Tim Pelatihan Dokter Kecil

Puskesmas Sukasada II

TIM PELATIHAN DOKTER KECIL
PUSKESMAS SUKASADA II

Apa itu Napza??? Napza adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman .oksigen dan makanan yang fungsinya untuk mempertahankan tubuh .baik buatan(sintetis) atau semi buatan (semi sintetis) yang dapat menyebabkan perubahan fungsi tubuh dan struktur tubuh serta menyebabkan ketergantungan tidak termasuk air.

.

NARKOTIKA Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman .baik buatan(sintetis) atau semi buatan (semi sintetis) yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran . Opium. Metadon . mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan Contoh: Ganja/cimeng/gele.

Golden Eagle . Inex.Psikotropika adalah zat APA ITU atau obat baik PSIKOTRO dari alam atau PIKA? buatan yang mempengaru hi susunan saraf pusat dan menyebabkan perubahan pada aktifitas mental dan prilaku Contoh: Amfetamin/ ekstasi. Shabu.

Glue (ngelem) .rokok.Bahan lain atau obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya menimbulkan ketergantungan Contoh : alkohol/miras (minuman keras).

rokok merupakan pintu awal mengenal napza. Rokok termasuk napza yang diperjual belikan secara bebas .ROKOK Bahan aktif yang mengandung nikotin yang menyebabkan ketergantungan dan banyak zat lain yang berbahaya bagi kesehatan .

Gangguan Ginjal 7. Gangguan pada otak/susunan saraf pusat : Stroke 4.kulit. Gangguan Sistem Reproduksi : Ibu hamil (BBLR) 6. Gangguan sistem pencernaan : Penyakit Lambung 5. Gangguan pada Paru dan saluran pernapasan : kanker 3.1. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah 2. rambut . Merubah Warna gigi.

Mual. Ketergantungan alkohol . Gangguan Prilaku 3.muntah diare 2. Minuman Keras Adalah minuman mengandung alkohol dan menyebabkan ketergantungan Akibat Pemakaian 1.

.

.

JENIS . bensin .JENIS NAPZA  Nikotin  Alkohol Ganja Heroin (putauw) Penenang atau obat tidur Ekstasi dan shabu Inhalasi/Solven (bahan mudah menguap): Tiner.lem.

Aktif dalam kegiatan positif seperti olah raga. CARA PENCEGAHAN NAPZA 1. Hindari bergaul dengan teman atau lingkungan tercemar 2. Berani katakan tidak pada napsa 3. kesenian. keagamaan dll .