ANGGOTA
Badai Ardyana Arimbi Putri (2013730129)
M. Zetvandi Ibrahim (2013730151)
Muhammad Indra Jodi (2013730154)
Mutiara Putri Camelia (2013730157)
Nina Amelinda (2013730162)
Putri Dina Indrisia (2013730165)
Putri Noviarin Irhamna (2013730166)
Rezka Fadillah Yefri (2013730170)
Sandra Natasha Mahendra (2013730175)
Shila Rubianti P. (2013730179)
Sonia Irene Elsyah (2013730180)

SKENARIO 2

Laki-laki umur 35 tahun, pekerjaan supir
angkutan, datang ke poliklinik dengan keluhan
utama, nyeri pada daerah siku kanan, menjalar
ke lengan bawah sampai ke jari manis, dan
kelingking yang dirasakan sejak 6 bulan yang
lalu, dan berat pada pagi hari. Nyeri juga
dirasakan di punggung sebelah kanan. Keadaan
ini dirasakan semakin bertambah berat,
terutama bila penderita memfleksikan sikunya.

KATA KUNCI
• Laki-laki usia 35 tahun.
• Nyeri pada siku kanan, menjalar ke lengan bawah
sampai ke jari kelingking.
• Sejak 6 bulan yang lalu.
• Pada pagi hari.
• Nyeri punggung sebelah kanan.
• Nyeri pada siku kanan, menjalar ke lengan bawah
sampai ke jari kelingking saat memfleksikan siku.

PERTANYAAN
1. Jelaskan mekanisme nyeri pada ekstremitas akibat Sindroma
Jebakan!
2. Jelaskan jenis dan bagian saraf yang berkaitan dengan Sindroma
Jebakan!
3. Jelaskan gejala dan tanda klinis pada berbagai Sindroma
Jebakan!
4. Jelaskan mengenai diagnosa pembandingnya!
5. Jelaskan pemeriksaan penunjang pada berbagai Sindroma
Jebakan!
6. Jelaskan penanganan dan pencegahan yang tepat pada
berbagai Sindroma Jebakan!

MEKANISME NYERI AKIBAT SINDROMA JEBAKAN Pekerjaan Trauma Aktivitas Saraf terjepit Inflamasi Cubiti Tunnel Syndrome Mediator inflamasi Nyeri .

SARAF YANG BERPENGARUH PADA SINDROMA JEBAKAN .

CUBITTAL TUNNEL SYNDROME Saraf Ulnaris .

. dan apabila ada benturan. Pada ‘Funny Bone’ saraf ulnaris sangat dekat dengan kulit. maka akan menyebabkan syok.Pada siku. Tempat di mana saraf berjalan di bawah epikondilus medial sering disebut sebagai ‘funny bone’. saraf ulnaris bergerak melalui terowongan jaringan (terowongan kubiti) yang berjalan di bawah benjolan tulang di bagian dalam siku Anda. Benjolan tulang ini disebut epikondilus medial.

.

Di luar siku. Ketika saraf memasuki tangan. saraf ulnaris berjalanan di bawah otot- otot di bagian dalam lengan bawah dan ke tangan di sisi telapak dengan jari kelingking. saraf berjalanan melalui terowongan lain (Guyon’s canal) .

. dan beberapa otot yang lebih besar di lengan bawah yang membantu Anda membuat pegangan yang kuat.Saraf Ulnaris memberikan rasa ke jari kelingking dan setengah dari jari manis. Saraf ini juga mengontrol sebagian besar otot-otot kecil di tangan yang membantu gerakan halus.

CERVICAL SYNDROME Foramen Foramen intervertebralis intervetrebalis menyempit tetap utuh .

.FORAMEN INTERVERTEBRALIS MENYEMPIT • Terbentuknya osteofit atau eksostosis yang masuk ke dalam foramen interveterbralis sehingga dapat menekan radiks. • Adanya penipisan dari diskus intervertebralis sehingga keadaan ini akan mendekatkan jarak kedua pedikel yang membentuk foramen intervertebrals. Namun demikian adanya penyempitan foramen intervertebralis harus disesuaikan dengan gejala dan tanda yang dikeluhkan penderita dan ditemukan dalam pemeriksaan.

dan C7 teregangdan mengalami reksis. • HNP cervikalis yang paling sering terdapat diantara C5 dan C6 serta antara C6 dan C7 sehingga menekan radiks C6 dan radiks C7. misalnya pada trauma whiplast (pecut) yaitu trauma oleh karena anggukan kepala yang intensif yang didahului oleh tengadahan kepala. .FORAMEN INTERVETREBALIS TETAP UTUH • Peradangan dari syarafnya sendiri misal radikulitis • Dorongan dari tumor. abses atau pendarahan oleh karena trauma tumor • Radiks mengalami tarikan. dimana radiks dorsalis C5. C6.

• Gejala dan tanda dari gangguan masing-masing radiks spinalis seperti terlihat pada skema di bawah ini. . C6. radiks- radiks dari segmen inilah yang memegang peranan timbulkan cervical syndrome. C7 dan C8. lengan sampai jari-jari adalah syaraf cervikal yang berasal dari segmen-segmen medula spinalis C5. Berdasarkan keterangan di atas.PENJELASAN • Syaraf cervikal yang berperan pada persyarafan bahu.

menurun/ jari tengah menghilang dan dorsum manus C8 Bagian medial Otot-otot Jari Refleks biseps lengan bawah tangan kelingking dan triseps interosei dan jari tidak manis terganggu .Radiks Nyeri dijalarkan Kelemahan Gangguan Refleks tendon dari leher ke otot-otot sensibilitas C5 Bahu bagian Supraspinatus Permukaan Refleks biseps bawah dan Deltoideus ventral tidak lengan atas Infraspinatus lengan atas terganggu/ bagian lateral Biseps dan bawah menurun C6 Bagian lateral BisepsBrakhir Permukaan Refleks biseps (radial) lengan adialis ibu jari da menurun/ bawah tepi radial menghilang dari lengan C7 Bagian dorsal Triseps Permukaan Refleks triseps lengan bawah jari telunjuk.

.

CARPAL TUNNEL SYNDROME Nervus Medianus .

.

Setiap kondisi yang mengakibatkan semakin padatnya terowongan ini dapat menyebabkan terjadinya penekanan pada nervus medianus sehingga timbul carpal tunnel syndrome.Terowongan carpal yang sempit selain dilalui oleh nervus medianus juga dilalui oleh beberapa tendon flexor. .

GUYON’S CANAL SYNDROME Saraf Ulanaris .

.

N. . Akar saraf kemudian bergabung bersama untuk membentuk tiga saraf utama yang melakukan perjalanan ke lengan untuk tangan. di mana akar saraf tulang belakang individual keluar melalui lubang kecil antara tulang belakang. ulnaris sebenarnya dimulai pada sisi leher. salah satunya adalah saraf ulnaris.

Meninggalkan sisi leher Jari-jari Melalui ketiak Lengan Tangan bawah .

cabang-cabang saraf ulnaris untuk memasok rasa ke jari kelingking dan separuh jari manis. saraf ulnaris dan arteri ulnaris berjalan melalui terowongan yang dikenal sebagai kanal Guyon. Terowongan ini dibentuk oleh dua tulang (yang berbentuk kacang dan bengkok) dan ligamentum yang menghubungkan mereka. Setelah melewati kanal.Saat melintasi pergelangan tangan. Cabang- cabang saraf ini juga memasok otot kecil di telapak tangan dan otot yang menarik ibu jari ke arah telapak tangan. .

tulang kecil ini bisa pecah dan tekan terhadap saraf ulnaris dalam kanal Guyon.Tulang bengkok membentuk satu sisi kanal Guyon. . Dikenal sebagai hamatum. Tulang ini memiliki taji berbentuk kait kecil yang menonjol untuk memberikan lampiran untuk beberapa ligamen pergelangan tangan.

GEJALA – GEJALA .

GEJALA – GEJALA YANG TIMBUL PADA NEURITIS ULNARIS PADA SYNDROME GUYON DAN SYNDROME KUBITI TUNNEL ANTARA LAIN: • Nyeri setempat dengan sensorik yang berpola neuritik • Karena trauma.ulnaris dapat terjerat di terowongan tersebut sehingga menimbulkan kesemutan atau peerasa sseperti dibakar hipestesia pada jari manis dan kelingking . n. • Adanya nyeri dan prestesia yang terasa pada ulnar dan telapak tangan dan kulit jari kelingking • Jari kelingking bersikap agak menekuk • Terasa pada pagi hari setelah bangun tidur • Tidur dengan lengan di tekuk pada siku dapat menimbulkan parestesia • Parestesia dapat terasa tidak hanya terasa pada daerah sensibilitas saja tetapi seluruh tangan dan lengan bawah .

• Kesulitan mmemanipulasi objek kecil dijari tangan karena kehilangan sensasi • Kelemahan jari-jari dan menggenggam • Gejala yang ditimbulkan pada perkembangan selanjutnya . parestesia tidak hanya terasa pada pagi hari saja tetapi bisa terasa sepanjang hari. .LANJUTAN….

TANDA-TANDA KLINIK ANTARA LAIN : • Kelainan tangan yang berupa clawhand . separuh jari manis dan pada telapak tangan sisi ulnar . adduksi dan menekuk pada sendi metakarpofhalangeal. pangkal jari-jari lurus ( berekstensi ) pada sendi metakarpofhalangeal. otot hipotenar dan otot bagian medial tenar mengecil ( atrofi ) • Pada pemeriksaan sensibilitas kulit tangan anestetik atau hipestetik pada daerah yang menutupi kelingking. • gangguan sensibilitas dan motorik ( tanda tahap lanjut ) . • Otot interosei . sedangkan jari manis dan kelingking menekuk ( berfleksi ) pada sendi interphalangeal. Jari-jari lain sukar untuk abduksi.

fleksor carpi ulnaris terasa nyeri apabila di fleksikan • jari kelingking dan jari manis terasa nyeri saat difleksikan . • tampak ataxia jari-jari dan tangan • refleks tendon menurun/hilang • m..LANJUTAN.

.

HERNIA NUKLEUS PULPOSUS CERVICAL HNP Cervical Definisi Penyebab Gejala .

CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS) CTS Definisi Epidemiologi Etiologi Gejala .

CUBITAL TUNNEL SYNDROME Cubital Tunnel Syndrome Definisi Etiologi Gejala .

GUYON’S CANAL SYNDROME Guyon’s Canal Syndrome Definisi Penyebab Gejala .

.

Fisik Pemeriksaan Penunjang .

Adanya Gangguan kekurang sensitifan pada pemeriksaan (dapat dengan menekan menggunakan benda tajam/tumpul) mengarahkan kita kepada Sensibilitas jebakan nervus mana yang dialami . Dan nervus ulnaris. Tinels’ test postif jika timbul nyeri yang berarti terdapat penjepitan saraf •pada pemeriksaan jebakan nervus medianus.PEMERIKSAAN FISIK •dapat pada pemeriksaan narvus medianus dengan melakukan Tinel Test penekanan pada pertengahan ligamentum carpi transversum (volare). nervus radialis. melakukan hiperfleksi Phalent’s Test pada pergelangan tangan dengan mempertemukan kedua punggung tangan Pemeriksaan •yakni dengan pemeriksaan sensibilitas dari daerah yang dipersarafi oleh nervus medianus.

Neurofisiologi ELEKTRONEUROMIOGRAFI Pemeriksaan Penunjang Radiologi .

CT scan dan MRI pemeriksaan tersebut dapat dilakukan pada kasus yang ditarik suatu kesimpulan. . Pemeriksaan radiologis ENMG(Elektroneuromiografi) seperti Pemeriksaan sinar merupakan suatu X terhadap pergelangan pemeriksaan yang non. selektif terutama yang akan dioperasi. tangan dapat membantu invasif dan dipergunakan melihat apakah ada untuk memeriksa keadaan penyebab lain seperti saraf perifer dan otot. Dan fraktur atau artritis. sehingga dari hasil-hasil USG. MRI). penyakit lain pada vertebra. Foto merupakan pelengkap dari pemeiksaan klinis neurologis palos leher berguna untuk maupun pemeriksaan menyingkirkan adanya penunjang lain (mis.

.

Penanganan Non- Operatif Operatif .

NON-OPERATIF Obat anti- Bidai inflamasi Non- Pergelangan steroid Tangan (NSAID) Kortikosteroid Fisioterapi .

OPERATIF Ulnar Nerve Transposition Dekompresi ulnar Medial Epicondylectomy .

PENCEGAHAN • Relaksasi dan kurangi kekuatan pegangan • Istirahat lebih sering • Perhatikan posisi tangan • Perbaiki postur tubuh • Jaga agar tangan tetap hangat • Kurangi berat badan jika obesitas • Terapi penyakit yang bisa menyebabkan CubTS .

PROGNOSIS • Kompromi yang berkepanjangan pada saraf dapat menyebabkan hilangnya fungsi lengkap • Penebalan saraf ulnarpada saat diagnosis dikaitkan dengan hasil yang buruk di follow- up. terutama dalam kasus konservatif diobati. • Tanda-tanda studi konduksi demielinasi pengujian biasanya menunjukkan hasil yang menguntungkan .

Karena nyeri dari siku sampai lengan bawah da nada gangguan saat memfleksikan sikunya. .KESIMPULAN Pada scenario di dapatkan bahwa laki laki tersebut mengalami Cubital Tunnel Syndrome.

Neurologi Klinis Dasar.Geraint.Jakarta : Dian Rakyat • Helmi. Jakarta: Salemba Medika. 2006. Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal.Neurologi Klinis dalam Praktek Umum. Jakarta : Dian Rakyat • Sidharta M. Jakarta : Dian Rakyat • Sidharta M. Mahar dan Priguna Sidharta M. Priguna .Jakarta:Buku kedokteran EGC . Neurologi Klinis Dasar. Mahar dan Priguna Sidharta M.Jakarta : Dian Rakyat • Fuller.Panduan Praktis Pemeriksaan Neurologis.REFERENSI • Mardjono. 2012.Neurologi Klinis dalam Praktek Umum. Zairin Noor. • Mardjono.2008. 1999. 1999. 2006. Priguna .