You are on page 1of 9

Kelompok VI

Novia Ulvarina (1403048)
Prasetya Wika A (1403056)
Ririn Despaniar P (1403064)
Stefany Celine W (1403072)
Wahyu Agung W (1403080)

INDEK KATZ .

kecuali mengikat sepatu  Seluruhnya dengan bantuan .Indeks katz merupakan instrument sederhana yang digunakan untuk menilai kemampuan fungsional AKS (Aktivitas Kehidupan Sehari-hari). Mandi (Bathing)  Dapat mengerjakan sendiri  Sebagian/pada bagian tertentu di bantu  Sebagian besar/seluruhnya dibantu 2. Berpakaian (Dressing)  Seluruhnya tanpa bantuan  Dapat mengerjakan sendiri. Indek katz mengukur aktivitas fungsional yang mencangkup kemampuan-kemampuan sebagai berikut: 1. dapat juga untuk meramalkan prognosis dari berbagai macam penyakit pada lansia.

Pergi Toilet (Going to Toilet)  Dapat pergi ke WC dan dapat mengerjakan sendiri  Dapat pergi ke WC tetapi memerlukan bantuan  Tidak dapat pergi ke WC 4.3. Transfer  Tanpa bantuan  Dapat melakukan bantuan  Tidak dapat melakukan .

Continence (Bladder dan Bowel)  Dapat mengontrol  Kadang-kadang ngompol/BAB di tempat tidur  Di bantu seluruhnya (dengan kateter/manual) 6. kecuali hal-hal tertentu  Seluruhnya di bantu .5. tanpa bantuan  Makan dapat sendiri. Makan (Feeding)  Dapat melakukan.

dan disebut sesuai dengan aktivitas yng bias dikerjakan sendiri. dressing. kecuali bathing. kecuali bathing dan satu fungsi lain  D : mandiri. kecuali bathing. going to toilet dan satu fungsi lain  F : mandiri. transferring dan satu fungsi lain  G : tergantung (dependent) pada orang lain untuk 6 aktivitas . dressing dan 1 fungsi lain  E : mandiri. kemudian di klasifikasikan menjadi 7 tahapan. Tahapan aktivitas diatas kemudian disebut dengan Indeks Katz secara berurutan adalah sbb:  A : mandiri untuk 6 aktivitas  B : mandiri untuk 5 aktivitas  C : mandiri. kecuali bathing.Dari kemampuan melaksanakan 6 aktivitas dasar tersebut. dressing. going to toilet.

3.6  B : mandiri : 2.4.6  D : mandiri : 4.4.5. Tingkat kemampuan juga dapat dinilai dengan Likert-type scale (Skala Likert) sebagai berikut :  0 : mandiri sepenuhnya  1 : mandiri menggunakan alat bantu  2 : mandiri dengan bantuan orang lain  3 : ketergantungan sepenuhnya .2.5.6  F : mandiri : 6  G : tergantung pada semua jenis kemampuan.4.Tingkat kemampuan fungsional dapat dinilai dengan menggunakan Guttman scaling .5.5.yaitu :  A : mandiri :1.6  C : mandiri : 3.6  E : mandiri : 5.3.

.

TERIMA KASIH .