PEMBERDAYAAN

KOMUNITAS
Arnesa Aynun Najmi
Meyla Putri Awalia
Rd. Ahmad Syariful K.

dan bernegara. . 7 tahun 2007 pasal 1 ayat 8 Suatu kelompok yang memiliki Pemberdayaan adalah suatu identitas yang strategi yang digunakan sama dan ikatan dalam pembangunan tertentu masyarakat. PENGERTIAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS Pemberdayaan Komunitas Pemendagri RI No. berbangsa. sebagai upaya untuk mewujudkan kemampuan dan kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat.

PENGERTIAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS Sebuah upaya yang sengaja dilakukan atau dikembangkan oleh suatu kelompok dengan cara merumuskan masalah. Untuk meningkatkatkan kemampuan dan perbaikan pada komunitas yang bersangkutan . dan menyusun rencana ke arah perubahan yang lebih baik (improvement).

dan deskripsi pekerjaan yang menghalangi dapat dikesampingkan . garis mengendalikan apa yang mereka lakukan. bertindak. TUJUAN MANFAAT PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PEMBERDAYAAN KOMUNITAS memungkinkan perkembangan dan penggunaan bakat/atau kemampuan terpendam dalam. setiap membentuk individu dan masyarakat menjadi individu. dan dalam masyarakat dapat dihilangkan. demarkasi disingkirkan. Melalui pemberdayaan komunitas mandiri. Kemandirian tersebut meliputi diharapkan hambatan-hambatan tradisional kemandirian berpikir.

PRINSIP PRINSIP PEMBERDAYAAN KOMUNITAS selalu melibatkan partisipasi masyarakat Pemberdayaan dan harus dapat berfungsi memerlukan break-even sebagai pengHubung dalam setiap kegiatannya antarabkepentingan pemerintah dan masyarakat RUBIN kegiatan pelatihan usaha pemberdayaan merupakan unsur yang harus dapat tidak dapat dipisahkan memaksimalkan sumber dari usaha pembangunan daya khususnya dalam hal fisik pembiayaan .

PRINSIP PRINSIP PEMBERDAYAAN KOMUNITAS Mardikanto Mengerjakan ( pemberdayaan harus melibatkan masyarakat untuk menerapkan atau mengerjakan sesuatu) Akibat (kegiatan pemberdayaan harus memberikan akibat atau pengaruh yang bermanfaat) Asosiasi (Kegiatan pemberdayaan harus dikaitkan dengan kegiatan lainnya) .

Perkembangan ilmu pengetahuan dan Tekhnologi yang terlambat 3. Ketergantungan (depedence). Adat atau kebiasaan 6. 7. Kesepakatan terhadap norma tertentu (conforming to norms) . Rasa tidak aman dan regresi (insecurity and regression) 8. Sikap masyarakat yang tradisional 4. Prasangka terhadap Hal-hal yang baru atau asing 5. Kurangnya hubungan dengan masyarakat luar 2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS 1.

an atau misalnya kemampuan melatih rakyat mereka yang dan untuk terkena keswadayaan mengatasi musibah masyarakat. ketidakberday pendekatan bencana alam. pendekatan pemberdayaan walfare approach) development approach) (the empowerment approach) . untuk dan berusaha kelompok meningkatkan memberdayak tertentu. kemandirian. STRATEGI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS membantu melihat memberikan memusatkan kemiskinan bantuan perhatian pada sebagai akibat kepada pembangunan proses politik kelompok. kesejahteraan (the pembangunan (the aannya.

AKTOR PEMBERDAYAAN KOMUNITAS SWASTA • MENETAPKAN • Konsultasi • Partisipan KEBIJAKAN • Rekomendasi dalam setiap • Formulasi kebijakan kegiatan • Implementasi • investasi • Bisa juga • Monitoring menjadi objek • Evaluasi .

MENGEMB RASA ANGKAN MEMILIKI PERAN BERTAMBA DAN H TANGGUN G JAWAB PENCAPAIA MELEPASK N HASIL AN YANG HALANGAN SIKLUS LEBIH BESAR PEMBERDAYAA N MASYARAKAT PERUBAHA KEINGINAN N PRILAKU UNTUK DAN BERUBAH MERASA KESAN TERTANTA NG UNTUK PERUBAHA N YANG .

meliputi pembelajaran untuk (Pemahaman) menghargai dan mendukung pemberdayaan Setelah masyarakat sadar dan mengerti Harnessing pemberdayaan. masyarakat di sadarkan akan Awakening (Penyadaran) kemampuan yag dimiliki mereka serta rencana dan harapan akan kondisi masyarakat yang lebih baik Masyarakat diberi pemahaman mengenai diri understanding mereka sendiri. saatnya mereka menggunakan (pemanfaatan) pengetahuannya bagi kepentingan komunitasnya. Cara Melakukan Pemberdayaan Komunitas Menurut terry wilson : Pada tahap ini. Menggunakan keterampilan dan kemampuan dari USING (menggunakan) pemberdayaan komunitas sebagai bagian dari kehidupan sehari hari .

Tri Winarni oleh : .Rubin akibat. PERTANYAAN Prinsip mengerjakan.Dharma dan Bhatnagar merupakan prinsip C. dan asosiasi B. A.Mardikanto yang dikemukakan D.

. Pemberdayaan komunitas . PERTANYAAN Ketergantungan.. manfaat merupakan . adat A. sikap B. Tujuan dan kebiasaan.. Prinsip masyarakat yang C. Faktor tradisional D.

Terry Wilson merupakan tahapan C. Rubin Harnessing dan Using B. PERTANYAAN Awakening. Understanding. Mardikanto pemberdayaan komunitas D. A. Sumaryadi menurut .

. manfaat mengendalikan apa yang mereka lakukan. Merupakan . Faktor kemandirian berpikir. Prinsip Kemandirian tersebut meliputi C. bertindak. dan D. PERTANYAAN membentuk individu dan A. Pemberdayaan komunitas .... Tujuan masyarakat menjadi mandiri... B.

The development memberi bantuan untuk para approach korban bencana. ketika itu B. Perlindungan pemerintah pusat dan daerah C. approach . Pendekatan D.... The walfare approach banjir bandangg. The empowerment tersebut merupakan pendekatan . PERTANYAAN Kampung andi menjadi salah satu kampung yang terkena musibah A.