PRINSIP-PRINSIP

SURVEI TANAH
Adithya Riefanto 1550402001110..
Afrida Rachma 1550402001110..
Abdul Hafizh R 155040200111062

Pengertian Peta .

Skala Peta dan Kedetilan Informasi .

Peta Tanah Peta tanah merupakan gambaran penyebaran jenis-jenis tanah di suatu daerah. Di dalam peta ini terdapat legenda yang menerangkan satuan tanah dan faktor-faktor lingkungannya dari masing-masing satuan peta tanah. . serta dilengkapi dengan buku laporan yang memuat uraian-uraian yang lebih lengkap.

50.000 Subgroup. tekstur lapisan atas) Semi detil 1: 25.100.tekstur lapisan atas) Detil 1: 5.000 . fisiografi. bahan induk Tinjau 1: 100.000 .Jenis Peta Tanah Jenis peta Skala Satuan peta Super Detail 1: 5. bahan induk Eksplorasi 1: 1.500.000. bentuk wilayah.000 Great group. bentuk wilayah.10.000 Family/seri.000 Ordo . fisiografi.000 Seri dan fase (lereng.000 . bahan induk Bagan ≤ 1: 2.000 .2.000 .000 Ordo. bentuk wilayah.000 Seri dan fase (lereng.500. bahan induk Tinjau Mendalam 1: 50.500. bentuk wilayah (fase).

.

yang dibedakan satu sama lain dilapangan oleh batas-batas alami dan dapat dipakai sebagai suatu evaluasi lahan. Satuan- satuan yang dihasilkan umunya berupa tumbuhan lahan yang memiliki ciri-ciri tertentu yang dibedakan oleh batas-batas alami ditempat terjadinya perubahan ciri-ciri yang paling cepat kearah lateral. .Satuan Peta Satuan peta dapat diartikan sebagai satuan lahan yang mempunyai sistem fisiografi/landform yang sama.

. atau lambang khas lainnya yang sama pada suatu peta yang dapat dikenali. warna.Satuan Taksonomi Satuan taksonomi adalah sekelompok tanah dari satuan sistem klasifikasi tanah yang masing-masing diwakili oleh suatu profil tanah yang memiliki nama. simbol. dan dipetakan dilapangan dengan mudah. diukur.

asosiasi.Satuan Peta Tanah Dalam Survei Tanah Satuan peta tanah (SPT) dibuat tergantung tingkat ketelitian survei atau tingkat pemetaan yang dilakukan. yaitu konsosiasi. dan kelompok tak dibedakan (‘undefferentiated groups’) . 1986) ada 4. sehingga satuan peta tanah dapat memiliki kisaran karakteristik yang luas maupun sempit. & Forbes. Macam satuan peta tanah menurut (Wambeke. kompleks.

Satuan peta tanah Konsosiasi Satuan peta ini hanya mengandung satu satuan tanah saja atau terdapat tanah lain yang disebut sebagai inklusi satuan peta tanah ini banyak dijumpai pada survei tanah detail. Satuan peta ini disebut konsosiasi. Menururt Wambeke dan Forbes (1986). . dari daerah yang relatif seragam. konsosiasi merupakan satuan peta yang didominasi oleh satu satuan tanah dan tanah yang mirip (similar soil).

Satuan Peta Tanah Asosiasi yaitu sekelompok tanah yang berhubungan secara geografis. tersebar dalam suatu satuan peta menurut pola tertentu yang dapat diduga posisinya. Setiap komponen pada asosiasi ini dideskripsikan secara terperinci tanpa ada perbedaan. tetapi karena kecilnya skala peta. . sehinga memungkinkan untuk diperhalus oleh pemakaian peta. Lalu posisi geografis masing- masing anggota satuan peta dalam bentang-alam diterangkan dengan jelas. taksa-taksa tanah itu tidak dapat dipisahkan.

Meskipun ada komponen tanah yang berasosiasi secara geografis. . yang berbaur satu dengan lainnya dalam satuan deliniasi (satuan peta) tanpa memperlihatkan pola tertentu atau menunjukkan pola yang tidak beraturan.Satuan Peta Tanah Kompleks merupakan sekelompok tanah dari taksa yang berbeda. tetapi tidak dapat dipisahkan kecuali pada tingkat amat detail.

mengalami pengaruh banjir yang cukup parah sehingga membatasi penggunaan dan pengelolaannya. berbatu. Tanah-tanah tersebut dimasukkan kedalam satuan peta yang sama karena sama-sama mempunyai sifat sebagai berikut: berlereng terjal.Kelompok tak dibedakan (undifferentiated groups) terdiri atas dua atau lebih tanah yan secara geografis tidak selalu berupa konsosiasi tetapi termasuk dalam satuan peta yang sama karena penggunaan dan pengelolaannya sama atau mirip. .

Misalnya seri Labuanteratak. . dimana perbedaan tidak terlalu besar. jika pengkajian lapangan telah dilakukan lebih intensif. sub-group dan lain-lain ■ Soil variant. berkembang dari bahan induk yang sama dan mempunyai sifat-sifat dan susunan horizon. merupakan pembagian lebih lanjut dari seri tanah sesuai dengan ciri-ciri penting bagi pengelolaan/penggunaan lahan. seperti drainase dan erosi. merupakan tanah yang sangat mirip dengan seri yang sudah ditemukan.Dalam survei tanah detail. Hal ini mengurangi banyak seri tanah yang mungkin ditemukan dalam suatu survei. Nama seri diambil dari nama lokasi pertama kali ditemukan seri tanah tersebut. Fase dapat juga digunakan pada tingkat kategori lainnya seperti famili. tetapi berbeda dalam beberapa sifat penting. merupakan sekelompok tanah yang memiliki ciri dan perilaku serupa. Soil variant dapat menjadi seri tersendiri. terutama dibagian bawah horizon olah dan dalam rezim kelembaban dan suhu tanah. ■ Fase tanah. satuan peta yang sering digunakan adalah: ■ Seri tanah.