DUNIA KEHIDUPAN

Keanekaragaman Makhluk Hidup

Oleh : Ade Dwi Sasanti, S.Pi., M.Si

memiliki . dapat bergerak. tumbuh dan berkembang. Ciri Makhluk Hidup Memiliki Protoplasma Mempunyai bentuk dan ukuran Melakukan aktivitas- aktivitas kehidupan : makan. bermetabolisme. melakukan adaptasi. berkembang biak. memiliki sistem transportasi.

Berbeda dengan benda tak hidup atau benda mati yang tidak memiliki protoplasma. . Antara jenis mahluk hidup yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan baik dalam ukuran maupun bentuknya. Protoplasma merupakan suatu bagian yang terdiri atas bahan yang kompleks dan terlindung dengan baik.  Semua benda hidup membutuhkan asupan bahan makanan yang berasal dari luar tubuh untuk kemudian diproses menjadi energi atau tenaga bagi tubuh.  Makhluk hidup dapat dikenali ciri khas yang menempel padanya dengan melihat bentuknya. Protoplasma biasa dikenal dengan sebutan sel.

.

.

.

predator / bukan) sehingga penggolongan mereka hanya terbatas pada ”golongan organisma baik” dan golongan ”organisma tidak baik”. beragam makhluk hidup mendiami bumi.2 juta daftar jenis makhluk hidup penghuni bumi. Mulai dari yang berukuran mikroskopis hingga makroskopis. Hingga saat ini ada sekitar 1. Dari keseluruhan makhluk yang mendiami bumi ada yang dapat bertahan hingga sat ini.  Padajaman primitif pengelompokkan makhluk hidup hanya terbatas pada pengelompokkan berdasarkan sifatnya (beracun / tidak. ada pula yang mengalami kepunahan. Sejak bumi diciptakan. .

yang berwarna hijau. Golonganorganisma baik ini ternyata dapat dibagi lagi berdasarkan kemampuan bergerak atau tidak. .  Sedangkan yang dapat bergerak dan tidak berfotosintesis dikelompokkan dalam dunia hewan. ”semak” dan ”herba” (ahli filsafat Yunani. Misal. Aristoteles 284 – 322 SM berhasil menggolongkan sekitar seribu macam organisme yang mereka kenal).  Duniahewan dapat dipecah lagi menjadi ”yang tinggal di darat” dan ”tinggal di perairan”.  Duniatumbuhan dipecah menjadi kategori ”pohon-pohonan”. tidak dapat bergerak dan mampu berfotosintesis dimasukkan dalam kelompok tumbuhan.

kuning.  Tetapi anggota dalam penggolongan ini. kita hanya fokus pada perbedaan-perbedaan yang ada. pada tumbuhan dapat kita golongkan berdasarkan warna bunga (ada yang putih. Tetapi dari semua makhluk hidup yang ada di bumi ini meskipun beragam bentuk maupun warna pasti ada pola-pola atau struktur yang sama. meskipun sama-sama berbunga warna putih tetapi banyak struktur tubuhnya yang sama sekali berbeda.  Biasanya saat melihat sesuatu yang beragam. merah dan lain- lain). . atau menurut habitatnya (tumbuh di air atau di darat). Masalah mulai muncul saat ditemukkan mikroskop. Ada sekelompok ”makhluk hidup” kecil yang tidak dapat dimasukkan dalam kedua kategori tadi. misal.  Secara sederhana.

 Dengan demikian para ahli taksonomi bersepakat untuk menetapkan ciri- ciri struktur sebagai dasar klasifikasi. Famili. phylum = marga) bagi hewan dan Divisio bagi tumbuhan. Dunia Hewan dan Dunia Protista. Ordo.  Sehingga muncullah tingkatan pertama yang disebut ”Dunia” yang terbagi dalam tiga kategori : Dunia Tumbuhan.  Penggolongan selanjutnya menghasilkan tingkatan Klas. . genus = bangsa) dan Spesies. Genus (Yunani.  Dibawahnya ada tingkatan Phylum (Yunani.

Kerajaan makhluk hidup menurut Whittaker .

.

.

spesies (jenis). sampai kingdom (kerajaan) . Skema tingkatan takson.

buah berwujud polong. bunga berbentuk seperti kupu-kupu dengan kuncup bunga terpilin. Misal kacang hijau dan kacang buncis digolongkan dalam genus Phaseolus.  Kacanghijau dan buncis sama- sama memiliki daun bersirip tiga. . Spesiesdengan ciri-ciri serupa atau agak mirip dihimpun dalam genus yang sama. sedangkan kacang panjang termasuk genus Vigna.  Halini terjadi karena kacang hijau memiliki lebih banyak kemiripan struktur dengan kacang buncis daripada dengan kacang panjang.

tetapi kuncup bunganya tidak berpilin.  Kacangtanah dengan daun bersirip empat termasuk genus Arachis. bunga dan buah seperti kacang hijau dan buncis. kacang kapri yang bersirip banyak pada daunnya dan beberapa diantara daunnya berubah menjadi sulur dimasukkan dalam genus Pisum. Arachis. Meskipun kacang panjang juga memiliki struktur daun. dan Pisum terhimpun dalam famili Papilionaceae. Vigna. . Jadi Phaseolus.  Genus-genus serupa dihimpun dalam satu Famili.