BY PRIMERA CLINICA

 PMS = IMS  berganti – ganti pasangan (vagina. oral/anal)  Penyebaran melalui darah. cairan vagina atau pun cairan tubuh lainnya . sperma.

.Bahaya Penyakit Menular Seksual Penyakit menular seksual menyebabkan infeksi saluran reproduksi yang harus dianggap serius.

BERIKUT BEBERAPA PENYAKIT MENULAR SEKSUAL YANG UMUM TERJADI: .

 Penyakit menular seksual yang sangat berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. c) Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah berhubungan seksual. . penyakit ini tidak menunjukkan gejala apapun. e) Pada perempuan penyakit ini dapat menular pada bayi yang di kandung. d) Selama 2-3 tahun pertama. Namun setelah 5-10 panyakit ini menyerang susunan saraf otak.  Penularannya terjadi lewat hubungan seksual yang tidak sehat. dan jantung. yang akan hilang sendiri tanpa diobati. Tanda dan gejala : a) Muncul benjolan di sekitar kelamin b) kadang-kadang disertai pusing dan nyeri tulang seperti flu. pembuluh darah.

.

.

anus.  Menyerang selaput lendir dari alat kelamin ( saluran kencing ). saluran tuba fallopi. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual. Neissiria gonorrhoae.  Tanda dan gejala : a) Keluar cairan putih kekuning-kuningan dari alat kelamin b) Terasa panas dan nyeri pasa saat buang air kecil c) Gatal di sekitar kelamin d) Terjadi pembengkakan pada testis ( pria ) e) Keluhan dan gejala terkadang belum nampak meskipun sudah menyebar keseluruh tuba fallopi ( wanita ) f) Rasa sakit pada perut bagian bawah pada saat berhubungan seks atau setelahnya . kelopak mata. dan tenggorokan. daerah rahim atau leher rahim.

.

gejala ini akan hilang dan muncul kembali tergantung daya tahan tubuhnya.  Tetapi antara 5-10 hari. Virus Herpes Simplex (HSV)  Gejala awal biasanya berupa gatal&rasa sakit>bercak kemerahan yang kecil dan melepuh >membentuk luka yang melingkar. .  Herpes timbul antara 3-10 hari setelah berhubungan seks.

.

.

.

.

”Condom” 2. Pencegahan penularan melalui hubungan seksual secara aman: a. Sebisa mungkin menghindari tfansfusi darah 3. ”Be faithful” c.1. ”Abstinensia” b. Pencegahan penularan dari ibu ke anak .

infeksi dapat menjalar dan menyebabkan penderitaan. sakit perkepanjangan.Bila tidak diobati secara tepat. . kemandulan dan kematian.