Nama : Moses Theo Marphan

Nim : 1402102
Tiem B 2014

Differential Pressure Transmitter

 Differential Pressure transmitter salah satu jenis
peralatan instrument yang paling banyak digunakan
sebagai alat ukur dalam industri, karena transmitter
model ini bisa difungsikan dalam banyak aplikasi seperti
untuk mengukur tekanan positip, untuk mengukur tekanan
vakum, untuk mengukur perbedaan tekanan, untuk
mengukur ketinggian permukaan isi tangki (Level) dan
untuk pengukuran laju alir

Lihat gambar dibawah ini menunjukkan interkoneksi dari differential pressure transmitter ke peranti monitor di ruang control. gambar hubungan signal seperti inilah yang disebut Instrument Loop Drawing atau disingkat ILD . prinsif kerja differential pressure transmitter (transmitter perbedaan tekanan) yaitu mengukur tekanan pada dua titik. teknik pengukuran yang banyak digunakan differential pressure transmitter adalah technology strain gauge. membandingkan besarnya kedua tekanan tersebut lalu menghasilkan output. kapasitansi dan vibrating wire atau mechanical resonansi. Output dari sensor secara elektronik dikonversi ke sinyal standar 4- 20 mA untuk kemudian dikirimkan ke perangkat monitor atau alat kontrol yang terletak di lokasi aman seperti di ruang kontrol ( control room).Prinsip Kerja Dari Differential Pressure  Sesuai dengan namanya.

.

tekanan pada permukaan cairan akan dikurangi dari tekanan total. . Diferensial Pressure  Ketika tekanan permukaan cairan lebih besar (yang mungkin kasus tangki bertekanan) atau berbeda dengan tekanan atmosfer. mengakibatkan pengukuran tekanan karena ketinggian cairan. Koneksi ini disebut kaki kering. dan perubahan tekanan ini tidak mempengaruhi tingkat diukur. maka sensor tekanan diferensial diperlukan. Tekanan di atas cairan yang diberikan pada kedua LP dan HP (tinggi tekanan) sisi transmitter. Hal ini karena tekanan total akan lebih besar daripada kepala tekanan cair. LP (tekanan rendah) sisi pemancar terhubung ke kapal di atas tingkat cair maksimum. Dalam menerapkan metode pengukuran. Dengan sensor tekanan diferensial.

Tingkat pengukuran dalam tangki bertekanan atau dievakuasi .Perawatan intensif .Cukup mahal untuk pengukuran tekanan diferensial .Ketidakakuratan karena untuk membangun-up .Wikipedia untuk menyesuaikan .Tergantung pada kepadatan relatif dari bahan . Keuntungan Dan Kekurang DP Keuntungan .Cukup akurat Kekurangan .

Keterbatasan Aplikasi  Kepadatan cairan mempengaruhi akurasi pengukuran. dan kaki basah sambungan proses mungkin rentan terhadap pembekuan . Juga proses koneksi yang rentan terhadap penyumbatan dari puing-puing. DP instrumen harus digunakan untuk cairan dengan berat jenis relatif tetap.

Tuning Fork  System pendeteksian level switch dengan menggunakan konstruksi seperti garpu tala yang digetarkan pada frekuensi tertentu oleh piezoelectric. Pada saat garpu tala tersebut terendam oleh material yang terukur maka frekuensi garpu talanya akan teredam sehingga akan mengaktifkan switch elementnya .

Contoh Gambar Pemasangan Tuning Fork Secara Horizontal .

Putarannya biasanya sekitar 1 rpm atau untuk process yang critical bisa 5 rpm. Prinsip Kerja Tuning Fork  prinsip kerjanya adalah menggunakan semacam paddle yang berputar terus menerus menggunakan motor listrik. Ketika material yang akan diukur mengenai paddle yang sedang berputar maka putarannya terhenti dan langsung mengaktifkan switch elementnya .

Karena buildup apalagi jika buildupnya menyambung diantara kaki fork nya maka pendeteksian akan error  tidak dapat digunakan untuk temperature product lebih dari 150 Deg C. Karena partikel yang besar dapat tersangkut diantara fork nya sehingga mengakibatkan pendeteksian error. coklat dll.  Tidak cocok digunakan untuk material yang lengket yang bisa mengakibatkan build up seperti gula. Tuning Fork  dapat digunakan untuk material solid dengan partikel tidak lebih dari 10mm. karena piezo nya bisa rusak .

Pada dasarnya cara kerja ultrasonic level adalah dengan mengukur waktu tempuh suara yang dipancarkan transmitter sampai diterima kembali echo nya oleh receiver. Sensor Ultrasonic  alam pengukuran level dengan kondisi temperature process yang tidak lebih dari 60 Deg C dan tekanan tidak lebih dari 1 atm maka ultrasonic level dapat dipertimbangkan untuk digunakan. Dari waktu tempuh yang diperoleh maka dapat dihitung jarak tempuh dan akhirnya dapat diketahui level nya .

Contoh Gambar Ilustrasi Sensor Ultrasonic .

 Dengan demikian h2 = 1/2 x S. Cara Kerja Dari Gambar Sebelumnya  Jika V adalah kecepatan suara di udara dan T adalah waktu yang ditempuh suara. maka dengan mengukur waktu yang ditempuh gelombang ultrasonic dari mulai dipancarkan oleh transmitter dan diterima kembali oleh receiver akan dapat kita hitung jarak tempuhnya sebagai berikut : Jarak tempuh (S) = V x T. Karena tinggi tanki (h) adalah konstan maka dapat kita hitung level fluida yang kita ukur sebagai berikut : L = h – h2 .

Radar Level  Pada dasarnya prinsip kerja sensor ini akan mengeluarkan gelombang mikro (microwave) yang selanjutnya gelombang tersebut akan dipantulkan oleh material yang diukur . dan rentang waktu antara pengiriman (transmitter) sampai kembali di terima (receiver) ini kemudian dikali kecepatan cahaya dibagi dua sehingga kita mendapatkan jarak ketinggian (4-20 mA) .

Contoh Gambar Sensor Radar Level .

dan rentang waktu antara pengiriman (transmitter) sampai kembali di terima (receiver) ini kemudian dikali kecepatan cahaya dibagi dua sehingga kita mendapatkan jarak ketinggian (4-20 mA). .Prinsip Kerja Radar Level Sensor  Prinsip kerja sensor ini mengeluarkan gelombang mikro (microwave) yang kemudian gelombang tersebut kembali dipantulkan oleh material yang diukur.

Contoh Gambar Prinsip Kerja Radar Level Sensor .

adalah mudah dibersihkan . Keuntungan menggunakan katup stop dengan penggunaan pipa bypass. Sensor Level Sight Glasses  Sebuah indikasi visual pengukuran level dapat diperoleh ketika bagian dari vessel dibangun dari bahan transparan atau cairan dalam vessel dilewatkan melalui tabung transparan.

Contoh Gambar Sensor Sight Glass Level .

Memerlukan pembersihan . .Sangat sederhana .Mudah rusak .Murah  Kekurangan : .Tidak cocok untuk kontrol otomatis. Keuntungan Dan Kekurang Sensor Sight Glass Sensor Level  Keuntungan : .

mengganggu akurasi pembacaan .Keterbatasan Aplikasi Sensor Sight Glass Level  Sangat tidak cocok untuk aplikasi industry manual dan transmisi informasi diharuskan oleh operator  Aplikasi dari beberapa alat ukur level dapat dilihat dalam tangki untuk penyimpanan pelumas minyak atau air. Jenis ini tidak boleh digunakan ketika mengukur cairan berbahaya karena kaca-tabung mudah rusak atau pecah. Alat ini menyediakan sarana yang sangat sederhana untuk mengakses informasilevel dan dapat menyederhanakan tugas fisik seperti melihat atau mencelupkan ke dalam tank. pada umumnya terbatas pemeriksaan oleh operator  Sight glasses juga tidak cocok untuk cairan keruh atau kotor. Namun. Dalam instalasi dimana gauge berada pada suhu yang lebih rendah daripada proses kondensasi dapat terjadi di luar gauge.