Indonesia

Untuk SMA/MA

Kelas X

info nazhimah.com . Mawas Diri Menggapai Prestasi controlmind.blogspot.

Radio. Media elektronik adalah media yang berupa TV. dll.Pembelajaran Kesatu Menanggapi Siaran atau Informasi dari Media Elektronik (Berita) Menanggapi adalah memberikan pendapat/masukan kepada orang lain mengenai suatu hal. Internet. Informasi adalah keterangan atau pemberitahuan mengenai suatu kabar/berita. .

Caranya yaitu dengan memperhatikan unsur 5W + 1H (What. Menyampaikan secara lisan isi atau pesan yang didengar melalui siaran radio/televisi secara runtut dan jelas. kelancaran. ekspresi wajah. Where. Why. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh pembaca berita antara lain: tempo (cepat-lambat). pernapasan. When. Who. dan How). intonasi dan tekanan. kejelasan pelafalan huruf (artikulasi). sikap tubuh. Mencatat isi atau pesan pokok yang terdapat dalam siaran radio atau televisi. dan perhatian terhadap pendengar. 2.Cara menanggapi siaran atau informasi. . 1.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memperkenalkan diri dan orang lain di forum resmi. cangkang.Pembelajaran Kedua Memperkenalkan Diri dan Orang lain dalam Forum Resmi dengan intonasi yang tepat Intonasi adalah tinggi rendahnya nada/suara. Mengucapkan kalimat perkenalan dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton.vivanews.com . Menempatkan jeda yang tepat.

Lafal adalah pengucapan kata-kata pada saat membaca puisi.com . lpi-az-zamir.webs. Tekanan adalah penegasan pada kata-kata tertentu yang dianggap penting pada saat membaca puisi.Pembelajaran Ketiga Puisi adalah suatu karya sastra yang berbentuk sajak. Intonasi adalah tinggi rendahnya nada/suara.