Aneurisma Bone Cyst (ABC

)
Natya Rahmadiyanti (12100116001)
Pembimbing :
dr. Suherlan Toha, Sp. Rad

SMF RADIOLOGI
RSUD AL-IHSAN

Aneurisma bone cyst

• Kista tulang aneurisma / aneurisma bone cyst(ABC)
adalah lesi kistik yang paling sering terjadi selama
dekade kedua kehidupan seseorang dan dapat terjadi
pada setiap tulang dalam tubuh. Meskipun tergolong
jinak, ABC dapat menjadi lokal agresif dan
menyebabkan melemahnya luas struktur tulang serta
mengenai jaringan sekitarnya.

• Perbandingan laki-laki dan perempuan 1. • Sekitar 50-70% dari ABC terjadi pada dekade kedua kehidupan. Usia pasien rata-rata saat onset adalah 13-18 tahun. hanya 1-6% dari semua tumor tulang primer.2 : 1 • Lokasinya biasanya pada metafisis. dengan 70-86% terjadi pada pasien yang lebih muda dari 20 tahun. Epidemiologi • ABC umumnya dianggap langka. dan pusatnya dieccentric .

Teori ini telah diusulkan karena tingginya insiden yang menyertai tumor di 23-32% dari ABC. hemangioendothelioma. Etiologi • Etiologi ABC tidak diketahui dengan pasti kebanyakan peneliti percaya bahwa ABC adalah hasil dari suatu kelainan pembuluh darah dalam tulang. Tiga teori umum diusulkan adalah sebagai berikut: • ABC dapat disebabkan oleh reaksi sekunder lain lesi tulang. termasuk displasia fibrosa. banyak tumor jinak dan ganas lainnya yang ditemukan. chondromyxoid fibroma. osteosarcoma. chondrosarcoma. fibroma nonossifying. Namun. dan karsinoma metastasis. chondroblastoma. . Tumor sel raksasa yang paling sering ditemukan. osteoblastoma.

.• ABC mungkin timbul tanpa bukti lesi lain diklasifikasikan sebagai ABC utama • ABC mungkin timbul di daerah trauma sebelumnya.

ini termasuk fistula arteriovenosa dan penyumbatan vena. . Patofisiologi Patofisiologi secara pasti belum diketahui Sebuah kista aneurisma tulang merupakan perluasan lesi yang rongga kistanya terisi oleh darah. dan resorpsi tulang sekitarnya. Lesi vaskuler kemudian menyebabkan peningkatan tekanan. ekspansi. erosi. Teori yang berbeda tentang malformasi vaskular ada beberapa. Malformasi ini juga diyakini menyebabkan perdarahan lokal yang memulai pembentukan jaringan osteolitik.

Gambaran klinis • Pasien biasanya datang dengan nyeri. atau kombinasi dari gejala-gejala di daerah yang terkena. massa. . Gejala biasanya terasa beberapa minggu hingga bulan sebelum diagnosis dibuat. patah tulang patologis. pembengkakan. dan pasien juga mungkin memiliki sejarah massa yang cepat memperbesar.

• Terdapat pula eggshell appearance yang mengelilingi lesi • Pada beberapa gambaran tampak ruang kista dan septa yang terosifikasi . • Gambaran mungkin akan memperlihatkan ekspansi dari jaringan tulang sekitar yang meluas dan membesar seperti balon/gelembung busa. Gambaran radiologi • Temuan dari radiografi biasanya memperlihatkan adanya central subperiosteal lesion yang muncul sebagai kist.

well contained within the bone.  Type II – ABC that involves the entire segment of bone. an inflated appearance with cortical thinning. no or minimal cortical erosion. penetration of the cortex. extension into cancellous bone.  Type III – Eccentric metaphyseal location. . inflation of periosteum toward the soft tissues. Tipe morfologi radiografi ABC Capanna et al described the following 5 morphologic types based on the radiographic findings of ABCs :  Type I – Central metaphyseal presentation. with the bone profile intact or with slight expansion. no or minimal expansion of the cortex.  Type IV – Subperiosteal extension. rare in the diaphysis.  Type V – Metadiaphyseal location.

Ct scan dan MRI mungkin dapat mengkonfirmasikan diagnosis ABC. Diagnosis • Pemeriksaan melalui radiografi. namun jika masih ragu dapat dilakukan histological biopsy dikarenakan tingginya tumor yg menyertai .

Bone Cyst of the upper arm .

.

Bone cyst affecting on the lumbar spine .

Aneurysma bone cyst upper arm on 13 year old female over 2 month .

.

.

.

Aneurysma bone cyst right upper arm 18 year old female .

ABC pada Giant Cell Tumor (GCT) • Aneurysmal Bone Cyst dapat timbul didalam GCT  umur dan gambaran radiologis  lesi sugestif GCT • CT & MRI  fluid level (+) disamping gambaran komponen padat yang enhance .

Aneurysmal Bone Cyst pd Giant Cell Tumor .

Aneurysmal Bone Cyst pd Giant Cell Tumor .

‫ب ْالعَالَ ّم َ‬ ‫ين‬ ‫ْال َح ْمدُ ّ هَلِلّ َر ِّّ‬ ‫‪Terima Kasih‬‬ .

Related Interests