MUTASI KROMOSOM

DELESI ATAU DEFISIENSI
Oleh
Hafsah Labibah
XII MIPA 1/ 13

 Delesi dan duplikasi cenderung terjadi selama meiosis. . Kromatid-kromatid homolog kadang-kadang berpisah dan bergabung kembali di tempat-tempat yang "tidak tepat". sehingga salah satu pasangan akan melepaskan gen yang lebih banyak dibandingkan dengan yang didapatkan oleg kromatid tersebut. . Hasil dari persilangan yang tidak timbal balik adalah satu kromosom dengan delesi dan satu kromosom dengan duplikasi. Delesi atau Defisiensi adalah mutasi kromosom karena hilangnya suatu segmen materi genetik dan informasi genetik yang terdapat dalam suatu kromosom.

 Apabila terjadi delesi belum tentu diikuti duplikasi. radiasi. virus atau bahan kimia . Apabila terjadi duplikasi pasti selalu diikuti dengan delesi pasangan kromosom sehomolognya. Karena potongan segmen materi genetik dapat menempel pada kroosom homolognya atau pun tidak.  Penyebab : pemanasan.

Delesi Terminal yaitu delesi yang kehilangan ujung segmen kromosom.macam delesi : 1.Macam. .

Delesi Interkalar yaitu delesi yang kehilangan bagian tengah kromosom.2. .

Delesi Cincin yaitu delesi yang kehilangan segmen kromosom sehingga berbentuk lingkaran seperti cincin.3. .

Delesi Loop yaitu delesi cincin yang membentuk lengkungan pada kromosom lainnya. . sehingga memungkinkan adanya kromosom lain (homolognya) yang tetap normal. Hal ini terjadi pada waktu meiosis.4.

Contoh kelainan delesi : .

ciri : .Fissura palpebra (mata sipit ke bawah) . Ciri. Sindrom Cri Dhu Cat Sindroma ini terjadi karena adanya penghapusan informasi pada kromosom nomer 5.Berat badan lahir yang rendah dan pertumbuhan yang lambat .Kepalanya kecil (mikrosefalus) -Wajah asimetris dan mulutnya tidak dapat menutup rapat .Beberapa bayi memiliki wajah yang bundar (moon face) .Tangisan bernada tinggi seperti suara kucing .Hipertelorisme (kedua mata terpisah jauh) .Lehernya pendek .Mikrognatia (rahang kecil) .Hidungnya lebar .

 Wolf-Hirschhorn Syndrome .

Hemangioma : tumor jaringan lunak yang muncul pada bayi atau anak2 usia kurang dari 1 th .cacat pada kulit kepala .4 Ciri.Penderita mengalami mikrocephali .sumbing .kemunduran mental .Wolf-Hirschhorn Syndrome Terjadi karena delesi pada bagian lengan pendek (p) kromosom no.ciri : .hemangioma pada beberapa bagian tubuh.

 Padi aromatik Padi aromatik dan nonaromatik dibedakan berdasarkan delesi gen pada kromosom 8 yang menyebabkan padi mempunyai sifat aroma (Badbury et al. 2005). .

Drosophila melanogaster  Delesi kromosom terjadi pada kromosom X Drosophila melanogaster yang berukuran lebih pendek. Mutan ini bersifat resesif dan letal. dapat hidup hanya dalam bentuk heterozigot. .

id/2011/08/mutasi.pdf  http://biologimanzapo.co.info/slide/3093083/&h=720&w=960&tbnid=aB9zuOHqf2WEKM:&docid=ZMUe Kmd5agV2kM&ei=dl6VVvrsLouQuATbj4jABA&tbm=isch&ved=0ahUKEwj6_56Fi6XKAhULCI4KHdsHAkgQ MwgbKAEwAQ  http://biomansmaitnh.ac.cpuik.pdf  file:///C:/Users/ASUS/Downloads/kromosom.html  http://www.html  file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Pemuliaan_Kelainan_Genetik_dan_Sitogenetik.html  http://repository.id/imgres?imgurl=http://images.co.com/2013/05/mutasi-gen-dan-mutasi-kromosom.co.info/11/3093083/slides/slide_25.pdf  file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Pemuliaan_Kelainan_Genetik_dan_Sitogenetik.jpg&im grefurl=http://slideplayer.slideplayer.id/2011/10/mutasi.Sumber:  https://www.google.pdf.blogspot.com/2010/10/sindroma-cri-du-chat-tangisan-anak.jsessionid=AB8F4515B98FC3DA 3BF9F48D2FDF575E?sequence=2  http://www.blogspot.terapisehat.ipb.id/bitstream/handle/123456789/12325/G09bpa.html .