You are on page 1of 17

BENTANG ALAM FLUVIATIL

Adinda anggrianti 072001600003
Teuku Sultan Rizky 072001600042
Kafi Akbar 072001600018
Aloysius Jeremy Laksono 072001300010

Bentang Alam fluviatil : Bentang alam yang terbentuk karena Proses fluviatil yaitu semua proses yang terjadi di alam baik fisika maupun kimia yang mengakibatkan adanya perubahan bentuk permukaan bumi. Bentang alam yang dibentuk dapat terjadi karena proses erosi maupun karena proses sedimentasi yang dilakukan oleh air permukaan. . yang disebabkan oleh air yang mengalir secara terpadu (sungai).Proses fluviatil akan menghasilkan suatu bentang alam yang khas akibat air yang mengalir dipermukaan.

Lembah sungai berbentuk “U”. Bentang Alam Erosional dan Deposisional Erosional : bentang alam hasil dari erosi  Riil erosion(erosi alur) : erosi oleh air yang mengalir di permukaan tanah dengan membentuk alur-alur kecil dengan kedalaman beberapa senti meter. . Erosi ini terjadi pada permukaan tanah yang landai dan memiliki daya tahan yang seragam terhadap erosi.  Stream erosion: erosi oleh air dalam bentuk aliran sungai. Terjadi erosi lateral yang makin ke hilir makin dominan dan dapat membentuk aliran sungai bermeander.  Gully erosion(erosi parit) : erosi oleh air yang mengalir di permukaan tanah yang miring atau di lereng perbukitan yang membentuk alur-alur yang dalam dan lebarnya mencapai beberapa meter. dan berbentuk “V”.

Erosi parit Stream erosion Gully erosion .

Bentang Alam Deposisional • Channel bar • Kipas Aluvial • Delta • Alur sungai • Dataran banjir .

Channel bar Channel Bar adalah endapan sungai yang terdapat pada tengah alur sungai. .

. Aliran tersebut berasal dari satu titik di ujung kipas. Kipas aluvial biasanya dapat ditemui di wilayah pegunungan yang sedang bererosi. Kipas Aluvial Kipas aluvial adalah endapan sedimen yang berbentuk seperti kipas dan terbentuk oleh aliran sungai.

bisa pula di tepi danau). Delta Endapan di muara sungai (bisa di tepi laut. .

Alur sungai tersebut bisa berisi air bisa tidak. alur sungai selalu berisi air. Pada musim hujan. Alur sungai Alur sungai adalah bagian cekungan sungai yang dialiri air dimulai dari hulu sampai hilir. tetapipada musim kemarau alur sungai mungkin menjadi kering. .

Jenis jenis alur sungai bergantung pada tipe saluran dan muatan sedimen didalamnya .

memiliki Lingkungan darat yang dicirikan oleh endapan yang dihasilkan dari sistem sungai yang saling berhubungan dari sinusitas channel yang rendah. Braided stream Braided stream (Sungai teranyam )merupakan bentukan asal proses fluvial berupa sungai yang saling terpisah membentuk seperti anyaman. .

meander Bentukan pada dataran banjir sungai yang berbentuk kelokan karena pengikisan tebing sungai. . Meander ini terbentuk apabila pada suatu sungai yang berstadia dewasa/tua mempunyai dataran banjir yang cukup luas. daerah alirannya disebut sebagai Meander Belt. aliran sungai melintasinya dengan tidak teratur sebab adanya pembelokan aliran Pembelokan ini terjadi karena ada batuan yang menghalangi sehingga alirannya membelok dan terus melakukan penggerusan ke batuan yang lebih lemah.

hingga terbentuk dataran banjir. Dataran banjir Dataran banjir merupakan dataran rendah di kanan dan kiri sungai yang terbentuk dari material hasil pengendapan banjir aliran sungai. Proses ini berlangsung lama. Luapan air ini membawa material sedimen yang kemudian diendapkan di kanan dan kiri sungai. air menjadi meluap ke kanan dan kiri alur sungai. . Pada saat banjir datang.

Bentang alam yang berasosiasi dengan dataran banjir • Oxbow Lake : merupakan bentukan berbentuk U dari sebuah aliran sungai yang terbentuk ketika sebuah meander atau kelokan sungai dengan sungai utama terpotong dan membentuk danau .

.• Natural Levee (Tanggul alam) Tanggul alam merupakan akumulasi sedimen berupa igir/tanggul memanjang dan membatasi alur sungai.

. • Teras sungai Teras sungai dataran di tepi sungai yang dibatasi oleh tebing sungai dan tersusun oleh aluvium atau batuan induk.

Terima Kasih .