mekanik yang tepat dibawah ini adalah…. Dicuci menggunakan sabun . Disimpan di tempat yang sangat tinggi b.13. Alat dibersihkan kembali sebelum disimpan dari kotoran d. Setelah praktek langsung disimpan kembali dengan rapih c.

14. Tegangan c. Tahanan d. Arus b. Potensial . a. Banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu disebutl ….

15. Listrik d. Tegangan b. Tahanan c. Suatu komponen elektronik yang memberikan hambatan terhadap perpindahan elektron (muatan negatif) disebut…. Potensial . a.

Mengelas d. a. Pelindung mata atau kacamata digunakan untuk melindungi mata dari bahaya. Mengampelas .16. Mengikir b. Pekerjaan yang wajib menggunakan peralatan pelindung ini adalah…. Mengecat c.

17. Pertolongan Pertama Pada Korban d. Penanggulangan Pertama Pada Kecelakaan . Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan c. a. Penanganann Pertama Pada Kecelakaan b. kepanjangan dari P3K yaitu …. Salah satu penanggulangan kecelakaan di tempat kerja adalah penyediaan P3K.

Menyediakan pelatihan c. Pengawasan dan pemeliharaan d. a. kecuali ….18. Dalam menerapkan langkah-langkah pengendalian. Penanganan kecelakaan . diantaranya ada beberapa hal yang harus dilaksanakan. Mengembangkan prosedur kerja b.

Kotak P3K d. kecuali…. Petugas P3K b.19. Ruang lingkup Keselamatan Kerja pada Pelaksanaan P3K meliputi. a. Petugas keamanan c. Obat-obatan dalam kotak P3K .

d. a... . Untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja.20. Untuk memberi himbauan pentingnya keselamatan di setiap tempat kerja. Pengertian K3L adalah. Untuk menjaga ketentraman tenaga kerja di tempat kerja. c. Untuk menjaga keselamatan tenaga kerja. b.

a. Alat pelindung diri yang berfungsi sebagai pelindung badan dari percikan api adalah….21. Safety Shoes b. Katelpak c. Ear Plug d. Seragam .

b. a.22. . c. d. Pelindung diri ketika terjadi kebakaran. Pelindung diri ketika pekerja berada di tempat ketinggian. Safety Belt atau yang disebut dengan sabuk pengaman berfungsi untuk…. Melindungi diri dari sengatan listrik. Melindungi diri dari kepanasan.

.23. . . a. d. Gambar di bawah ini yang disebut dengan respirator adalah…. c. . . b.

kecuali …. Orang tua d. Bagian keamanan b.24. Pihak yang bertanggung jawab terhadap K3L di lingkungan sekolah. a. Pimpinan c. Guru .

Berikut ini merupakan Undang-Undang yang memuat tentang Keselamatan Kerja….1 Tahun 1970 . a.1 Tahun 1977 d. UU No. UU No.2 Tahun 1977 c. UU No. UU No.1 Tahun 1971 b.25.

Sebutkan Macam-macam kecelakaan kerja beserta uraiannya! .SOAL ESSAY NEXT 1.

Jelaskan fungsi dari beberapa alat pelindung diri di bawah ini: a. Safety Helmet .SOAL ESSAY BACK NEXT 2. Respirator c. Wearpak/Katelpak b.

10.01) ? .SOAL ESSAY BACK NEXT 3. Berapa hasil pengukuran yang ditunjukkan pada gambar alat ukur micrometer dibawah ini (ketelitian 0.

Berapa hasil pengukuran yang ditunjukkan pada gambar alat ukur jangka sorong dibawah ini (ketelitian 0.1) ? .SOAL ESSAY BACK NEXT 4.

Apa yang disebut dengan alat ukur presisi ? dan sebutkan contohnya ! .SOAL ESSAY BACK 5. 5.