You are on page 1of 6

10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui

2. 3. masa bayi lahir sampai umur 2 tahun termasuk cara mengatasi kesulitan menyusui.10 langkah menuju keberhasilan menyusui 1. . 4. melatih semua staf pelayanan kesehatan dalam hal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan kebijakan tersebut. Memiliki kebijakan tertulis mengenai pemberian ASI yang secara rutin dikomunikasikan kepada semua staf perawatan kesehatan. Menjelaskan kepada semua ibu hamil tentang manfaat menyusui dan penatalaksanaannya dimulai sejak masa kehamilan. menawarkan bantuan jika diperlukan. Menempatkan bayi kontak kulit ke kulit dengan ibu mereka segera setelah lahir selama setidaknya satu jam dan mendorong ibu untuk mengenali ketika bayi mereka siap untuk menyusui.

Melaksanakan praktek rawat gabung. 6. tanpa pembatasan terhadap lama dan frekuensi menyusui. . Membantu ibu bagaimana cara menyusui yang benar dan cara mempertahankan menyusui bahkan jika mereka terpisah dari bayi mereka atas indikasi medis. 8. 9. 10. Mengupayakan terbentuknya kelompok pendukung ASI (KP-ASI) dan merujuk ibu kepada kelompok tersebut ketika pulang dari rumah sakit/rumah bersalin/sarana pelayanan kesehatan. Tidak memberikan ada dot atau empeng pada bayi yang disusui. kecuali indikasi medis. mengupaykan ibu dan bayi tetap bersama 24 jam sehari. 7. Mendorong menyusui semau bayi semau ibu.10 langkah menuju keberhasilan menyusui 5. Tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir.

Label harus menggunakan bahasa sesuai. 7. dilarang menggunakan bahasa atau gambar yang menggambarkan makanan paling ideal. Pemerintah harus memastikan objektifitas dan konsistensi informasi yang diberikan tentang pemberian makanan bayi . Staf pemasaran perusahaan (termasuk tenaga kesehatan yang dibayar oleh perusahaan untuk memberi nasehat atau pelajaran) dilarang berhubungan langsung dengan ibu 5. Ringkasan dari butir utama kode internasional 1. Dilarang memberikan sempel gratis pada ibu-ibu 3. Dilarang memberikan hadiah atau sampel pribadi kepada petugas kesehatan atau keluarganya 6. Dilarang promosi di fasilitas kesehatan 4. Dilarang memasang iklan pengganti ASI dan produk lainnya kepada masyarakat 2.

Produsen dan distributor harus mematuhi kode (dan semua resolusi WHA.selanjutnya) 13. 10. Produk-produk yang tidak berhubungan dilarang dipromosikan untuk bayi 11. Semua informasi didalam produk buatan makanan buatan. termasuk didalam label harus memuat dengan jelas keuntungan menyusui juga biaya dan bahaya yang berhubungan dengan penggunaan makanan pengganti ASI. Semua produk seharusnya berkualitas tinggi dan sesuai dengan kondisi iklim dan penyimpanan negara yang akan menggunakannya 12. Informasi kepada petugas kesehatan bersifat ilmiah dan faktual 9. Tenaga kesehatan profesional harus mengetahui dan manaati kode dan resolusi WHA. . Ringkasan dari butir utama kode internasional 8.

Nasihat untuk para ibu yang bekerja diluar rumah Susuilah secara eksklusif dan sesering mungkin selama cuti melahirkan Belajarlah memerah ASI segera setelah lahir Jangan mulai memberi makanan lain sebelum benar-benar membutuhkannya Teruskan menyusui dimalam hari. dan tinggalkan ASI perah tersebut untuk mengasuh . dan kapan saja saat ibu dirumah Perah ASI sebelum pergi bekerja. dini hari.