Partograf

Informasi klinik tentang
kemajuan persalinan, asuhan,
pengenalan penyulit dan
membuat keputusan klinik

Catatan dan observasi  Inpartu  Inisiasi dan lamanya persalinan  Perjalanan proses persalinan  Kondisi ibu dan janin  Asuhan dan asupan  Dugaan adanya penyulit  Diagnosis dan penatalaksanaan .

bidan. baik yang kemajuan persalinannya berjalan normal maupun abnormal  Persalinan di institusi pelayanan kesehatan ataupun di rumah  Persalinan yang di tolong oleh tenaga kesehatan (siswa. perawat terlatih ataupun dokter) . mahasiswa.Untuk siapa?  Semua ibu dalam kala I persalinan.

Catatan kondisi ibu  Frekuensi dan lama kontraksi setiap 30 menit (termasuk pemantauan denyut jantung janin setiap 30 menit)  Nadi setiap 30 menit  Dilatasi serviks setiap 4 jam  Penurunan bagian terbawah setiap 4 jam  Tekanan darah dan temperatur tubuh setiap 4 jam  Produksi urine. atau adanya aseton atau protein dalam urine setiap 2-4 jam .

Data dalam Partograf  Informasi tentang ibu dan riwayat kehamilan/persalinan  Kondisi janin  Kemajuan persalinan  Jam dan waktu  Kontraksi uterus  Obat-obatan dan cairan yang diberikan  Kondisi ibu  Asuhan. tatalaksana dan keputusan klinik .

Catatan tentang air ketuban  U: selaput ketuban utuh  J : selaput sudah pecah. cairan tdk ada (kering) . cairannya jernih  M: selaput pecah. cairan dgn darah  K: selaput pecah. cairan dgn mekonium  D: selaput pecah.

 Partograf WHO yang sudah dimodifikasi .

 Contoh partograf untuk persalinan normal .

 Partograf yang memperlihatkan kontraksi uterin yang kurang memadai dikoreksi dengan pemberian oxytocin .

 Partograf yang memperlihatkan  fase aktif persalinan yang lama .

 Partograf yang memperlihatkan persalinan yang macet/terhalang .