You are on page 1of 14

Kader Kesehatan Pondok Kesehatan

Terbentuknya perilaku sehat . sehingga masyarakat tidak saja sadar. Pengertian  Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan. menanamkan keyakinan.Tercapainya perubahan perilaku . tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan Tujuan . tahu dan mengerti.

Diskusi 1. Metode Sokratik . a. Metode Didaktik  b.Metode penyuluhan . Bermain Peran (role playing) 4. Demonstrasi 3.Penyuluhan tidak langsung (melalui media) . Studi kasus .Metode penyuluhan langsung. Curah pendapat 2. Seminar 5.

Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Penyuluhan   Tingkat Pendidikan  Adat Istiadat  Kepercayaan audiens  Ketersediaan Waktu di Masyarakat .

Papan Reklame .foto  Media Elektronik .Film  Luar ruangan .Radio -Video .TV Layar Lebar . Media Penyuluhan   Media cetak .Banner .Spanduk .Slide .poster .Televisi .Rubik .Book -Leaflet -selebaran -flip chart .Pameran .

Komponen Komunikasi  Komunikator   Pesan  Media  Komunikasi / audien .

 .

atau tempat murid-murid belajar mengaji. . tempat santri.   Kata pondok berasal dari funduq (bahasa Arab) →→asrama atau wisma sederhana  Kamus Besar Bahasa Indonesia →asrama.

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) DI PESANTREN   PHBS PESANTREN adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran. sehingga santri beserta semua yang ada di dalamnya dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dipesantren PHBS PENTING???? .

  (PHBS) merupakan langkah ampuh untuk menangkal penyakit.Minum air yang tidak dimasak .  Dampak PHBS tidak baik(Sakit perut diare. kolera. typhus dll) Penyebab: .Sering tukar menukar pakaian dengan orang lain .Memakan jajanan yang kurang bersih . disentri.Pakaian jarang dicuci .

mencegah risiko terjadinya penyakit.   Perilaku masyarakat Indonesia Sehat 2010 yang diharapkan adalah yang bersifat proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan. melindungi diri dari ancaman penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat .

seperti membuang sampah pada tempatnya.  Bidang Gizi. mengkonsumsi garam beryodium. memberantas jentik . mandi minimal 2x/hari. seperti cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun. Bidang PHBS   Bidang kebersihan perorangan. menimbang berat badan(BB) dan tinggi badan (TB) setiap bulan  Bidang Kesling. menggunakan jamban. seperti makan buah dan sayur tiap hari.

Kepadatan Penghuni. Ventilasi dan Kelembaban Udara . . Dapur dan Fasilitas Pengelolaan makanan . Upaya kesehatan pesantren  . Konstruksi Bangunan . Sanitasi Pondok Pesantren Kita . Lingkungan Ponpes .

 .