UTILISASI INDUSTRI

PUPUK SRiwijaya
Nama kelompok
1. Widyastuti
2. Maman Suhaman
3. Sella Rindy Antika
4. Amela Dinda Pradekta
5. Naela Salsabila

Utilisasi merupakan sarana penunjang untuk menjalankan suatu pabrik dari tahap awal sampai produk akhir. Unit udara instrument/ udara pabrik 6. Unit Water intake 2. Pembangkit uap / steam 4. Unit Pengolahan Air 3. Uniit pengolahan air limbah . Unit pembangkit listrik 5. Unit utilisasi pupuk meliputi: 1.

Pengendapan dilakukan secara gravitasi menggunakan settling pit untuk mengendapkan yang tersuspensi dalam air 4. Untuk perumahan dan perkantoran menggunakan air PDAM. dan perumahan industri tersebut. 1. Flokulasi dan Koagulasi untuk mengendapkan suspensi partikel koloid yang tak terendapkan karena ukurannya sangat kecil . Proses pengambilan air: 1. sungai. Penyaringan menggunakan carse dan fine screen untuk menyaring kotoran berukuran besar 3. perkantoran. dan untuk air industri menggunakan air danau. Penghisapan yang dilengkapi dengan vakum 2. Unit Water intake Merupakan sumber perairan untuk pabrik.

5. Penampungan dan pemompaan yang dilakukan dengan pompa sentrifugal . Filtrasi menggunakan saringan pasir silica (sand filter) untuk menyaring padatan tersuspensi 6.

2. Unit pengolahan Air  Kebutuhan air di dalam pabrik diperlukan untuk bahan pembantu proses yaitu dalam bentuk filter water dan demin water. disamping itu diproduksi pula potable water sebagai air minum .

3. Terdapat 2 jenis steam generator yaitu : • Package boiler • Waste heat boiler . Unit Penyediaan steam/ pembengkit uap digunakan untuk kebutuhan operasi package boiler.

perkantoran dan perumahan. Main generator Digaunakan untuk menyalurkan listrik ke seluruh pabrik. Stanby generator Merupakan generator pendamping yang digunakan apabila main generator terjadi gangguan c. a. 4. Emergency generator Digunakan apabila terjadi gangguan main generatr pada saat terjadi peralihan dari mian generator ke stanby generator . Unit pembangkit listrik Digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik. b.

purging di boiler. Fungsi Udara pabrik antara lain flushing jaringan pipa.5. Unit udara instrument/ udara pabrik Fungsi unit udara instrument yaitu untuk menggerakan pneumatic control valve. mixing tangki kimia. pengantongan urea dan pembakaran diburning pt . dan flushing.

Unit pengolahan air limbah Terdiri dari 1. Dinetralkan dengan menambah asam. Waste water pond Merupakan pengolahan limbah yang berasal dari pabrik ammonia dan pabrik urea. Kolam penampungan dan pengendalian limbah Digunakan untuk mengatur komposisi limbah dan kecepatan buangnya untuk mengurangi jumlah padatan terlarut dengan cara penegendapan. 2. 6. Cara pengolahan limbah adalah sebagai berikut: 1. . Dibuang ke laut 2.

...Terimakasih.. .