Cara Pengukuran Indeks PUFA

Penilaian tingkat keparahan penyakit gigi dan mulut dengan indeks pufa dilakukan
dengan cara visual. Diperlukan kaca mulut sehingga orang yang akan menilai dapat
melihat lebih jelas.

Tiap gigi diberi satu skor, P atau U atau F atau A. (Monse et al., 2010).

Keterlibatan pulpa (P/p)
ulserasi (U/u) karena sisa akar,
fistule (F/f)
apakah sudah ada abses (A/a).

Hitung berapa banyak gigi dalam kelompok kode tertentu. CARA PERHITUNGAN INDEKS PUFA/PUFA (MONSE ET AL. Skor PUFA seseorang dapat berkisar antara 0-32 untuk gigi permanen. Kode diisikan sesuai dengan kondisi gigi yang diamati. Jumlahkan semua kode. Prevalensinya dihitung sebagai persentase dari populasi dengan skor PUFA satu atau lebih. . Pemberian nilai terhadap kondisi gigi yang diamati hanya dilakukan satu kali untuk setiap gigi. 2010): Mengisikan kode PUFA/pufa pada kolom tersedia..

.

P/p adalah keterlibatan pulpa. dicatat jika terbukanya ruang pulpa dapat terlihat atau jika struktur mahkota gigi telah rusak oleh proses karies dan hanya akar atau fragmen akar yang tersisa. .

dicatat jika tepi yang tajam dari dislokasi dengan keterlibatan pulpa atau fragmen akar menyebabkan ulserasi traumatik dari jaringan lunak sekitarnya. U/u adalah ulserasi karena trauma dari potongan tajam gigi. misalnya lidah atau mukosa bukal .

F/f adalah fistula yang ditandai jika pus keluar dari traktus sinus yang berhubungan dengan gigi dengan keterlibatan pulpa .

A/a adalah abses yang ditandai ada pembengkakan disertai pus yang berhubungan dengan keterlibatan pulpa. .

Related Interests