CASE REPORT

SCABIES
Rashellya Rasyida Rahma
1261050293

PENDAHULUAN
Sering
Sering ditemukan
ditemukan
dalam
dalam praktik
praktik
kedokteran
kedokteran

Sering Faktor
Faktor risiko
risiko
pada
pada negara
negara
diabaikan berkembang
berkembang

Scabie
s
Prevelensi Menyerang
Menyerang
Prevelensi di
di semua
Indonesia semua usia,
usia, jenis
jenis
Indonesia kelamin,
kelamin,
cukup
cukup tinggi
tinggi bangsa/ras
bangsa/ras
Penularan
Penularan
dapat
dapat
langsung/tidak
langsung/tidak
langsung
langsung

DEFINISI

Sinonim : kudis, the itch,
gudig, budukan, gatal Penyakit kulit akibat
agogo infestasi dan sanitasi tungau
Sarcoptes scabiei varian
hominis dan produknya
pada tubuh

FAKTOR RISIKO Endemik Endemik skabies skabies 30 30 tahun tahun sekali sekali g an Perkemban & Kesalahan demografk di a gnosis ekologik Hubungan seksual s Higine promikuita buruk Sos-ek rendah EPIDEMIOLOGI .

TRANSMISI KONTAK LANGSUNG  KONTAK TIDAK kulit dengan kulit LANGSUNG  dengan benda Sarcoptes Sarcoptes scabiei scabiei betina betina yang yang sudah sudah dibuahi dibuahi atau atau oleh oleh bentuk bentuk larva larva .

4 mm.Betina dewasa 0.3 mm .15 mm Putih susu 2 pasang kaki .Jantan dewasa 0. 2 pasang kaki  peduncles + penghisap kecil ETIOLOGI Kingdom : Animalia Filum : Arthropoda kepala Kelas : Arachnida Sub Kelas : Acari (Acarina) Ordo : Astigmata Famili : Sarcoptidae Genus : Sarcoptes Spesies : Sarcoptes Scabiei badan 0.Jantan : rambut & peduncles + penghisap . luas 0.Batina : rambut (satae) .2 mm. luas 0.3 mm .

SIKLUS HIDUP .

PREDILEKSI GEJALA KLINIS papul kunikulus krusta EFLORESENSI kunikulus vesikel ekskoriasi .

Pruritus Pruritus DIAGNOSIS Nokturna Nokturna Menyerang Menyerang Menemuka Menemuka 4 Tanda manusia manusia secara secara nn tungau tungau Cardinal berkelompo berkelompo kk 2 dari 4  diagnosis Adanya Adanya dapat ditegakan kunikulus kunikulus .

PEMBANTU DIAGNOSIS menemukan Cari terowongan  congkel papul / vesikel dengan sarcoptes jarum  letakan diatas kaca objek lihat dengan mikroskop cahaya scabiei dewasa. Menyikat dengan sikat  tampung diatas kertas larva atau putih  lihat dengan kaca pembesar telur dari dalam Dengan membuat biospsi irisan  lesi dijepit terowongan dengan 2 jari  buat irisan tipis dengan pisau  periksa dengan mikroskop cahaya Dengan biopsy eksisional dan diperiksa dengan pewarnaan H.E. .

DIAGNOSIS BANDING .

PRURIGO HEBRA .

INSECT BITE .

FOLIKULITIS .

.

.

.

.

PENGOBATAN DENGAN PERTIMBANGAN KHUSUS .

PROGNOSIS pemilihan pemilihan & & cara cara syarat syarat pemakaian pemakaian pengobatan pengobatan obat obat menghilang menghilang kan kan factor factor predisposisi predisposisi DUBIA AD BONAM .

RM : 067148 Jenis Kelamin : Laki-laki Tanggal lahir : 31-10-2010 Umur : 6Y 5M 28D Pekerjaan : - Pendidikan terakhir : - Alamat : Depok Suku Bangsa : Minang Tanggal Berobat : 13-04-2017 . R No. CASE REPORT IDENTITAS PASIEN Nama : An.

mencuci seluruh pakaian & menggebuki kasur  keluhan tdk berkurang .11 th th yll  gatal yll  gatal pada pada sela-sela sela-sela jari kemerahan jari tangan tangan & & bbrp bbrp plenting plenting Allo anamnesis pada tanggal 13 April 2017 kemerahan berisi berisi cairan cairan pukul 12. perut.ANAMNESIS +/- +/.22 minggu minggu yll  ibu yll  ibu berusaha berusaha mengurangi mengurangi keluhan keluhan Pemberian skabimite pada plenting. punggung.1.00 WIB Memberat pada malam hari KELUHAN KELUHAN +/- +/. dada. Gatal sampai mengganggu tidur seluruh tubuh kelamin pasien KT  Timbul plenting-plenting berisi cairan yang +/- +/. pasien menjalankan sirkumsisi.11 bulan bulan yll  menyebar yll  menyebar hampir hampir ke ke seluruh seluruh tubuh tubuh gatal dan Gatal pada hampir seluruh tubuh  plenting pada ekstremitas atas menyebar dan bawah.5 1.5 bulan bulan yll  Keluhan yll  Keluhan semakin semakin memberat memberat KU  Gatal Plenting menyebar  siku. bokong. kelamin +/- +/.

Riwayat Penyakit Dahulu Riwayat Penyakit Keluarga • Riwayat Alergi : 1 tahun • Seluruh anggota keluarga yang lalu pasien berobat mengalami keluhan yang ke dokter kulit dan serupa dengan pasien dikatakan alergi terhadap terigu dan nikel Pasien Pasien Pembantu Pembantu Ibu Ibu • Riwayat DM : - • Riwayat Asma : - Kakak Kakak Adik Adik Ayah Ayah • Riwayat HT : - • Riwayat Penyakit kulit : • Riwayat Alergi : Kurang Riwayat dermatitis kontak diketahui oleh ibu pasien alergi • Riwayat DM : - • Riwayat Asma : - • Riwayat HT : - .

Menggunakan Menggunakan handuk handuk yang yang sama sama kakak kakak Sekamar Sekamar tidur tidur 44 org org Ibu & Adik Ayah & Pasien Sehari-hari Sehari-hari diasuh diasuh oleh oleh PRT PRT & & sering sering menghabiskan menghabiskan waktu waktu dengan dengan bermain bermain dengan dengan kakaknya kakaknya .RIWAYAT SOSIAL DAN KEBIASAAN Menggaruk Menggaruk jika jika keluhan keluhan gatal gatal muncul muncul Mandi Mandi 2x 2x sehari sehari pada pada pagi pagi dan dan sore sore hari. hari.

Telinga : Daun telinga simetris. turgor cukup Thoraks : DBN Abdomen : DBN .PEMERIKSAAN FISIK DALAM BATAS Keadaan umum : TSS NORMAL Kesadaran : CM GCS : 15 TD : 120/80 mmHg Nadi : 88 x/menit RR : 20 x/menit Suhu : 36 oC STATUS LI BB : 19 kg TB : 120 cm GE N ERA Kepala : Normocephali. UM UM Hidung : Discharge (-/-). pupil isokor. sclera ikterik (-/-). rambut hitam. tidak ada deviasi septum. nafas cuping hidung (-) Mulut/gigi : Bibir sianosis (-). liang telinga lapang Leher : Tidak ada pembesaran kelenjar getah bening Kulit : Sianosis (-). lidah tidak kotor. STATUS S Mata : Konjungtiva anemis (-/-). distribusi merata.

kelamin. siku kanan dan kiri. betis kanan dan kiri. perut. ketiak kanan dan kiri. paha kanan dan kiri. STATUS DERMATOLOGIKUS • Distribusi : Generalisata • LokasI : Sela-sela jari tanngan kanan dan kiri. bokong. kaki kanan dan kiri • Lesi : Tampak papul-papul eritem dan hipopigmentasi. vesikel dan makula hiperpigmentasi dengan ukuran miliar sampai lentikular bentuk bulat disertai ekskoriasi yang beberapa tertutup krusta kehitaman . punggung. dada.

5 bulan yang lalu. keadaan umum tampak sakit sedang dengan tanda-tanda vital dan status generalis ditemukan dalam batas normal. pasien datang dengan keluhan gatal-gatal sejak kurang lebih 1 tahun yang lalu disertai timbulnya plenting-plenting berisi cairan di hampir seluruh tubuh sejak 1. • Dalam pemeriksaan dermatologis ditemukan papul ertematose dan hipopigmentasi. Riwayat asma (-) • Dalam pemeriksaan fisik. Selain pasien. RESUME • Pasien An. . seluruh anggota keluarga dan pembantu rumah tangga juga mengalami keluhan yang sama dengan pasien. Pasien memiliki riwayat alergi terhadap terigu dan nikel. Gatal dirasakan memberat terutama di malam hari sampai mengganggu tidur pasien. R berusia 6 tahun. dan makula hiperpigmentasi yang menyebar secara generalisata dengan ukuran miliar sampai lentikular bentuk bulat disertai adanya ekskoriasi yang beberapa tertutup oleh krusta kehitaman. vesikel. datang ke poliklinik kulit dan kelamin RSUD Pasar Minggu diantar oleh keluarganya yang juga mengalami keluhan yang sama dengan pasien. Pasien sudah diberikan scabimite namun cara pemakaian belum tepat sehingga keluhan tidak dirasa berkurang.

llaar effloresensi : pustule miliar tteelluur rvvaa. predileksi : ekstensor ektremitas AAN NJJU UR • Insect Bite  Timbul setelah PPEEMMEERRI RAAN N ada gigitan.. effloresensi : IKKSSAAA MM ANN :: urtikaria papular SSaarrcco eennccaarrii oppttees ss • Folikulitis  Rasa nyeri. ddeew waassaa. sccaabbiieeii . dikelilingi daerah yang r eritema . DD/ •• Prurigo Prurigo •• Isect Isect Bite Bite •• Folikulitis Folikulitis Dx/ SCABIES • Prurigo  Papul-papul yang gatal.

handuk dengan bersamaan • Betametason 0.1% cream 5gr digunakan 6. Edukasi kepada ibu pasien mengenai 1. Edukasi higenitas perorangan dan dibilas (mandi) pada keesokan paginya. Edukasi cara pengobatan yang benar kepada digunakan 1x seminggu dengan cara pasien dan seluruh anggota keluarga dioles di seluruh tubuh kecuali wajah dan 3. Cetirizine 10mg. 1 x ½ tab sehari penyakit yang diderita serta cara 2. Hindari pemakaian sabun batang dan yang sama. Edukasi kepada ibu pasien untuk kelamin pada malam hari (terapi juga membersihkan seluruh pakaian dan serat diberikan untuk seluruh anggota keluarga kain lain di rumah untuk mencegah dan pembatu rumah tangga) dan penularan kembali didiamkan selama 10 jam kemudian boleh 4. TATALAKSANA Non-Medikamentosa Medikamentosa 1. Edukasi mencegah garukan bila gatal timbul dengan cara mengoleskan pada plenting- di area yang gatal plenting 2x sehari 7. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar . Topikal : penularannya • Scabimite cream (permethrin 5%) 2. lingkungan Dan diulang minggu berikutnya pada hari 5.

PROGNOSIS • Dubia ad Ad vitam bonam Ad • Dubia ad functiona bonam m Ad sanationa • Dubia m .

PEMBAHASAN .

& kunikulus miliar dengan kubah sangat gatal. ekstremitas bagian Dapat terjadi di seluruh daerah berambut  pergelangan tangan. gejala sistemik ditemukan tungau PREDILEKSI sela jari tangam. populasi serangga padat GEJALA KLINIS 4 tanda cardinal : Gatal hebat  pasien Didahului oleh gigitan rasa gatal dan rasa Pruritus nokturna. telapak tangan & kaki LESI papul & vesikel miliar. Tinggal di sering anak-anak) kumuh. menggaruk  bekas serangga. papul-papul miliar tidak edema pada kulit / makula eritematosa. ras. semua umur & jenis semua umur (lebih (sering pd anak). Bayi  kepala. ekstensor. daerah Herediter. usia Bayi / anak-anak. kebersihan & lingkungan banyak higine buruk. berbentuk eritem morbiliformis / papula. genitalia pria. dahi dan bagian tubuh sering : kepala & ketiak. abdomen ekstremitas paha bagian dalam. sekitar pusat. lentikular + ekskoriasi  berwarna. pustula. kelamin. bula dikelilingi eritem & krusta miliar –lentikular ujung papul/vesikel iskemia  nekrosis luas  regional sesuai & ganggren / pustul pertumbuhan rambut miliar-lentikular . SKABIES PRURIGO HEBRA INSECT BITE FOLIKULITIS PENYEBAB infestasi dan sanitasi belum diketahui gigitan atau tusukan bakteri staphylococcus tungau Sarcoptes serangga aureus scabiei varian hominis dan produknya FAKTOR RISIKO semua bangsa. Kadang dengan adanya kunikulus. dan bokong. Gatal dan terbakar pada daerah Menyerang manusia garukan nyeri pada tempat berambut secara berkelompok. gigitan. riwayat atopi.

TATALAKSANA Krim permetrin 5%. pakaian. mudah mudah diperoleh diperoleh & & harga harga murah murah Guidlne  anak < 12 thn  permetrin pd seluruh bagian tubuh kecuali wajah & kelamin selama 8-12 jam (1x/minggu selama 2mgg) Scabimite cr 1x/minggu selama 2mgg dioles ke seluruh tubuh kec. toksik. tdk tdk menimbulkan menimbulkan iritasi iritasi & & tdk tdk toksik. tdk tdk berbau berbau // kotor kotor & & tdk tdk merusak merusak // mewarnai mewarnai pakaian.  terapi lini 1 menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Memenuhi Memenuhi seluruh seluruh syarat syarat obat obat yang yang ideal  efektif ideal  efektif thd thd semua semua stadium stadium tungau. tungau. Wajah&kelamin selama 10 jam .

1% cr 5gr mengurangi tingkat sedang- keluhan gatal  rendah  mencegah meringankan garukan  peradangan Infeksi sekunder (gatal-gatal)  mencegah Dosis 2-6 th  garukan  5mg/hari (mims) Infeksi sekunder . 1 x ½ tab Betametason 0.Antihistamin  Kortikosteroid Cetirizine 10mg.

pilihan terapi. pembantu. pilihan terapi yang digunakan. dan genitalia permetrin cr 5% untuk suami. pusar. serta kulit dibawah kuku) dan dirinya Pengobatan Pengobatan menyeluruh menyeluruh Seluruh anggota keluarga & pembantu sudah dibawa Pasien dan orang yang dekat dengan pasien secara fisik untuk berobat dan diresepkan obat  direncanakan juga harus diobati memulai terapi bersama Mencegah Mencegah penularan penularan kembali kembali Orang tua pasien telah di edukasi mengenai cara Setelah selesai pengobatan  sprei dan pakaian yang membersihkan barang2 di rumah yang kemungkinan bersih dan sudah tidak terkotaminasi oleh tungau sudah terinfeksi . jumlah obat & penyakit. selangkangan. Pemberian Pemberian informasi informasi ibu pasien telah diberikan informasi rinci tentang Informasi rinci ttg penyakit. jumlah obat biaya yang harus dikeluarkan yang akan digunakan & biaya yang harus dikeluarkan Seluruh permukaan kulit  leher kebawah Cara pengaplikasian obat Cara(semua pengaplikasian obat Ibu sudah di edukasi tentang cara pengaplikasian lipatan tubuh. eksterna. anak-anaknya.

KESIMPULAN Pada kasus ini pasien di diagnosis dengan SKABIES sesuai dengan teori yang ada Pemberian terapi sudah tepat baik pada terapi medikamentosa maupun non- medika mentosa sesuai dengan teori Dengan penatalaksaan yang menyeluruh diharapkan dapat tercapai keberhasilan terapi secara menyeluruh pula .