Kelompok II

 FAISAL UDIN 16.901.021
 MUSTARI 16.901.025
 JULTIFANI PEDE 16.901.002
 NAFILA A. DARWIS 16.901.035
 SRIRAHMADANI 16.901.042
 YUNA S. SAPONYO 16.901.009
 FRIKDIANUS RATTEALO 16.901.011
 FERNANDITO KAIFOLA 16.901.028

dirasa atau dicium. diraba. atau pengantar. Secara harfiah dalam bahasa Arab. didengar. untuk memperlancar komunikasi dan oenyebarluasan informasi . media berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Pengertian Media dalam promkes Kata media berasal dari bahasa latin “medius” yang berarti tengah. perantara. Media atau alat peraga dalam promosi kesehatan dapat diartika sebagai alat bantu promosi kesehatan yang dapat dilihat.

dan media luar ruang.Media Dalam Promosi Kesehatan Media promosi dalam promosi kesehatan yaitu semua saranana atau upaya menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator. 2005). elektronika. baik melalui media cetak. sehingga pengetahuan sasaran dapat meningkat dan akhirnya dapat mengubah perilaku ke arah positif terhadap kesehatan (Soekidjo. .

7. Media dapat memperlancar komunikasi. 5. 3. Media dapat memperjelas informasi. 2. Media dapat menampilkan objek yang tidak bisa ditangkap mata. 4. Media dapat mempermudah penyampaian informasi. .Tujuan Media Dalam Promos Kesehatan 1. Media dapat mengurangi komunikasi yang verbalistis. 6. Media dapat menghindari kesalahan persepsi. Media dapat mempermudah pengertian.

Langkah-Langkah Penetapan Media Dalam Promkes 1. Memilih media promosi kesehatan . Menetapkan tujuan 2. Memposisikan pesan (positioning) 4. Menentukan strategi positioning 5. Menetapkan segmentasi sasaran 3.

dan pamflet Media elektronik:televisi. radio. surat kabar. TV layar lebar. CD interaktif. pameran. lembar balik. slide show. banner. VCD. kaset. . CD. brosur. dan lain-lain. DVD. spanduk. Berdasarkan cara produksi Media cetak:poster. Media luar ruang:papan reklame. film.Penggolongan Media Dalam Promkes 1. majalah. leaflet. stiker. dan lain- lain.

poster seri. buku rujukan/bacaan. slide. transparansi. leaflet majalah. tabloid. Berdasarkan bentuk umum penggunaan Bahan bacaan :modul. dan lain-lain. film. . flip chart.Penggolongan Media Dalam Promkes 2. dan lain-lain. Bahan peragaan:poster tunggal. buletin.

Faeda Promosi Kesehatan 1. Merangsang sasaran pendidikan untuk meneruskan pesan-pesan yang diterima kepada orang lain . Membantu dalam mengatasi banyak hambatan dalam pemahaman 4. Mencapai sasaran yang lebih banyak 3. Menimbulakan minat sasaran pendidikan 2.

kemudian lebih mendalami.Faeda Promosi Kesehatan 5. Mendorong keinginan orang untuk mengetahui. Membantu menegakan pengertian yang diperoleh . Mempermudah penyampaian bahan pendidikan/informasi oleh para pendidik/pelaku pendidika 6. 7. Mempermudah penerimaan informasi oleh sasaran pendidikan. dan akhirnya mendapatkan pengertian yang lebih baik 8.

TERIMAH KASIH .