TUGAS KELOMPOK

Penyusun :
Wahyu Pratama Nur Anggara
Naza Naratama Wikananda
Fadliansyah
Dara Elvira Damayanti

MATERI PEMBELAJARAN A • Tindakan ekonomi B • Motif ekonomi C • Prinsip ekonomi .

kekuatan yang ada dalam diri manusia untuk melakukan tindakan atau kegiatan disebut motif .konsumsi. TINDAKAN EKONOMI Tindakan Ekonomi adalah kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup. kegiatan ekonomimanusia tentu saja harus rasional agar mendapat hasil yang maksimal. Dalam tindakan ekonomi memiliki kegiatan-kegiatan ekonomi yang meliputi tiga hal yaitu kegiatan produksi. motif yang berasal dari dalam diri manusia disebut motif intrinsik sedangkan motif yang berasal dari luar diri manusia disebut motif ekstrinsik. Kegiatan rasional adalah kegiatan yang dilakukan dengan pikiran dan akal sehat contohnya pengusaha dalam mengasilkan barang tenyu harus mempertimbangkan tentang bahan yang murah dan berkualitas tenaga kerja yang murah tetapi terampil sehingga hasil produksi itu berkualitas dengan harga yang murah BACK . Tindakan ekonomi seseorang didorong oleh kekuatan yang ada pada diri mereka sendiri. dan distribusi.

keinginan atau motif keinginan atau motif yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi ada bermacam macam. secara garis besar motif ekonomi dapat dibedakan menjadi 4 macam. yaitu : NEXT  . MOTIF EKONOMI Keinginan atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi.

4 Macam motif ekonomi • Motif untuk memenuhi kebutuhan 1 • Motif untuk berbuat sosial 2 • Motif untuk memperoleh penghargaan 3 • Motif untuk memperoleh kekuasaan 4 .

Contoh bu tuti membuka warung dirumah dengan tujuan membantu mendapatkan tambahan penghasilan suaminya yang bekerja sebagai buruh pabrik BACK . Apabila penghasilannya tidak mencukupi maka berusaha mendapat penghasilan tambahan dengan melakukan kegiatan ekonomi lainnya. Setiap aktivitas yamg dilakukan manusia dengan harapan dapat memeroleh pengasilan penghasilan itulah yang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. yaitu memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.Motif untuk memenuhi kebutuhan Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi.

Motif untuk berbuat sosial Rasa kemanusiaan selalu ada pada setiap orang. Selain ingin memenuhi kebutuhan manusia punya keinginan untuk menolong orang lain atau ingin membatu sesama manusia sebagai contoh seorang guru mengajar di sekolah ia juga membuka les di rumah dengan harapan ingin mendapat tambahan penghasilan juga ada keinginan untuk membantu siswa dalam belajar dalam berbuat sosial menolong orang harus dari niat sendiri bukan atas dorongandari orang lain BACK .

kita dapat lihat orang yang ada di sekitar kita.Motif untuk mendapat penghargaan Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau tetapi juga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar. selain mempunyai harta yang melimpah atau melebihi orang yang ada di sekitarnya ia berharap memperoleh penghargaan atau menjadi orang yang terpandang di masyarakat. BACK .

Kekuasaan ini merupakan kekuasaan untuk diri sendiri sebagai manusia memang tidak puas terhadap apa yang diperoleh. Ini memang wajar kalau kita melakukan kegiatan dan usaha ini berhasil maka yang dilakukab selanjutnya adalah mengembangkan usaha itu. pak beny mempunyai tujuan lain yaitu ingin menguasai di bidang ini. Contoh Pak Beny memiliki dealer mobil dengan bengkel ia ingin membuka cabang lagi didaerah lain .Motif untuk meraih kekuasaan Motif lain yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi ialah motif untuk memperoleh kekuasaan. Selain tujuan untuk mengembangkan usaha. BACK .

Prinsip Ekonomi Kebutuhan manusia beraneka ragam dan setiap waktu selalu bertambah. Oleh karena itu. agar manusia dapat memenuhi kebutuhan pada kepuasan yang maksimal maka manisia harus memilih. sehingga dalam melakukan kegiatan produksi dapat efisien dan barang hasil produksinya berkualitas. konsumen. sedang alat pemuas terbatas. tengaga kerja yang terampil. mesin yang modern. Tindakan memilih ini perlu dilakukan oleh siapa saja baik produsen. Bagi distributor berusaha agar barang yang disalurkan tepat sasaran dan bagi konsumen dapat membeli barang dengan harga yang murah dan berkualitas NEXT  . Bagi pelku produksi tindakan yang dilakukan harus menggunakan bahan baku yang bagus. maupun distributor.

Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan yang seminimalnya untuk mendapat hasil yang maksimal II. Perinsip ekonomi adalah dengan pengorbana yang yang kita keluarkan untuk mendapat hasil yang memuaskan III. Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir meawan manusia yang digunakan untuk melakukan tindakan ekonomi NEXT  . Prinsip ekonomi adalah berusaha dengan alat yang tersedia untuk memperoleh hasil yang maksimal IV. Berikut ini adalah beberapa pengertian prinsip ekonomi I.

Prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam kegiatan ekonomi dan memiliki tujuan berbeda berikut ini adalah penerapannya dalam kegiatan ekonomi : 1) Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi antara lain: a) mengunakan bahan mentah dengan mutu baik dengan harga murah b) mendirikan tempat perusahaan yang dekat dengan bahan mentah c) menggunakan tenaga kerja yang terampil d) mengunakan mesin yang modern dengan harga murah tetapi produktif e) harus selalu hemat baik itu dana. atau pun tenaga kerja NEXT  . jam kerja.

dan tepat tempat c) Menempatkan perusahaan diantara produsen dan konsumen d) Menggunakan sarana dustribusi yang murah e) Meningkatkan mutu pelayanan NEXT  .2) Prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi antara lain: a) Membeli barang pada produsen yang tepat b) Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran. tepat waktu.

3) Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi a) Membeli barang dengan memilihnya dahulu b) Membeli barang dengan menawarnya terlebih dahulu c) Membeli barang yang kualitasnya bagus d) Membeli barang sesuai dengan yang direncanakan e) Setiap awal bulan membuat daftar kebutuhan berdasarkan skala prioritas f) Berusaha mencari tambahan penghasilan NEXT  .

SEKIAN & TERIMA KASIH .