You are on page 1of 17

.

Mengenal Perangkat Lunak Presentasi Perkembanga Mengola Membaha n Tekhnologi h s Presentasi Pengertia Perangkat n Lunak Presentasi Presentasi -Arti Presentasi Perangka Perangkat -Fungsi t Lunak Lunak Presentasi Khusus Multimedia Presentas -Tipe Presentasi Authoring i .

dan pengolah grafik. . web browser. kita perlu mempelajari perangkat lunak presentasi. pengolah angka. Presentasi yang menarik akan mendapat perhatian peserta dan memudahkan peserta untuk memahaminya. Teknologi presentasi yang dalam hal ini berhubungan dengan penggunaan komputer merupkan unsur penting untuk membuat presentasi yang menarik. Selain program aplikasi pengolah kata. Berbicara di depan forum diskusi pada dasarnya merupakan salah satu bentuk presentasi.

Unsur pokok dalam sebuah presentasi yaitu.1. Arti Presentasi Presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik.  Pihak yang melakukan presentasi (Presenter)  Peserta presentasi atau audiens (audience)  Media (alat) presentasi . pendapat. ataupun informasi kepada orang lain.

Jika yang bertindak sebagai presenter adalah pembaca berita TV. sedangkan medianya adalah siaran TV. peserta presentasi tersebut adalah pemirsa televisi yang menonton berita tersebut. .

atau slide OHP. peserta presentasinya adalah para siswa. . handouts. buku pelajaran.Jika yang bertindak sebagai presenter adalah seorang guru. sedangkan media presentasinya dapat berupa papan tulis.

leaflet) ataupun media visual lainnya (OHP.Jika yang bertindak sebagai presenter adalah seorang sale pemasaran. LCD) . peserta presentasinya adalah para calon konsumen/pembeli. sedangkan media presentasi nya dapat berupa media tertulis (brosur.

presentasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam.2. yaitu  Presentasi Langsung adalah sebuah presentasi dimana pemberi presentasi dan peserta preentasi dapat berkomunikasi secara langsung  Presentasi Tidak Langsung adalah sebuah presentasi dimana peserta tak langsung bertemu dengan peserta presentasi dalam satu forum . Jenis Presentasi Berdasarkan sifat interaksi antara pihak yang melakukan presentasi dan pesertanya.

. Adapun pengelompokan presentasi berdasarkan sifat medianya menjadi presentasi audio. presentasi visual dan presentasi audio visual.

dan selembar papan tulis hitam untuk berpresentase. beberapa batang kapur. . presenter atau pembicara mengemukakan idea tau gagasannya secara lisan dengan sesekali membuat penjelasan di papan tulis. Beberapa decade yang lalu. Beberapa waktu kemudian. seorang presenter mungkin cukup menggunakan speaker. peran papan tulis hitam dan kapur digantikan oleh papan tulis dengan spidol sebagai alat tulisnya.

Perangkat lunak selanjutnya adalah digunakan overhead projector (OHP) yang menampilkan perbesaran tulisan atau gambar pada plastic transparan dilayar display atau di dinding. segulung layar dan proyektor digital . yang dilengkapi dengan computer sebagai alat presentasi. tim presentasi dapat bergerak cepat melakukan presentasi di satu tempat ke tempat lain. sekarang dimungkinkan adanya video conference atau teleconference yaitu presentasi secara langsung anatar presenter dan pesertanya yang saling berjauhan dengan bantuan teknologi komunikasi. seiring perkembangan teknologi. dengan hanya membawa laptop. . layar lebar dengan teknologi LCD yang menggunakan proyektor digital. Selanjutnya.

. khususnya teknologi computer dewasa ini semakin marak. perusahaan hardware dan software berjalan seiring untuk menerbitkan teknologi baru dan saling berlomba – lomba menghasilakn teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja manusia. Perkembangan teknologi.

Adapun perangkat lunak presentasi antara lain.  MS Office Power Point  Open Office Impress  Presentersoft Mediaeasy .

 SuperV lab  Flash Spring  Visual Communicator .

seorang pengguna harus menguasai bahasa pemrograman tertentu sesuai software tersebut. interaktifitas presentasi yang dihasilkan oleh softawe authoring itu bisa jauh lebih luas. Macromedia Director. . namun untuk membuat presentasi menggunakan multimedia authoring ini. Macromedia Flash. Sebuah presentasi computer juga bisa dibuat mengguanakan perangkat lunak multimedia authoring seperti multimedia builder. meskipun rumit. dan Macromedia Authorware.