KEBUTUHAN

NUTRISI PADA
ANAK
Disampaikan Pada Mata Kuliah
Keperawatan Anak
Oleh : Ns. Alice Rosy, S. Kep

Pertumbuhan dan perkembangan anak

Faktor : nutrisi

Pemahaman orang tua tentang nutrisi pada
anak

Damapk Nutrisi Pada Tumbuh
Kembang Anak
Pemberian nutrisi tidak hanya untuk
memenuhi kebutuhan fisik atau fisiologis
anak, tapi juga berdampak pada aspek :
– Psikologis
Mencakup aspek : psikodinamik,
perkembangan psikososial dan maturasi
organik.
– Fisiologis

Fase oral berhasil dilalui apabila anak mendapatkan kepuasandalam pemenuhan kebutuhan oral saat makan dan minum (berupa ASI). . Psikodinamik (Freud) Kebutuhan utama pada bayi : kebutuhan dasar melalui oral. Dampak psikodinamik yang diperoleh bayi adalah kepuasan karena terpenuhinya kebutuhan dasar dan kehangatan saat pemenuhan kebutuhan dasar tersebut.Dampak psikologis : 1.

Psikososial (Erickson) Fase awal dari tumbang anak menurut pendekatan psikososial adalah tercapainya rasa percaya dan tidak percaya sebagai kegagalan dalam pemenuhan tersebut. Makanan (merupakan stimulus ) → meringankan rasa lapar .Dampak psikologis : 2.

Maturasi organik (Piaget) Perkembangan organik melalui makanan : pengalaman mendapat sensoris ( rasa. penciuman. Selain mengenal bermacam rasa → bertambah kayanya penciuman melalui bau makanan. memegang cangkir. pergerakan & perabaan). seperti menyuap dan menyendok makanan. .Dampak psikologis : 3. sendok dan keterampilan koordinasi gerak. selain itu dapat meningkatkan keterampilan seperti memegang botol susu.

berat badan & pertumbuhan organ fisik lainnya normal. . Dampak Fisiologis Asupan nutrisi adekuat (masa intrauterin) → kesehatan ibu & pertumbuhan janin → kehamilan bertambah besar → janin tumbuh dan berkembang (sampai siap dilahirkan) → panjang badan.

. (Ingat : faktor suka atau tidak suka pd makanan tertentu biasa terjadi pada anak usia tertentu yaitu todler dan prasekolah). untuk menentukan makanan yang tepat maka : Tentukan jumlah kebutuhan dari nutrien Lalu tentukan jenis makanan yang dapat dipilih untuk diolah sesuai dengan menu yang diinginkan Tentukan juga jadwal pemberian & perhatikan porsi yang dihabiskan. Oleh karena itu.NUTRIEN PADA BAYI DAN ANAK. Setiap anak punya kebutuhan yang berbeda & karakteristik yang khas dalam mengkonsumsi makanan dan zat gizi tersebut. Nutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. .

Jenis nutrien yang diperlukan tubuh : Air Kebutuhan nutrisi yg sangat penting. Sumber zat air dapat diperoleh dari air dan semua makanan. Air juga berfungsi sebagai pelarut untuk pertukaran seluler. . transpor nutrien dan produk buangan dan pengaturan suhu tubuh. kebutuhan bayi relatif tinggi 75 – 80% dari berat badan dibandingkan dengan or-dew yang hanya 55 – 60%.

Kebutuhan air pada usia bayi : USIA / Kg BB / hari (ml)13 hari80 – 100210 hari125 – 15033 bulan140 – 16046 bulan130 – 15559 bulan125 – 14561 tahun120 – 135 .

Kombinasi keduanya sangat dianjurkan. Nilai gizi protein hewani lebih besar dr protein nabati dan lebih mudah diserap oleh tubuh. . Protein Dua jenis protein yaitu : Protein hewani dan protein nabati.

E. . kecuali lemak esensial yaitu : Asam linoleat dan asam arakidonat.D. yaitu vitamin A. lemak merupakan sumber gliserida dan kolesterol yg tidak dapat dibuat dari karbohidrat. dan K. Pada anak usia bayi sampai kurang lebih 3 bulan. Lemak Lemak tidak banyak dibutuhkan dalam jumlah besar. Lemak berfungsi untuk mempermudah absorbsi vitamin yang larut dalam lemak.

Apabila tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang memadai untuk menghasilkan energi. sereal. sperti bubur susu. Bayi yg mendapatkan asupan dr ASI akan mendapatkan 40% kalori dari laktosa yang dikandung dalam ASI. karbohidrat dapat diperoleh dari makanan yg banyak mengandung tepung. Karbohidrat Merupakan sumber tenaga bagi anak. Pada anak yg sudah mendapatkan makanan tambahan pendamping ASI. nasi tim atau nasi. tubuh akan memecah protein dan lemak cadangan dalam tubuh. .

5 – 43 – 88 – 1210 – 1515 – 2020 – 3535 – 60700. D.2 – 0.71.550.Kebutuhan Kalori Untuk Bayi dan Anak ( Marlow.7 0.755060 – 70 50 – 60 45 – 504540 – 4525 – 4015 .6 .5 – 1.0.35 0.R dan Reeding. B.20 . 1988) USIABB( Kg )PERMUKAAN N TUBUHCal / Kg( Kg )Neonatus1 mgg – 6 bulan6 – 12 bulan 12 – 24 bulan2 – 5 tahun6 – 10 tahun11 – 15 tahunDewasa 2.45 – 0.7 – 1.1 1.450.230.A.2 – 0.35 – 0.

tidak disimpan dalam tubuh melainkan harus dikonsumsi melalui makanan tertentu. Vitamin dan mineral Vitamin adalah sejumlah zat yang terdapat dalam makanan yg berfungsi untuk mempertahankan fungsi tubuh. . Vitamin terbagi dua : Vitamin yg larut dalam air adalah vitamin B dan C.

kerusakan pembuluh darah dan sel syaraf). B2 / Riboflavin (jika kekurangan maka tubuh merasa lelah. kurang nafsu makan. kurang aktif bekerja serta mengurangi ketajaman penglihatan) dan B12 Kekurangan B12 dan asam folat dapat menyebabkan anemia . Vitamin B mencakup : B1 / Tiamin (metabolisme karbohidrat untuk pembentukan energi. jika kekurangan : tubuh cepat lelah.

Vitamin C Meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan absorbsi zat besi dalam usus. .

E dan K) Vitamin A Berperan dalam pertumbuhan. penglihatan. P. D. Mineral makro : Ca. Mineral mikro : Fe & Zn. Mg.Vitamin yang larut dalam lemak (A. . Vitamin E Antioksidan untuk berbagai senyawa yg larut dalam lemak dan berperan dalam fertilisasi manusia. reproduksi dan pemeliharaan sel epitel. Vitamin K Penting untuk proses pembekuan darah & mineral yg dibutuhkan tubuh. Na & K. Vitamin D Penting untuk penyerapan dan metabolisme Kalsium dan Fosfor. pewmbentukan tulang dan gigi.

Manfaat ASI : melindungi dari penyakit infeksi. AIR SUSU IBU (ASI) Pemberiannya mudah Mengandung antibodi Murah dan praktis & sekaligus memenuhi kebutuhan psikologis anak (hangat & nyaman) Kontraindikasi pemberian ASI : ibu yang berpenyakit menular. mempererat hubungan dengan ibu. wanita hamil dan ibu yang dalam therapy steroid atau morfin. .

4 gram lemak : 3.Kandungan zat gizi ASI ( 100 gr ) Kalori : 68 kalori Protein : 1.7 gr Kh : 7.2 gr zat kapur 30 gr fosfor : 20 gr vitamin A 60 gr Tiamin : 30 gr .

Zat kekebalan yang terdapat dalam ASI : Immunoglobulin yg berfungsi untuk melindungi tubuh dr infeksi. Lisozim yang dapat menghancurkan dinding bakteri Laktoperoksidase yg dapat membunuh streptococcus Laktoferin yg dapat membunuh beberapa jenis organisme Sel darah putih yg dapat berfungsi sebagai fagosit Zat anti-staphylococcus yg dapat menghambat [ertumbuhan staphylococcus .

dua kali berat badan lahir & 1 tahun : 3 x BBL Penilaian subjektif Yaitu bayi tampak puas dan tidur nyenyak setelah menyusu dan ibu merasakan aliran ASI cukup deras. . Cara menilai kecukupan ASI dalam tubuh : Berat badan lahir telah tercapai kembali sekurang-kurangnya pada akhir minggu kedua setelah lahir dan selama itu tidak terjadi penurunan berat badan lebih dari 10%. Kurva pertumbuhan berat badan memuaskan dan menunjukan kenaikan sebagai berikut : – Triwulan pertama : 150 –250 gr/mg – Triwulan kedua : 500 – 600 gr/bulan – Triwulan ketiga : 350 – 450 gr/bulan – Triwulan keempat : 250 –350 gr/bulan Usia 4 – 5 bulan.

makanan utama adalah ASI ditambah makanan pelengkap – usia 0 – 4 bulan. – Usia 8 – 12 bulan. buah- buahan dan telur. Pada usia diatas 4 bulan baru boleh diberikan makanan lumat berupa bubur susu 1 kali dan buah 1 kali. – Usia 6 – 7 bulan dimulai dengan pemberian nasi tim dg campuran antara beras.Pengaturan makanan untuk bayi & anak sehat Untuk bayi. – Untuk bayi 5 – 6 bulan diberikan 2 kali bubur susu. Hindari makanan tambahan lainnya. ASI harus langsung diberikan sesaat setelah melahirkan. diberikan nasi tim dg frekwensi 3 kali sehari. dan bubur susu tidak lagi . sayuran dan daging atau ikan.

saat bayi mulai belajar duduk. kuat menahan leher dan kepalanya. . serta dapat menyatakan keinginannya.Pengaturan makanan untuk bayi & anak sehat Makanan padat Mulai diberikan pada usia diatas 4 bulan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian makanan padat : Bayi telah siap menerima makanan dalam bentuk padat Berikan makanan padat sesuai kemampuan anak mengunyah Observasi tanda alergi makanan (kemerahan. gatal-gatal dll) Kenalkan jenis makanan untuk satu waktu Biarkan bayi mencoba mengenal cara makan misalnya dengan memainkan sendok Jangan terburu-buru dalam memberi makan. tu makanan padat Berikan makanan secara bertahap Berikan makanan pada saat anak lapar .

Kebutuhan nutrisi pada anak usia Todler Karakteristik yang khas pada anak todler : Bergerak terus / tidak pernah diam. Sulit diajak duduk dalam waktu relatif lama Anak sukar / kurang mau makan Nafsu makan anak sering kali berubah (hari ini banyak bsk sdkt) Anak cepat bosan dan tidak tahan makan sambil duduk dalam waktu lama. .

Kenalkan selalu dg jenis makanan yang lainnya.Anjuran pada orang tua denngan anak usia todler : Ciptakan lingkungan makan yg menyenangkan misalnya mengajak makan sambil bemain. Berikan makanan hangat dalam porsi yg tidak terlalu besar. Beri kesempatan anak untuk belajar makan sendiri. . Jangan berharap anak dapat makan rapi sebagaimana anak yg lebih besar. Kurangi frekwensi minum susu. Jangan menuruti kecendrungan anak untuk hanya menyukai satu jenis makanan tertentu. Dianjurkan 2 kali sehari saja.

Anak lebih tertarik pd aktifitas bermain dg teman atau lingkungannya daripada makan. Anak mulai senang mencoba jenis makanan baru Waktu makan merupakan kesempatan yg baik bagi anak untuk belajar dan bersosialisasi dengan keluarga. Kebutuhan nutrisi pada anak usia prasekolah : Karakteristik : Nafsu makan kurang. .

berikan dg frekwensi lebih sering. pikiran serta perasaannya saat makan bersama dan fasilitasi anak untuk berinteraksi secara efektif dg anda atau anggota keluarga yang lain. Apabila memberikan makanan padat seperti nasi. 3 kali sehari. Susu cukup diberikan 2 kali sehari. Apabila makanan yg dikonsumsi cendrung sedikit. . berikan makanan selingan diantara waktu makan tsb. misalnya dengan menggambar atau melakukan aktifitas bermain lain. Izinkan anak untuk membantu orang tua menyiapkan makanan dan jangan terlalu berharap anak akan menyelesaikannya dengan tertib dan rapi. Fasilitasi anak untuk mencoba jenis makanan baru. yaitu 4 – 5 kali sehari. Anjuran untuk orang tua : Pertahankan kebiasaan makan yang baik dg cara mengajarkan anak mengenal nutrisi. Fasilitasi anak untuk megekspresikan ide. tidak harus mahal yg penting memenuhi gizi seimbang.

Kebutuhan nutrisi pada anak usia sekolah Anak usia sekolah mempunyai linkungan sosial yang lebih luas selain lingkungan keluarga yaitu sekolah (guru. teman) .

karakteristik : Anak dapat mengatur pola makannya sendiri. Adanya pengaruh teman atau jajanan dilingkungan sekolah dan dilingkungan luar rumah serta pengaruh TV. Kebiasaan menyukai jenis makanan ttt berangsur-angsur hilang Pengaruh bermainmenyebabkan keinginan untuk makan bisa dikalahkan .

Motivasi orang tua untuk membiasakan anak dg pola makan yang baik. so bekali . Fasilitasi orang tua untuk tidak membiasakan anak jajan. Motivasi anak untuk tetap menyukai jenis makanan tertentu.

banyak aktifitas sehingga lebih suka makanan ringan Anak memasuki fase pubertas sehingga mereka mulai memperhatikan bentuk badannya. Kebutuhan nutrisi pada anak usia remaja karakteristik Biasanya pengaruh kelompok atau geng akan mempengaruhi pola kebiasaan makan anak. . Sering tidak makan dirumah.

Anjuran : Motivasi anak remaja untuk tetap mempunyai pola makan yg teratur. Fasilitasi orang tua untuk cermat mengamati pemenuhan nutrisi anak remaja karena aktifitas diluar rumah. Kalau perlu konsultasi keahli gizi .

Cairan & elektrolit pada anak .

Related Interests