You are on page 1of 35

Loading . . .

Oleh
Melsa Jumliana

Peta Konsep

sesuai dengan versi MS Office yang mengalami beberapa perkembangan. . salah satunya untuk menjaga konsistensi penggunaan sofware. Banyak alasan orang menggunakan MS PowerPoint. Versi-versi yang lebih baru memberikan tambahan fasilitas dan tampilan yang makin menarik.Ada beberapa versi MS PowerPoint.

1. . Mengaktifkan MS Power Point ada beberapa cara untuk mengaktifkan PowerPoint. diantaranya adalah melalui start menu dan melalui shortcut di desktop.

Lembar Kerja dengan berbagai menu dan fasilitas dalam area kerja MS PowerPoint ditunjukkan dalam gambar. Ribbon Menu Tittle Bar Office Button Slide Pane Lembar Kerja Notes Pane Pilihan Zoom Status Bar . MS PowerPoint juga menggunakan ribbon menu. Tampilannya sangat berbeda dengan aplikasi Word dan Excel 2007.

menutup dengan nama lain dokumen. mencetak dan mem-publish Mencetak Dokumen dokumen Mempersiapkan dokumen untuk dikirim Mengirim Dokumen Mempublikasikan dokumen Menutup Dokumen . Animation. Insert. Menyimpan Dokumen Didalamnya terdapat menu-menu Menyimpan dokumen untuk membuka. menyimpan. Review dan View.Dalam MS Power Point 2007 terdapat Office Button dan Ribbon Menu yang terdiri dari 7 tab utamana: Home. Membuat Dokumen Baru Office Button terdapat dibagian kiri Membuka Dokumen atas lembar kerja MS Power Point 2007. Slide Show. Design.

Untuk menyisipkan Untuk membuat objek text Unttuk membuat tabel objek ilusi Untuk memasukkan objek Untuk membuat hyperlink multimedia . diagram. Mulai dari membuat slide baru. Tab Home Pada Tab ini terdapat berbagai macam operasi dasar penyuntingan dokumen.b. suara. Objek yang dapat disipkan adalah berupa informasi tanggal. grafik. Untuk mengedit teks Untuk mengatur slide Untuk mengatur paragraf Untuk copy. cut dan paste Untukfont c. Pengaturan teks dan paragraf sampai fasilitas pencarian teks tertentu. gambar. klip film. Tab Insert Untuk menggambar objek Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk penyisipan ibjek ke dalam slide yang sedang aktif. menghapus slide. pengaturan slide.

d. Mengatur page setup Mengatur temma slide e.Tab Animations Memasukkan objek multimedia Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk mengatur animasi objek yang akan muncul dalam slide. Pengaturan efek transisi antar slide juga dapat diatur disini. Mengatur animasi Melihat preview Mengatur transisi slide animasi . Terdapat berbagai macam tema yang telah disertakan oleh MS PowerPoint. sehingga untuk mmengubah tema dalam PowerPoint sangatlah mudah. Tab Design Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk pengaturan tampilan dan tema slide.

Pengecekan tatatbahasa Pengaturan komentar Memproteksi dokumen . kamu dapat menjalankan slide yang sudah kamu buat. Pemutaran slide Pengaturan slide Pengaturan monitor presentasi g.f. Ketika ditampilkan. Dalam Menu ini pula. Tab Review Dalam kumpulan menu ini terdapat berbagai macam perintah untuk pencetakan tata bahasa. Tab Slide Show Pada tab ini terdapat berbagai macam pemerintah untuk pengaturan slide. pemberian komentar. serta perintah untuk memproteksi dokumen.

h. Selain itu dapat juga memunculkan atau menyembunyikan objek bantu dalam menyunting slide. Pengaturan yampilan Membuat macro objek bantu Pengaturan warna slide Pengaturan pengeditan slide Susunan window dokumen Pengaturan Zoom . Tab View Pada Tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk melihat dokumen slide Anda dalam berbagai jenis presentasi.

Design template memberikan alternatif tipe background dan teks. Template slide design terderi atas design template. . Untuk memberikan efek animasi. Biasanya versi yang lebih baru menyediakan template yang lebih lengkap. color scheme. color scheme memberikan alternatif pewarnaan objek pada slide. powerpoint menyediakan beberapa pilihan animation scheme yang menarik.Power Point menyediakan pilihan Fasilitas dalam pembuatan presentasi yang meliputi penggunaan template(pola). Dan animation scheme memberikan alternatif tipe animasi pada slide. dan animasi scheme.

ukuran dan warna huruf.1. Klik tulisan “Click to add title” dan gantilah tulisan itu dengan tulisan yang anda inginkan. Anda bisa memanfaatkan ikon yang terdapat pada tab Home dalam grup Font ataupun Grup Paragraph. Pola awal blank presentasi Klik keludian Text Handler Dengan judul dan subjudul ganti teksnya . Pengaturan huruf atau teks ini tak jauh berbeda dengan pengaturan tek pada MS Word. Mengatur Teks Teks dalam MS PowerPoint berada dalam text box. Untuk mengatur jenis huruf(font).

Menambahkan Slide Baru Penambahan Slide baru dapat dilakukan melalui ikon New Slide pada tab Home atau tekan tombol Ctrl+M pada Keyboard secara bersamaan hingga muncul slide kedua. Format slide baru dengan dua text handler Teks pada slide Baru diubah .2.

. Menyimpan Dokumen Dokumen yang telah dibuat dapat disimpan dengan menekan tombol Cntrl+S pada keyboard atau dengan klik ikon save pada Office Button. pilih tipe file pada kotak Save As Type lalu klik save. klik Office Button. pilih Save As. untuk menyimpan file dengan format lain.3. pilih kotak dialog Save As. Menu Save As digunakan untuk menyimpan dokumen dengan nama lain/berbeda. Other Formats.

. Pada kotak dialog kita bisa memilih ukuran-ukuran standar tertentu.4. Mengatur Ukuran Dokumen Presentasi Ukuran dokumen dapat diatur melalui ikon Page Setup pada tab Design.

Pada kotak dialog tersebut kita dapat mengatur warna tunggal dan gradasi. Anda akan menemui kotak dialog Format Background. Mengatur Background Pengaturan dapat dilakukan dengan meng-klik Background Styles.5. Format Background pada tab Design. .

Slides Pane Outline Pane . Slides Pane dan Outline Pane Terletak di sebelah kiri lembar kerja. Pada slides pane ini kita dapat mengatur urutan slide dengan cara drag dan drop. Slide Pane menampilkan slide presentasi dalam ukuran kecil.6.

klik ikon From Beginning pada tab Slide Show atau tekan tombol F5. Setelah tampil slide pertama. untuk menampilkan slide berikutnya klik sekali atau tekan tombol spasi ataupun Enter pada Keyboard.7. Slide ke-1 Slide ke-2 . Menyisipkan Slide Untuk menampilkan slide yang telah dibuat.

Waktu. . Atur dan isilah catatan yang anda inginkan kemudian Apply jika hanya mengatur Slide yang sedang aktif atau klik Apply All untuk menerapkannya pada semua Slide. klik ikon Slide Number pada tab Insert hingga muncul kotak dialog Header and Footer. Menyisipkan Objek Dalam Presentasi a. Menyisipkan Keterangan Untuk menyisipkan nomor Slide. dan catatan.8.

Clipart. Ada beberapa pilihan yang dapat disisipkan kedalam dokumen antara lain Picture. Photo Album.b. Masukkan kata kunci Tekan Go Clip Art Klik salah satu . klik tab Insert. Smart Art. Shapes. Menyisipkan Gambar Untuk menyisipkan gambar ke dalam presentasi. Chart.

Tentukan nama lokasi dan nama file suara yang akan dimasukkan .c. Sound From File. Menyisipkan Suara Efek audio dapat disisipkan melalui tab Insert.

Menyisipkan Movie Movie atau gambar dinamis dapat disisipkan melalui tab Insert Movie. Pilih file Pilih opsi Klik OK .d.

Chart. Menyisipkan Grafik untuk menyisipkan grafik . . kemudian pilih jenis yang diinginkan lalu tunggu hingga muncul grafis batang dengan sebuat spreedsheet MS Excel.e. klik tab Insert.

Menyisipkan Tabel Tabel dapat disipkan dengan klik tab Insert. . Table. Menyisipkan Objek Lain Objek lain dapat disisipkan bisa diakses melalui Tab Insert. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Table. Insert Table.f. Tentukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan kemudian Klik OK. Object. g. Tipe-tipe objek yang bisa disisipkan ke dalam presentasi tergantung pada aplikasi-aplikasi yang ter-install di komputer.

Slide Design. Memilih Layout pada tempalte Menggunakan Template slide layout slide design .9. sedangkan tema Slide dapat diakses Melalui Tab Design. background dan pola warna. baik dalam hal tata letak. Slide Layout. Loyout Slide dapat diakses melalui ikon Layout pada Tab Home. dan Color Scheme Untuk mengatur tampilan slide.

Mengatur Animasi pada Slide Efek Animasi pada slide digunakan agar tampilan slide lenih menarik dan antraktif. a. Animasi Pada Teks dan Objek Salah satu cara untuk memberikan Efek animasi pada teks atau objek adalah klik objek tersebut kemudian klik tab Animation. Custom Animation sehingga muncul menu Custom Animation.10. Klik Add Effect untuk memilih tipe animasi .

. Tansition to this slide.  klik Tab Animation.  Pilih salah satu pola yang ada. Animasi Pada Transisi Slide  Aktifkan Slide yang pernah kita buat.b.

dapat dilakukan fasilitas Rehearse Timings. Rehearse Timings. Mengatur Durasi Presentasi Untuk Mengatur durasi presentasi. .11. Langkah-langkahnya sebagai berikut:  Klik slide yang akan diatur durasi presentasinya  Klik tab Slide Show.  Selanjutnya muncul tampilan presentasi dengan menu Rehearse.

12. Mengatur Urutan Penayangan Slide Penayangan slide tak harus sesuai nomor slide. Custom Slide Show. . Selanjutnya akan dijumpai kotak dialog Custom Shows. klik slide yang akan kita ikutkan dalam presentasi ( klik slide kemudian klik Add>>). Pada kotak dialog Define Custom Show. hanya slide yang berada di kolom sebelah kanan saja yang akan ditayangkan. Custom Shows. Urutan penayangan slide dapat kita atur menggunakan ikon anakn panah atas dan bawah disebelah kanan kolom. Kita bisa mengatur urutan penayangan slide melalui tab Slide Show.

Pada kotak dialog Actions Settings. pilih tujuan kemudian Klik OK. Fordward) kemudian klik dan drag gambar tombol tersebut di lembar kerja. Shapes. slide lain dalam satu dokumen atau slide lain dalam dokumen lain. Buttons. Previous. Menggunakan Navigasi Navigasi digunakan untuk berpindah ke bagian dokumen tertentu. Tombol Navigasi dapat dimunculkan melalui tab Insert. Action. .13. pilih salah satu tombol yang sesuai (Home.

14. Hal ini tentu saja dilakukan setelah dokumen dibuka. Print. Aturlah kebutuhan kemudian klik OK untuk memulai mencetak. Selanjutnya akan dijumpai kotak dialog Print. Nama Printer Dipilih jika ingin mencetak seluruh slide Jumlah yang ingin dicetak Dipilih jika ingin mencetak slide tertentu Memilih apa yang akan dicetak Format Handouts Memilih warna Klik untuk memulai mencetak Dipilih jika ingin sesuai dengan ukuran kertas . Mencetak Dokumen Untuk mencetak dokumen dapat dilakukan dengan klik ikon Pirt pada toolbar atau klik Office Button.

1. . kita buka dulu dokumne-dokumen tersebut secara bersamaan. Gunakan tombol Switch Windows pada tab View untuk bergantian mengakses dokumen tersebut. Menggabungkan slide dari Beberapa dokumen Untuk menggabungkan slide-slide dari beberapa dokumen.

tampilan akan berpidah sesuai alamat yang didefenisikan hyperlink tersebut. klik Bookmark dan pilih slide tertentu pada kotak dialog Select Place in Document .2. Cara menggunakan hyperlink yaitu klik Tab Insert . carilah dokumen. Hyperlink.Menggabungkan Presentasi Melalui Hyperlink Hyperlink merupakan teks atau objek lain yang mengandung informasi/alamat tertentu. Jika objek berupa teks ataupun objek lain yang merupakan hyperlink tadi diklik. Jika kita ingin menentukan slide yang pertama diakses nantinya.